RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : MTS Kertasmaya
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/ smster :VII/ I
Kompetensi Dasar : 3.4 Interaksi Sosial
Kompetensi Inti : 1.1 Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya.
2.2 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya.
3.1 Mendeskripsikan pengertian interaksi sosial, macam-macam dan ciri-ciri interaksi.
4.2 Menyajikan hasil pengamatan tentang pengertian interaksi sosial, macam-macam dan ciri-ciri interaksi.
A. Tujuan Pembelajaran
1. Mendeskripsikan pengertian interaksi sosial interaksi.
2. Mendeskripsikan macam-macam intraksi sosial.
3. Mendeskripsikan ciri-ciri interaksi sosial.
B. Materi Ajar
1. Pengertian interaksi sosial
Pengertian Interaksi Sosial adalah hubungan timbal balik antara individu dan individu, antara individu dengan kelompok atau antara kelompok dengan kelompok dalam berbagai bentuk seperti kerjasama, persaingan ataupun pertikaian.
2. Macam-macam Interaksi Sosial
a. Interaksi Individu dengan Individu
Adalah individu yang satu memberikan pengaruh, rangsangan/stimulus kepada individu lainnya dan sebaliknya, individu yang terkena pengaruh itu akan memberikan reaksi, tanggapan atau respon.
b. Interaksi Individu dengan Kelompok.
Dalam interaksi ini, seorang individu berhubungan dengan kelompok.
c. Interaksi Kelompok dengan Kelompok
Bentuk interaksi antara kelompok dengan kelompok saling berhadapan dalam kepentingan, namun bisa juga ada kepentingan individu disitu dan kepentingan dalam kelompok merupakan satu kesatuan, berhubungan dengan kepentingan individu dalam kelompok lain.
3. Ciri-ciri Interaksi Sosial
1. ada pelaku lebih dari satu orang, bisa dua atau lebih.
2. ada komunikasi dua arah
3. Adanya komunikasi antara para perilaku dengan menggunakan simbol-simbol.
4. ada tujuan tertentu yang hendak dicapai
C. Alokasi Waktu
10 Menit (1x pertemuan )
D. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya jawab
4. Picture
E. Langka-langka Kegiatan Pembelajaran
No | Deskripsi kegiatan | Alokasi waktu |
1. | Pendahuluan a. Persiapan psikis dan fisik dengan membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan doa ( menghayati ajaran agama) b. Mengabsen Perserta didik c. Apersepsi: Ceritakanlah tentang interaksi. d. Menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran ( rasa ingin tahu) |
2 menit |
2. | Inti a. Ekspolasi - Guru menjelaskan interaksi sosial dalam kegiatan sehari-hari. - Guru membantu siswa untuk mengkaji referensi dan mendiskusikan ciri-ciri dan bentuk-bentuk intraksi sosial. b. Elaborasi - Guru menjelaskan bahwa pelajaran akan menggunakan metode diskusi. - Guru memperlihatkan gambar kepada semua siswa untuk diamati - Guru memyuruh siswa untuk menjelaskan gambar tersebut. c. Konfirmasi - Guru bertanya tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa. - Guru memberikan penguatan tentang materi yang telah didikusikan |
6 menit |
3. | Kegiatan Penutup - Guru menyuruh para siswa untuk pelajari kembali tentang materi yang telah disampaikan di rumah masing-masing - Menutup pelajaran dengan doa
|
2 menit |
F. Media dan Sumber Ajaran
1. Media pembelajaran: gambar dan power poin
2. Sumber pelajaran : Sri Tutik Cahyaningsih, dkk. Ilmu Pengetahuan Sosial Sosiologi untuk SMP/MTs Kelas VII. CV Aneka Ilmu. Semarang 2007. Hlm 2-6.
G. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian |
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen |
Mengidentifikasi interaksi sosial dalam kehidupan masyarakat | Tes Tulis | Tes Uraian | 1. Apa yang kamu ketahui tentang interaksi sosial? 2. Sebutkan macam-macam interaksi sosial? 3. Sebutkan ciri-ciri intraksi sosial? |
Performansi
No | Aspek | Kriteria | Skor |
1. |
Pengetahuan | Pengetahuan | 5 |
Kadang-kadang pengetahuan |
4 |
Tidak pengetahuan | 1 |
2. |
Sikap | Sikap | 5 |
Kadang-kadang sikap | 4 |
Tidak sikap | 1 |
Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa | Performansi |
Jumlah Skor |
Nilai |
Pengetahuan | Sikap |
1. | Edi mulyadi | 4 | 5 | 9 | 9 |
2. |
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
Contoh Rika Amelia
4 + 5 = 9 × 10 = 9
Catatan :
Nilai = (jumlah skor/ jumlah skor maksimal) x 10
*untuk siswa yang tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
akan terkena remedial.
Cirebon, 16 November 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah MTs Syekh Nurjati Guru Mata Pelajaran IPS
Dra. Hj. Suniti, M.Pd Atin Supriatin
NIP. 1414142064 NIM. 1414143072