BAB 13
RPP, PROGRAM TAHUNAN
DAN PROGRAM SEMESTER
Berikut
ini contoh dari program tahunan, yang sering dibuat oleh guru maupun calon guru
yang ingin mengajar dikelas yang akan diajarkannya:
Nama Sekolah : ..............................
Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial
Kelas/ Semester : IX / 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Ket
|
Memahami hubungan manusia dengan bumi
|
Menginterpretasi peta tentang pola dan bentuk muka bumi
|
·
Peta tentang Pola dan bentuk muka
bumi
·
Diagram bentuk muka bumi daratan
dan dasar laut
·
Pola dan betuk objek geografis
sesuai bentang alamnya
|
|
|
|
Mendeskripsikan keterkaitan unsur geografis dan pendudu dikawasan
asia tenggara
|
·
Unsur fisik dan sosial kawasan
Asia Tenggara
·
Letak geografis kawasan Asia
Tenggara
·
Bentang Alam kawasan Asia Tenggara
·
Iklim kawasan Asa Tenggara
·
Sumber Daya Alam di kawasan asia
Tenggara
·
Penduduk di kawasan Asia Tenggara
·
Kegiatan ekonomi Asia Tenggara
·
Kerjasama Indonesia dengan nrgara
Asia Tenggara
|
|
|
|
Mendeskripsikan pembagian bumi, permukaan bumi atas benua dan
samudra
|
·
Benua dan Samudra
·
Proses pembentukan benua
·
Posisi benua dan samudra
·
Karakteristik bentang alam dan
penduduk di benua
·
Contoh negara dikawasan masing benua
·
Karakteristik masing samudra
|
|
|
Memahami usaha mempertahankan RI
|
Mendeskripsikan perjuangan bangsa indonesia merebut Irian barat
|
·
Latar belakang terjadinya
menggembalikan Irian barat
·
Perjuangan diplomasi
·
Perjuangan konfrontasi politik dan
ekonomi
·
Trikora
·
Persetujuan Newyork
·
Anti penting Pepera
|
|
|
|
Mndeskripsikan strategi nasional peristiwa Madiun/PKI/DTII,
G30SPKI, dan konflik lainnya
|
·
Peristiwa Madiun/ PKI dan cara
yang dilakukan pemerintah dalam menanggulanginya
·
Peristiwa DITII dan cara
penanggulangannya
·
Keadaan Politik, sosial dan budaya
sebelum G30SPKI
·
Peristiwa G 30SpkI dan cara
penumpasan
|
|
|
Memahami Perubahan pemerintahan dan kerjasama Internasional
|
Menjelaskan berakhirnya masa Orde Baru dan lahirnya reformasi
|
·
Peristiwa politik penting pada
Orde Baru
·
Data statistik ekonomi Orde Baru
·
Berakhirnya Orde Baru, krisis
ekonomi dan gerakan reformasi
|
|
|
Rencana
Pelaksanaan pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Cirebon
Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas /
Semester : IX / 2
Standar
Kompetensi : Memahami hubungan manusia
dengan bumi
Kompetensi
Dasar : Menginterpretasikan peta
tentang pola dan bentu muka bumi
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A.
Tujuan
Pembelajaran : setelah selesai kegiatan pembelajaran siswa dapat :
1.
Menginterpretasikan peta Topografi
2.
Menginterpretasikan dan membuat
penampang melintang bentuk muka bumi
Karakteristik siswa diharapkan :
·
Dapat dipercaya
·
Tumbuh rasa hormat dan perhatian
·
Tekun
·
Jujur
·
Tanggungjawab
·
Ketelitian
B.
Materi Ajar :
1.
Menginterpretasikan peta Topografi
2.
Penampang melintang bentuk muka bumi
C.
Metode dan
Model Pembelajaran
Metode : Ceramah
Tanya Jawab
Model : Tebak Kata
D.
Langkah-langkah
kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan : Salam , memeriksa
kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas, memberikan motivasi agar siswa
siap mengikuti dalam pelajaran, berilah contoh relief permukaan bumi dan dasar
laut.
2.
Kegiatan inti meliputi :
Kegiatan Eksplorasi melibat aspek :
a.
Guru meminta siswa perhatikan pea
b.
Siswa menyebutkan relief yang ada di
peta
c.
Melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas topik materiyang dipelajari
Kegiatan
Elaborasi :
a.
Guru menyiapkan kartu yang akan
digunakan
b.
Membentuk kelompok diskusi
c.
Setiap kelompok membuat yel-yel
d.
Guru menyusun peserta berpasangan di
depan
e.
Peserta didik di beri kartu
dibacakan kepada pasangannya dan peserta lainnya diberi kartu yang dipasang
didahi
f.
Peserta didik membaca dan pasangan
lainnya menebak kata
g.
Apabila jawaban tepat maka peserta
didik boleh duduk
Konfirmasi
melibatkan aspek :
a.
Guru bertanya yang tidak diketahui
siswa
b.
Guru dan siswa saling tanya jawab
Kegiatan
penutup melibatkan aspek :
a.
Guru dan siswa menyimpulkan materi
yang diajarkan
b.
Memberi umpan balik terhadap proses
hasil pembelajaran
3.
Sumber Belajar :
a.
Buku ajar IPS tingkat SMP. Sunarto,
dkk. 2008. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta
b.
Buku IPS untuk SMP. Agung, Feryanto.
2009. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta
c.
Peta
d.
Infocus/ LCD atau Laptop
e.
White Board
f.
Spidol
g.
Kertas manila
h.
Kertas asturo
4.
Penilaian Hasil Belajar
Jenis Penilaian :
tugas kelompok, individu, tes tulis
Bentuk penilaian : uraian
Instrumen penilaian : lembar
jawaban (terlampir)
Contoh Instrumen
1.
Ciri-ciri : aku aku dapat
menggambarkan tinggi rendahnya muka bumi nah siapaka aku ...
Jawab : peta Topografi
2.
Ciri-ciri: aku ditunjukkan dengan
garis berkelok-kelok nah siapakah aku ...
Jawab : Sungai
3.
Ciri-ciri : aku penampang muka bumi
yang dipotong secara tegak lurus nah siapakah aku ...
Jawab : penampang melintang bentuk muka bumi
4.
Ciri-ciri : aku ditunjukkan dengan
warna hijau dan garis terputus-putus nah siapakah aku ...
Jawab : dataran rendah dan rawa
Jenis
Soal
|
soal
|
Skor Nilai
|
Uraian Singkat
|
1-5
|
Tiap nomor 2 poin
|
Jumlah
|
5
|
10
|
Jumlah
masing-masing jenis soal : 5 nomer
Nilai Maksimal : 2 x 5 = 10
Guru Pamong, Praktikan,
(......................) (............................)
NIP. ............... NIM.
...................