Blog Al Imam

  • Home
  • Kumpulan Makalah
  • 404
Home » Kumpulan Makalah » contoh RPP KTSP

contoh RPP KTSP





Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan   : Madrasah Tsanawiyah Negeri Alma Asy-Syauqy Kota Cirebon
Mata Pelajaran          : Bahasa Arab
Kelas / Semester       : VIII / I
Alokasi Waktu         : 20 menit

A.      Standar Kompetensi
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang النشاطات في البيت.
B.       Kompetensi Dasar
Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang النشاطات في البيت
C.      Indikator Pencapaian
1.      Mengungkapkan kembali wacana lisan sederhana, frasa/kalimat yang diperdengarkan baik secara lisan maupun tulisan.
2.      Menjawab pertanyaan seputar wacana lisan sederhana, frasa/kalimat yang diperdengarkan.

D.      TujuanPembelajaran:
Dari kegiatan pembelajaran ini,  diharapkan siswa mampu mengungkapkan kembali wacana lisan sederhana, frasa atau kalimat yang diperdengarkan serta mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar wacana lisan sederhana, frasa atau kalimat yang diperdengarkan.
          





E.       Materi Pokok :
Materi (frasa/kallimat) yang diperdengarkan:
النشاطات في البيت
أحمد طالب مجدّ. يقوم من النّوم صباحا باكرا ثمّ يتوضّأ في الحمّام. و بعد الوضوء يذهب إلى المسجد لصلاة الصبح جماعة. و بعد الصّلاة يقرأ بعض الآيات من القرآن. ثمّ يرجع إلى البيت ليغتسل. و بعد ذلك يستعدّ للذّهاب إلى المدرسة.
في الساعة السادسة يتناول عثمان الفطور ثمّ يذهب إلى المدرسة مع أصدقائه. في المدرسة يتعلّم عثمان اللغة العربية و اللّغة الإنجليزيّة و الحساب و غير ذلك.

F.       Metode Pembelajaran:
1.      Tanya Jawab
2.      Inkuiri
3.      Zigsaw
4.      Diskusi

G.      Langkah-langkah Pembelajaran:
Kegiatanawal:
1.      Guru masuk kelas dengan mengucapkan salam
2.      Guru memulai percakapan dengan menanyakan kabar siswa
3.      Guru meminta ketua kelas memimpin do’a sebelum belajar
4.      Guru mengabsen siswa
5.      Guru meriview materi sebelumnya
6.      Guru memberi stimulus agar siswa fokus untuk belajar



Kegiatan inti:
1.      Guru membagi siswa menjadi empat kelompok
2.      Guru meminta siswa menyiapkan diri untuk menyimak materi yang akan diperdengarkan
3.      Guru memutar rekaman sebanyak dua kali
4.      Guru meminta siswa mencatat mufrodat yang tidak dimengerti
5.      Guru memberitahu siswa tentang mufrodat yang tidak dimengerti siswa.
6.      Guru meminta beberapa siswa sebagai perwakilan dari tiap kelompok untuk mengungkapkan kembali teks, frasa atau kalimat yang diperdengarkan.
7.      Guru meminta setiap kelompok membuat tiga pertanyaan seputar materi yang diperdengarkan.
8.      Guru meminta kelompok pertama memberikan pertanyaannya kepada kelompok dua dan seterusnya.
9.      Guru memberikan latihan kepada siswa secara berkelompok sebagai evaluasi pembelajaran
10.  Guru membagikan kertas yang berisi gambar-gambar kepada siswa.
11.  Guru memutar teks, frasa / kalimat yang akan dilatihankan.
12.  Guru meminta siswa menyimak dengan baik dan mencocokkan setiap frasa/kalimat yang diperdengarkan dengan gambar yang sudah disediakan
13.  Jika waktu memungkinkan, guru membahas latihan tersebut bersama sama dengan memutar kembali f yangrasa/kalimat telah diperdengarkan.
14.  Guru memberikan penilaian sesuai nilai yang telah ditentukan

Kegiatan akhir:
1.      Guru mengakhiri pembelajaran dengan memberikan motivasi agar siswa terus semangat dalam belajar
2.      Guru menyampaikan beberapa pesan kepada siswa seperti mengingatkan agar terus semangat dan rajin belajar.
3.      Guru meminta ketua kelas untuk memimpin do’a selesai belajar
4.      Guru menyampaikan maaf dan terimakasih kepada siswa
5.      Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam

H.      SumberBelajar
Buku Ayo Memahami Bahasa Arab untuk MTs/SMP Islam kelas VIII

I.         Media
1.      Rekaman suara dari tape record
2.      Kertas bergambar sebagai soal evaluasi

J.        Evaluasi
Evaluasi yang diberikan kepada siswa berupa pencocokkan soal-soal yang diperdengarkan dengan gambar yang sudah disediakan
1.             أحمد يقوم من النوم
2.             أحمد يتوضّأ
3.              أحمد يذهب إلى المسجد
4.             أحمد يتناول الفطور
5.             أحمد يذهب إلى المدؤسة مع أصدقائه
6.             أحمد يصلّى الصّبح جماعة
7.             أحمد يذاكر دروسه
K.      Penilaian
Nilai = Jawaban benar X 5
Contoh:
Nilai = 35

L.       Aspek-Aspek Pembelajaran Yang Dinilai
Aspek
Nilai
1.    Kesesuaian pengungkapan dengan teks yang diperdengarkan
-          Sangat sesuai (20-16)
-          Sesuai (15-11)
-          Kurang sesuai (10-6)
-          Tidak sesuai (5-1)
20
2.    Ketepatan siswa membuat soal terkait teks yang diperdengarkan
-          3 soal yang dibuat siswa sesuai dengan cerita (20-16)
-          Hanya 2 soal yang sesuai (15-11)
-          Hanya 1 soal yang sesuai (10-6)
-          Tidak ada soal yang sesuai (5-1)
20
3.    Ketepatan siswa menjawab pertanyaan dari temannya terkait teks yang diperdengarkan
-          Siswa menyebutkan jawaban secara lengkap (17-25)
-          Siswa hanya menyebutkan jawaban secara singkat sesuai pertanyaan (9-16)
-          Siswa tidak menyebutkan jawaban dengan benar (1-8)
25
4.    Ketepatan siswa mencocokkan gambar dengan teks yang diperdengarkan
-          Setiap soal bernilai 5
35
Total
100

contoh RPP KTSP , Pada: 07:22



Share to

Facebook Google+ Twitter

Related with contoh RPP KTSP :

Tags: #Kumpulan Makalah Posted by Anonymous at 07:22

0 comments :

Post a Comment

« Next Prev »
  • Beranda

Labels

  • KUMPULAN LAPORAN PPL
  • Kumpulan Makalah
  • kumpulan proposal
  • Kumpulan Proposal Skripsi
Copyright © 2016 Blog Al Imam All Rights Reserved | Sonic SEO Template