RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
MTS Kertasmaya
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/
smster :VII/ I
Kompetensi Dasar
: 3.4 Interaksi Sosial
Kompetensi Inti : 1.1 Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan
lingkungannya.
2.2 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan
interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya.
3.1 Mendeskripsikan pengertian interaksi sosial, macam-macam dan
ciri-ciri interaksi.
4.2 Menyajikan hasil
pengamatan tentang pengertian
interaksi sosial, macam-macam dan ciri-ciri interaksi.
A. Tujuan
Pembelajaran
1. Mendeskripsikan pengertian
interaksi sosial interaksi.
2. Mendeskripsikan macam-macam intraksi sosial.
3. Mendeskripsikan ciri-ciri
interaksi sosial.
B. Materi Ajar
1. Pengertian interaksi sosial
Pengertian Interaksi
Sosial adalah hubungan timbal balik antara individu dan individu, antara
individu dengan kelompok atau antara kelompok dengan kelompok dalam berbagai
bentuk seperti kerjasama, persaingan ataupun pertikaian.
2. Macam-macam Interaksi Sosial
a. Interaksi
Individu dengan Individu
Adalah individu yang
satu memberikan pengaruh, rangsangan/stimulus kepada individu lainnya dan
sebaliknya, individu yang terkena pengaruh itu akan memberikan reaksi,
tanggapan atau respon.
b. Interaksi Individu dengan Kelompok.
Dalam interaksi ini, seorang individu
berhubungan dengan kelompok.
c. Interaksi Kelompok dengan Kelompok
Bentuk interaksi antara kelompok dengan
kelompok saling berhadapan dalam kepentingan, namun bisa juga ada kepentingan
individu disitu dan kepentingan dalam kelompok merupakan satu kesatuan,
berhubungan dengan kepentingan individu dalam kelompok lain.
3. Ciri-ciri
Interaksi Sosial
1. ada pelaku lebih dari satu orang,
bisa dua atau lebih.
2. ada komunikasi dua arah
3. Adanya komunikasi antara para perilaku dengan menggunakan simbol-simbol.
4. ada tujuan tertentu yang hendak dicapai
C. Alokasi
Waktu
10 Menit (1x
pertemuan )
D. Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Tanya jawab
4.
Picture
E. Langka-langka Kegiatan
Pembelajaran
No
|
Deskripsi
kegiatan
|
Alokasi waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Persiapan psikis dan fisik dengan membuka
pelajaran dengan mengucapkan salam dan
doa ( menghayati ajaran agama)
b.
Mengabsen Perserta didik
c.
Apersepsi: Ceritakanlah tentang interaksi.
d.
Menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama
pembelajaran ( rasa ingin tahu)
|
2 menit
|
2.
|
Inti
a.
Ekspolasi
- Guru menjelaskan interaksi sosial dalam kegiatan sehari-hari.
-
Guru membantu siswa untuk mengkaji referensi dan
mendiskusikan ciri-ciri dan bentuk-bentuk intraksi sosial.
b.
Elaborasi
-
Guru menjelaskan bahwa pelajaran akan menggunakan
metode diskusi.
-
Guru memperlihatkan gambar kepada semua siswa untuk
diamati
-
Guru memyuruh siswa untuk menjelaskan gambar
tersebut.
c.
Konfirmasi
-
Guru bertanya tentang hal-hal yang belum diketahui
oleh siswa.
-
Guru memberikan penguatan tentang materi yang telah
didikusikan
|
6 menit
|
3.
|
Kegiatan Penutup
-
Guru menyuruh para siswa untuk pelajari kembali tentang materi yang telah disampaikan di rumah
masing-masing
-
Menutup pelajaran dengan doa
|
2 menit
|
F. Media dan Sumber Ajaran
1. Media pembelajaran: gambar dan power poin
2. Sumber pelajaran : Sri Tutik
Cahyaningsih, dkk. Ilmu Pengetahuan Sosial Sosiologi untuk SMP/MTs Kelas
VII. CV Aneka Ilmu. Semarang 2007. Hlm 2-6.
G. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
Mengidentifikasi interaksi
sosial dalam kehidupan masyarakat
|
Tes Tulis
|
Tes Uraian
|
1.
Apa yang kamu ketahui tentang interaksi sosial?
2. Sebutkan macam-macam interaksi sosial?
3.
Sebutkan ciri-ciri intraksi sosial?
|
Performansi
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Pengetahuan
|
Pengetahuan
|
5
|
Kadang-kadang pengetahuan
|
4
|
Tidak pengetahuan
|
1
|
2.
|
Sikap
|
Sikap
|
5
|
Kadang-kadang sikap
|
4
|
Tidak sikap
|
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performansi
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
1.
|
Edi mulyadi
|
4
|
5
|
9
|
9
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
Contoh Rika Amelia
4 + 5 = 9
× 10 = 9
Catatan :
Nilai = (jumlah skor/ jumlah skor maksimal) x 10
*untuk siswa yang tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM)
akan
terkena remedial.
Cirebon, 16 November 2015
Mengetahui,
Kepala
Sekolah MTs Syekh Nurjati
Guru Mata Pelajaran IPS
Dra.
Hj. Suniti, M.Pd
Atin Supriatin
NIP. 1414142064 NIM. 1414143072