Blog Al Imam

  • Home
  • Kumpulan Makalah
  • 404
Home » KUMPULAN LAPORAN PPL » LAPORAN PPL BIMBINGAN KONSELING

LAPORAN PPL BIMBINGAN KONSELING



LAPORAN PRAKTIKUM
PPL BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM
Lokasi:
MADRASAH AALIYAH NEGERI YOGYAKARTA 1
 











Disusun Oleh :
Iwan Rudiansyah      11220049

Dosen Pembimbing Magang dan Praktikum :
Dr. Irsyaddunas. M. Ag.
NIP. 19710413 199803 006

JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2014/2015
PENGESAHAN
Bissmillahirahmanirrahim,
Setelah diadakan pengarahan,  koreksi dan perbaikan seperlunya atas
Laporan PPL BKI  Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Tahun 2014/2015 dari Mahasiswa :

Nama                   : Iwan Rudiansyah
NIM                     : 11220049
Lokasi                  : MAN  Yogyakarta 1

Maka laporan ini telah memenuhi syarat sesuai dengan pelaksanaan tugas mahasiswa yang bersangkutan, sehingga dapat diajukan sebagai tugas PPL BKI.
Demikian pengesahan ini dibuat untuk dapat
dipergunakan sebagaimana mestinya.

                                                Yogyakarta, 23 Desember 2014

Mengetahui

  
            Guru BK/ Pendamping Lapangan





Drs. R. Khamdan Jauhari
NIP : 19650702200501 1 002



Dosen Pembimbing Lapangan





Irsyadunnas, M.Ag
NIP.197104131998031006



KATA PENGANTAR
Puji syukur Alhamdulillah, kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan kepada kita sehingga kita masih mempunyai kesempatan untuk menyelesaikan penyusunan rencana program kerja Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan Bimbingan dan Konseling Islam tahun 2014/2015. Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang selalu memberi inspirasi bagi kami untuk tetap peduli kepada sesama.
Alhamdulillah, penyusunan rencana program kerja ini dapat terselesaikan dengan baik atas dukungan dan bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu, dengan segala partisipasinya kami mengucapkan terima kasih kepada :
1.      Bapak Dr. H. Waryono, M.Ag selaku Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta  
2.      Bapak Muhsin Kalida, M. Selaku ketua jurusan Bimbingan Konseling Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta  
3.      Bapak Irsyadunnas M,Ag selaku Dosen Pembimbing PPL
4.      Bapak Drs. H. Imam Suja’i Fadly, MPdI selaku Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta.
5.      Ibu Dra. Musta’inatun, MA selaku koordinator umum MAN 1 Yogyakarta
6.      Bapak Drs. R. Khamdan Jauhary dan Ibu Isni Lestari, S.Pd selaku guru Bimbingan dan Konseling kelas X dan XII sekaligus sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (Guru Pembimbing Lapangan)
7.      Segenap guru-guru, staf TU, dan siswa siswi MAN 1 Yogyakarta
8.      Teman-teman seribu satu kisah yang telah kita lalui bersama, spesial thanks to Amel, Aah, Nisa, dan Nuryo, Nice to meet you all....!
9.      Berbagai pihak yang telah membantu proses magang/praktikum dan penulisan laporan yang tidak bisa penyusun sebutkan satu-persatu
Penyusun menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu penyusun sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun untuk perbaikan pada masa yang akan datang. Harapan penyusun semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang membutuhkan.


Yogyakarta, 20 Desember 2014
Penyusun,


Iwan Rudiansyah
11220049



BAB 1
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Praktik Pengalamam Lapangan (PPL) merupakan salah satu kegiatan pendidikan yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa perguruan tinggi, yang dalam ini adalah Universitas Isalam Negeri Sunan Kalijaga. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ditujukan untuk membina mahasiswa menjadi tenaga kependidikan yang profesional, bertanggung jawab, berdisiplin dan mengetahui tata cara sebagaimana mestinya seorang guru, untuk mencapai tujuan tersebut mahasiswa telah dibekali dengan berbagai mata kuliah yang akan menunjang terhadap kegiatan PPL dan menunjang terhadap pengembangan profesionalismenya nanti di lapangan yang sebenarnya.
Kegiatan Praktikum dilaksanakan berdasarkan kalender akademik jurusan Bimbingan dan Konseling, kegiatan Praktikum BKI ini dilaksanakan terhitung mulai tanggal 24 Oktober 2014 dan diakhiri tanggal 18 Desember 2014. Laporan yang kami susun berikut merupakan laporan kegiatan yang dilakukan di sekolah yakni sebagai konselor di bidang pendidikan, sehingga serangkaian kegiatan praktik mencakup latihan Bimbingan dan Konseling serta tugas-tugas kependidikan secara terpadu untuk memenuhi persyaratan pembentukan profesi kependidikan.
Kegiatan kuliah lapangan yang diprogramkan jurusan Bimbingan dan Konseling Islam UIN Sunan Kalijaga dibagi dalam dua periode yang dilakukan secara berkesinambungan dalam satu lokasi meliputi :
1.    Obserfasi
Dilaksanakan pada tanggal 24 September - 1 Oktober 2014. Dilaksanakan sepenuhnya untuk pengumpulan data. Data-data ini dikumpulkan guna melengkapi informasi, dari informasi yang didapatkan diharapakan mahasiswa praktikan mengetahui keadaan seluruh sekolah terkait dengan lingkungan siswa, guru, kepala sekolah dan jajaran lain. Sehingga kelengkapan data ini dapat membantu mahasiswa saat menyusun dan menjalankan program kerja.
2.    Praktikum
Dilaksanakan tanggal 2 Oktober-18 Desember 2014. Pada masa praktikum, mahasiswa terjun secara langsung melaksanakan program-program Bimbingan dan Konseling di bawah bimbingan guru pamong dan berkolaborasi dengan agenda dan program kerja BK di MAN Yogyakarta 1.

B.     Tujuan dan Sasaran atau Fokus PPL
a.      Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
                                 I.          Tujuan umum
1)      Agar siswa dapat memahami bimbingan dan konseling
2)      Melatih kemampuan mahasiswa sebagai calon konselor sebelum terjun langsung kepada masyarakat sebagai guru bimbingan dan konseling di sekolah secara sungguh-sungguh.
3)      Agar mahasiswa dapat mengimplementasikan teori-teori dengan praktek yang dilaksanakan di sekolah dalam menghadapi berbagai masalah.
4)      Mengevaluasi teori yang didapat dalam perkuliahan.
5)      Agar mahasiswa dapat memahami kemampuan profesinal dirinya sebagai konselor.
6)      Memberi pengalaman bagi mahasiswa tentang profesi bimbingan dan konseling yang nyata.

                               II.          Tujuan khusus
Tujuan khusus praktik pengalaman lapangan bimbingan dan konseling sebagai harapan mahasiswa agar mendapatkan serta melaksanakan suatu tujuan khusus PPL bimbingan dan konseling diantaranya sebagai berikut:
1)      Agar mahasiswa dapat mempelajari penyelenggaraan administrasi sekolah.
2)      Agar mahasiswa memperoleh pengalaman tentang profesi bimbingan dan konseling yang nyata.
3)      Agar mahasiswa mengetahui penggunaan instrumen yang digunakan dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling.
4)      Agar mahasiswa memperoleh pengalaman dalam melaksanakan dan menerapkan layanan BK.
5)      Agar mahasiswa memperoleh pengertian struktur organisasi sekolah dan struktur organisasi BK serta deskripsi tugas masing-masing.

b.      Sasaran Atau Fokus Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
Sasaran PPL adalah pembentukan pribadi calon pendidik yang memilki seperangkat pengetahuan, nilai, sikap dan pola tingkah laku yang diperlukan bagi profesi tenaga kependidikan dan pengajaran baik di sekolah, selain itu mahasiswa dapat mengimplementasikan ilmu teoritiknya di dalam praktek lapangan.
Sasaran pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yaitu diberbagai Instansi seperti Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan sekolah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), baik sekolah Negeri, Swasta Umum maupun Muhammadiyah.

C.    Kegiatan Mahasiswa
a.      Kegiatan Praktik Di Sekolah
Kegiatan praktik di sekolah yang telah dilakukan oleh praktikan antara lain:
Praktikan mencoba mengenal, mengamati, melaksanakan, membantu kegiatan atau komponen-komponen yang ada dalam sekolah, seperti membantu menyusun, mengolah, dan melengkapi administrasi sekolah maupun Bimbingan dan Konseling (BK). Dari semua itu dapat membuat para praktikan mengetahui lebih detail tentang kegiatan yang ada dalam sekolah sealain proses belajar mengajar dan ekstrakurikuler, hal-hal apa saja yang perlu di tata baik dalam komponen guru, siswa maupun segala hal yang berkaitan dengan administrasi sekolah.
b.      Kegiatan Belajar Mengajar
Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di MAN Yogykarta 1 dimulai pukul 07.00-14.30 pada hari senin, selasa, rabu, kamis, dan sabtu, sedangkan pada hari jum’at di mulai pada pukul 07.00-11.00. Pada pukul 07.00-07.15 WIB siswa mauk kelas dan membaca Al-Qur’an atau tadarusan dengan didampingi guru yang jadwal mengajar jam pertama. Setelah itu kegiatan belajar mengajar dimulai. Hari senin sampai hari sabtu waktu istirahat pukul 09.30 - 10.00 WIB. Pada saat istirahat, sebagian siswa pada jajan, namun tidak sedikit siswa melakukan shalat Dhuha. Jam istirahat berakhir pada pukul 10.15, dan dilanjutkan pembelajaran selanjutnya sampai pukul 11.45 WIB. Setelah itu, siswa melaksanakan shalat Dzuhur berjamaah. Untuk siswa wanita yang berhalangan atau udzur, semuanya mengikuti bimbingan keputrian yang berlangsung selama shalat jamaah Dzuhur usai.
Setiap hari Senin siswa melaksanakan upacara bendera dan hari senin untuk jadwal kegiatan belajar mengajar BK atau masuk kelas praktikan disesuaikan dengan jadwal jatah masuk BK ke kelas. Sedangkan untuk bimbingan keputrian, pemberiaan materi ataupun motivasi-motivasi diberikan oleh guru BK, guru mata pelajaran dan mahasiswi PPL.

D.    Identitas Lembaga/Sekolah
Nama Sekolah                              : Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta
Alamat Sekolah                            : Jl. C. Simanjuntak No. 60 Yogyakarta 55223
Telepon/Hp/Fax                           : (0274)-513327 Fax (0274) 513327
Status Sekolah                              :  Negeri
Nilai Akreditasi Sekolah              :  Terakreditasi A

E.     Profil Lembaga/Sekolah
1.      Sejarah Singkat MAN 1 Yogyakarta
Perjalanan MAN Yogyakarta I dimulai pada tahun 1950 ketika Departemen Agama mendirikan tiga sekolah SGAI (Sekolah Guru Agama Islam) putra dan putri serta SGHA (Sekolah Guru Hakim Agama) secara de facto. SGHA inilah yang dalam perjalannya merupakan titik awal MAN Yogyakarta I. Pendirian tiga sekolah di lingkungan Departemen Agama ini secara de jure dengan Surat Penetapan Menteri Agama No. 7 Tanggal 5 Februari 1951.
  Usia SGHA hanya berlangsung tiga tahun, pada tahun 1954 SGHA oleh Departemen Agama dialihfungsikan menjadi PHIN (Pendidikan Hakim Islam Negeri). Perubahan fungsi ini ditujukan guna menyiapkan dan membentuk hakim-hakim yang saat masa tersebut kebutuhannya sangat besar. Berubahnya PHIN menjadi MAN Yogyakarta I yang secara kejenjangan merupakan sekolah setingkat dengan SMA (Sekolah Menegah Atas). MAN sebagai sekolah yang sederajat dengan SMA secara kelembagaan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan memberikan Surat Keputusan Nomor : 0489/U/1999 yang menyatakan bahwa MAN merupakan SMU berciri Agama Islam. Dengan dikeluarkannya SK Mendibud RI memberikan bukti nyata bahwa MAN Yogyakarta I dalam pembelajarannya menerapkan ketentuan dan ketetapan yang dijalankan oleh SMA pada umumnya dengan ciri khususnya Pendidikan Agama Islam mendapatkan preoritas yang lebih banyak dibanding dengan kurikulum yang diterapkan di lingkungan SMA.
Seiring dengan perjalanan waktu dan berbagai perubahan kurikulum nasional untuk tingkat pendidikan menengah (SMA), MAN Yogyakarta I tetap mampu menunjukkan jati dirinya sebagai sekolah Agama Islam setingkat SMA yang dikelola Departemen Agama. Di tengah-tengah persaingan yang kompetetif dengan SMA, MAN Yogyakarta I merupakan idola terhadap dunia pendidikan Islam, dengan siswa peserta didik kurang lebih 30 % berasal dari luar D.I. Yogyakarta terutama yang berbasis pesantren dan lingkungan Agama Islamnya berakar kuat seperti Demak, Kudus, Pantura dll. Lulusan MAN Yogyakarta I telah banyak yang berhasil melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan PTS (perguruan Tinggi Swasta) di dalam negeri ataupun di luar negeri seperti di Al Azhar (Mesir) dan Pakistan, Kuwait, dan lainnya.
Sejarah singkat gambaran sejarahnya adalah sebagai berikut :
1.        SGHA (Sekolah Guru Hakim Agama)
Tahun 1950/1951-1954
2.        PHIN (Pendidikan Hakim Islam Negeri)
Tahun 1954-1978
3.        MAN 1 (Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta 1)
Tahun 1978-sekarang
Lokasi gedung MAN Yogyakarta 1 ini terletak di wilayah kodya Yogyakarta bagian utara yang berdekatan dengan perbatasan wilayah kabupaten Sleman dengan memiliki luas tanah kurang lebih 2 hektar. Secara geografis letak MAN Yogyakarta 1 dapat digambarkan sebagai berikut :
1.             Sebelah utara dibatasi oleh jalan Prof. Dr. Sardjito
2.             Sebelah timur dibatasi oleh jalan. C. Simanjuntak
3.             Sebelah barat dibatasi dengan gedung Fisipol UGM
4.             Sebelah selatan dibatasi oleh gang kampong Terban

2.      Visi dan Misi Sekolah
a.       Visi Sekolah dari MAN Yogyakarta 1 adalah sebagai berikut :
ULIL ALBAB
UL       = Unggul
IL        = Ilmiah
Al        = Amaliyah
BA       = Ibadah
B          = Bertanggung jawab
            Dengan penjelasan bahwa MAN Yogyakarta 1 berusaha mencetak siswanya dengan keunggulan ilmu pengetahuan dan agama islam, keilmiahan pola pikir, dan mewujudkan amal ibadah serta dapat mempertanggung jawabkan seluruh aspek kegiatannya.
b.      Misi
1)        Menumbuhkan dan meningkatkan keimana, ketakwaan, dan ibadah serta akhlakul karimah sehingga menjadi pedoman hidup
2)        Menumbuhkembangkan nilai sosial dan budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak
3)        Melaksanakan proses pendidikan dan pengajaran secara efektif dan efisien agar siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki
4)        Meningkatkan pembelajaran terhadap siswa melalui pendidikan yang berkarakter unggul, berbudaya, aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan
5)        Menumbuhkan semangat juang menjadi yang terbaik kepada siswa dalam bidang akademik dan non akademik
6)        Mempersiapkan dan memfasilitasi siswa untuk studi lanjut ke perguruan tinggi
7)        Menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam kehidupan di masyarakat dan pelestarian lingkungan

c.       Struktur Organisasi Bimbingan dan Konseling MAN Yogyakarta 1
Bimbingan dan Konseling di MAN Yogyakarta 1 tahun 1978, hal ini di latar belakangi karena banyaknya permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh siswa. Adanya bimbingan konseling di MAN Yogyakarta 1 bertujuan untuk membantu perkembangan siswa secara optimal. Selain itu, adanya layananan bimbingan dan konseling bertujuan untuk membantu siswa agar dapat mencapai tujuan-tujuan perkembangan yang meliputi aspek pribadi-sosial, pendidikam dan karir.
Dalam pelaksanaannya, bimbingan dan konselingyang ada di MAN Yogyakarta 1 memiliki system pengorganisasian kegiatan. Sistem pengorganisasian kegiatan ini merupakan bentuk kegiatan yang mengatur cara  kerja, prosedur kerja dan pola atau mekanisme kerja kegiatan bimbingan dan konseling. Bimbingan dan konseling tidak akan terlaksana dengan baik tanpa adanya pengorganisasian yang baik. Pengorganisasian  yang baik dalam pengaturan kegiatan bimbingan dan konseling ditandai oleh adanya dasar dan tujan organisasi, personil dan perencanaan yang matang.
Organisasi pelayanan bimbingan dan konseling di MAN Yogyakarta 1 meliputi segenap unsur yang dapat digambarkan dalam organigram berikut:

Tabel 1 : Struktur organigram bimbingan dan konseling MAN Yogyakarta 1
No.
Nama
Pendidikan
Jabatan
1.
Drs. R Khamdan Jauhary
S3
Koordinator dan Guru BK kelas XII
2.
Isni Lestari, S.Pd
S1
Guru BK kelas X
3.
H.Mulyadi, S.Pd. MA.
S2
Guru BK kelas XI
4.
Moh. Afif Jerusalem, S.Pd
S1
Administator BK


3. Sarana dan Prasarana Bimbingan dan Konseling
Ruang BK merupakan salah satu sarana penting yang turut mempengaruhi keberhasilan pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah. Secara geografis lokasi ruang BK MAN Yogyakarta 1 menempati ruangan sebelah barat, dan sebelah utara asrama putra. Sedangkan ditinjau dari keadaan ruangan BK dan segi luas ruangan sudah cukup memenuhi standar ideal, diantaranya

Tabel 2 : Sarana dan prasarana bimbingan dan konseling
No
Nama Sarana dan Prasarana
Jumlah
Keterangan
1
Ruang Guru BK
1
Baik
2
Ruang Bimbingan Konseling
1
Baik
3
Bagan Mekanisme Bimbingan dan Konseling
1
Baik
4
Bagan Program Kegiatan Layanan BK
1
Baik
5
Bagan Bank Data Siswa MAN Yogyakarta 1
1
Baik
6
Bagan Struktur Organigram BK MAN Yogyakarta 1
1
Baik
7
Majalah Dinding
1
Baik
8
Kotak Surat
1
Baik
9
Meja Guru
4
Meja Guru
10
Lemari
5
Lemari
11
TV
1
TV
12
Kipas Angin
3
Kipas Angin
13
Rak Buku
1
Rak Buku
14
Meja Konseling
1
Meja Guru
15
Kursi guru 4
3
Lemari
16
Kursi Tamu
12

           

d.                Administrasi Bimbingan dan Konseling MTs N Yogyakarta 1
1.      Administrasi BK Perkelas
Administrasi BK Perkelas dilaksanakan untuk mengetahui kondisi keberadaan siswanya, dimana administrasi ini terdiri dari buku pemanduan kehadiran siswa, grafik ketidakhadiran siswa, catatan wali kelas, tabel sosiometri dan sosiogram siswa.
2.                  Administrasi BK persiswa
Administrasi BK persiswa digunakan untuk mengetahui kondisi siswa secara individu, yakni terdiri dari buku pribadi siswa dan data hasil Identifikasi Kebutuhan dan Masalah Siswa (IKMS), sosiometri.
3.      Pola BK 17 Plus
Dalam pelayanan terdapat beberapa bimbingan dan layanan  yang bersifat pokokmaupun pendukung, sehingga berfungsi lebih efektif dan efesien. diantaranya:
1.      Bimbingan
2.      Bimbingan Belajar
3.      Bimbingan Sosial
4.      Bimbingan Karis
5.      Bimbingan Kehidupan Berkeluarga
6.      bimbingan Kehidupan Keberagaman
7.      Lanayan Orientasi
8.      Layanan Informasi
9.      Layanan Penempatan/Penyaluran
10.  Layanan Konseling Perorangan
11.  Layanan Konseling Kelompok
12.  Layanan Bimbingan Kelompok
13.  Layanan Penguasaan Konten
14.  Layanan Mediasi
15.  Layanan Rumah
16.  Konferensi Kasus
17.  Tampilan Kepustakaan
4.      Jadwal Program BK
Program BK terdiri dari program tahunan, program bulanan, program mingguan, dan program harian, yang masing-masing sudah tersusun dengan rapih.
5.      Rekap daftar inventaris ruangan
Rekap daftar inventaris merupakan catatan dari kelengkapan yang ada di dalam bimbingan dan konseling, agar nantinya bisa terlihat barang yang masih ada dan yang hilang.
6.       Buku Administrasi BK
BK di sekolah ini terdiri dari bimbingan pribadi, sosial, belajar, karir, keluarga, keberagaman, home visit dan catatan anekdot.

7.       Daftar piket BK
Jadwal piket ini sebagai konsekuensi kedisiplinan BK yang dalam satu minggu guru BK hadir penuh dan dalam satu harinya minimal 5 jam berada di sekolah.
8.       Evaluasi BK
Catatan keberhasilan BK dibuat dalam rangka untuk mengetahui keprofesionalan guru BK dalam mendampingi siswanya, baik itu mendampingi siswa bermasalah atau siswa yang berprestasi dalam belajarnya. Sehingga dapat mengetahui kekurangan dari setiap programnya dan untuk menjadi lebih baik dalam pelaksanaan program selanjutnya.



BAB II
PROGRAM KERJA

A.     Rencana Program Kerja

1.      Kelompok

Adapun beberapa rencana program kerja individu yang akan di laksanakan PPL UIN BKI di MAN Negeri Yogyakarta 1 yang telah disepakati bersama antara anggota praktikan, guru BK dan Sekolah diantaranya:

Tabel 3 : Program kerja
Kegiatan
Target
Bidang Layanan
Waktu Pelaksanaan
Bimbingan Kelompok
Kelas XII
-          Layanan Orientasi
-          Layanan Informasi
-          Layanan Penguasan Konten
-          1 X Selama 2 Minggu  (satu kelas)
Konseling Kelompok
Kelas XI IPS, IPS 2, IPS 3, XI Bahasa, XI Agama
-          Layanan Informasi
-          Layanan Penguatan
-          Layanan Konsultasi
-          1 X Selama 2 Minggu
(satu kelas)

Konseling Individual
Kelas XI IPS, IPS 2, IPS 3, XI Bahasa, XI Agama
-          Layanan konseling perorangan
-          Layanan Informasi
-          Layanan Penguatan
-          Layanan Konsultasi
-          2 X Selama 1 Minggu
Bimbingan Klasikal
Kelas XII (incidental)
-          Layanan Orientasi
-          Layanan Informasi
-          1 x Selama PPL
Home Visit
Incidental
Insidental
Insidental



B.     Pelaksanaan Program Kerja

Tabel 4 : Pelaksanaan program kerja

NO
PROGRAM KEGIATAN
WAKTU PELAKSANAAN BULAN
ket
sep
Okt
Nov
Des
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Bimbingan Kelompok









v




2
Konseling Kelompok








v





3
Konseling Individual



v
v
v
v







4
Media BKI







v







C.     Analisis Hasil Pelaksanaan

1.      Program Kerja Individual
a.       Konseling individhual
Konseling individual adalah layanan dalam bimbingan dan konseling yang bersifat kuratif atau pengetasan masalah berbagai problem yang berbeda-beda yang dialami oleh klien, dalam pelaksanaan konseling individual dilakukan secara face to face. Sedangkan tempat disesuaikan dengan keinginan oleh klien. Adapun jumlah yang sudah yang ditangani sebanyak 5 orang. Dalam pelaksanaan konseling individhual ini siswa belum banyak yang secara suka rela datang sendiri keruang BK untuk konseling, akan tetapi masih perlu di pangil. Dalam proses pemangilan siswa di dasarkan dari hasil IMS, dan hasil konsultasi dengan wali kelas siswa tersebut. Dari data yang terkumpul tadi maka di analisis mana siswa yang perlu segera untuk diberikan bimbingan konseling.
b.      Bimbingan kelompok
Bimbingan kelompok ini dilakukan 1 kali selama PPL,  bimbingan kelompok di lakukan dengan 4 orang siswa kelas XII dalam bimbingan kelompok fokus pembahasan yang dibahas adalah bagaimana bagaimana belajaryang efektih dan kesiapan menghadapi UN.
c.       Konseling kelompok
d.      Media BKI
Media BKI adalah bentuk layanan informasi secara tidak langsung yang dipublikasikan di media cetak dimajalah poster dll, melalui dinding BK MAN Yogyakarta 1.



  
BAB III
PENUTUP
A. Analisis hasil pelaksanaan dan Refleksi
1.      Analisis
Masalah yang dihadapi ketika kegiatan PPL berlangsung di MAN Yogyakarta 1 adalah lebih kepada susahnya mengatasi atau menangani siswa yang belum bisa menghormati praktikan, karena pada saat pembelajaran berlangsung siswa masih suka ramai sendiri dan masih suka keluar masuk kelas. Selain itu kendala yang dihadapi selama PPL adalah rendahnya pemahaman siswa akan pentingnya BK. Siswa banyak yang menganggap bahwa BK itu seperti polisi yang bertugas hanya mencatat poin-poin pelanggaran. Sebagian siswa yang belum begitu dekat dengan siswa masih sungkan untuk berkonsultasi dengan Guru BK bahkan ada yang takut untuk masuk saja keruang BK.
Cara yang dapat dilakukan oleh pratikan adalah memberikan pemahanan kepada siswa akan pentingnya BK. Pendekatan kepada siswa harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Pendekatan ini dapat dilakukan dengan memberikan layanan orientasi tentang fungsi BK. Agar siswa merasa bahwa BK bukan hanya sebagai petugas pencatat pelanggaran, namun lebih dari itu BK adalah suatu program yang dapat membantu siswa untuk dapat mencapai perkembangan secara optimal.

2.      Refleksi/Penilaian
Penilaian pada diri sendiri oleh diri sendiri adalah. Semua layanan bimbingan dan konseling di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta sudah terlaksanakan semuanya. Tetapi praktikan memiliki penilaian positif dan negatif. Penilaian positif seperti siswa sudah akrab dan menerima keberadaan Guru Bimbingan dan Konseling di Sekolah, dan siswa memiliki kesukarelaan untuk mengungkapakan permasalahan kepada praktikan. Ada pula penilaian negatif pada saat praktikan melakukan program pengalaman lapangan, yaitu siswa belum bisa menghormati praktikan, karena bagi siswa praktikan itu hanya sekedar praktik dan ada juga, disini praktikan belum mendapat ijin sepenuhnya dalam melakukan layanan untuk berkreatifitas karena disini dituntut untuk sesuai dengan hasil MLM dan konsultasi dengan guru.
Banyak hal yang masih perlu dijadikan sebagai bahan refleksi dan catatan penting bagi mahasiswa praktikan dalam proses pelaksanaan PPL di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta, sebagai berikut:
a.       Perlu perencanaan yang matang dalam setiap program melalui konsultasi dengan guru pembimbing secara intensif.
b.      Tindak lanjut dari setiap program layanan selayaknya untuk segera dilakukan dikarenakan dasar pelaksanaan BK adalah masalah siswa yang kadang tidak bisa menunggu dan tidak bisa ditunda, sehingga perlu menentukan prioritas program layanan.
c.       Proses pencatatan administrasi yang cepat dan segera setelah proses layanan, agar supaya bahan pengembangan materi dan pemechan kasus dapat terkumpul dengan baik dan penentuan tindak alnjut lebih cepat.
d.      Pelaksanaan evaluasi pelaksanaan program layanan hendaknya dapat dilaksanakan segera dan menyeluruh sebagai bahan perbaikan program BK selanjutnya.

B. Kesimpulan
        Terlaksananyakegiatan PPL BKI UIN Sunan Kalijaga tahun 2014/2015 di MAN Yogyakarta 1 merupakan salah satu tugas mata kuliah BKI sebagai dasar pelatihan kinerja Bimbingan dan Konseling Islam dalam bidang pendidikan, diharapkan kinerja sangat bermanfaatkan bagi sekolah begitupun praktikum sangat mendapatkan ilmu banyak yang didapatkan sehingga sebagai bekal untuk meningkatkan kinerja. khususnya praktikum mengucapkan terima kasih dalam bimbingan kinerja yang masih banyak kesalahan dan kekurangan.

C. Saran
Melihat dan memahami apa yang terjadi dilapangan sangatlah berkesan karena begitu banyak pengalaman yang bisa praktikan dapatkan, harapan praktikan BK MAN Yogyakarta 1 terus berkembang dengan baik, masih perlu adanya sosialisasi dan fungsi tugas keBK-an sehingga baik siswa maupun guru dapat kinerja BK dengan positif dan merasakan hasil maupun manfaatnya, sekaligus dapat menjalin hubungan kerja yang baik dan efektif satu sama lain. Selain itu guru BK tetaplah mencadi pendengar, pembimbing yang bersahabat karena anak-anak akan merasakan kenyamanan dalam konseling.

  

Lampiran
KONSELING INDIVIDU
DENGAN MENGGUNAKAN KONSELING REALITA

Kegiatan konseling ini dilakukan dimana klien menemui konselor dan menceritakan semua permasalahan yang dialaminya kemudian konselor membantu klien dalam menganalisis masalah tersebut dan membantu klien dalam mencari alternatif pemecahan masalahnya.
·         Identitas Diri  :
Nama Inisial                :  A.A
Kelas                           : XI Bahasa
Tempat dan Tgl Lahir : -
Tinggal Bersama         : Orang tua
Kendaraan                   : Sepeda motor
Nama Sekolah             : MAN Yogyakarta 1
Alamat Sekolah           : Jl. C. Simanjuntak No. 60 Yogyakarta 55223
Hobi                            : Futsal
Pelajaran yang di senangi                   : Bahasa
Pelajaran yang tidak di senangi          : Matematika
Hari / Tanggal pelaksanaan:  Selasa 28 Oktober 2014

·         Deskripsi Masalah :
1.         Masalah pokok     : malas belajar
2.         Masalah Penyerta : kurangnya motivasi belajar

·         Tehnik Konseling
            Tehnik konseling yang digunakan adalah konseling reailita dalam teorinya Glesser, konseling ini bertujuan sebagai proses rasional yang menekankan pada perilaku sekarang dan saat ini. Artinya, konseli ditekankan untuk melihat perilakunya yang dapat diamati dari pada motif-motif bawah sadarnya.
·         Kegiatan Selama Konseling
Setelah klien menemui konselor, maka konselor membantu klien untuk menangani masalah yang dihadapinya. Untuk itu konselor menggunakan pendekatan Konseling Realita dengan langkah-langlah sebagai berikut :
1.    Penciptaan hubungan baik
Konselor menyambut klien dengan ramah sebagai awal hubungan yang baik, agar tercipta kenyamanan dan rasa percaya klien kepada konselor

2.    Identifikasi tingkah laku saat ini
Ø  Klien masih malas untuk belajar
Ø  Klien yang kurang dapat membagi waktu untuk belajar
Ø  Klien sering merasa kesulitan dalam menghadapi ulangan

3.    Evaluasi tingkah laku saat ini
Konselor mengajak klien untuk meningkatkan belajarnya dengan gaya belajar yang dapat membuat klien nyaman, kemudian konselor mengajak klien untuk membuat agenda kegiatan sehari-hari, hal ini berguna bagi klien supaya dia dapat membagi waktu belajarnya dengan mudah di sela-sela kegiatanya.

4.    Pengembangan rencana tindakan
Membantu klien mengambil langkah-langkah yang ia lakukan.

5.    Komitmen klien untuk melaksanakan rencananya
Membuat komitmen mengenai langkah-langkah yang akan diambil supaya dilaksanakan secara sungguh-sungguh.
Refrensi
1. Gantina. Eka dan Karsih. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks
2. Latipun. 2006. Psikologi Konseling. Malang: UMM Press
Lampiran
LAPORAN VERBATIM
Klien
(klien tersenyum) oiya mas, gak enak di runagan mas, mending kita ngobrol-ngobrolnya di luar saja gimana mas? biar lebih adem


Konselor
Iya gak apapa, ayo dimana enaknya?


Konselor dan klien
Verbal konselor dan klien
Tahap Konseling
Teknik komunikasi konseling
1
2
3
4
Klien
Assalamu’alaikum….


Konselor
Waalaikumsalam….. Wr.Wb.
Rapport
Acceptance
Klien
Gimana mas, bisa dimulai sekarang?


Konselor



Klien
Gimana kalau di srambi Mesjid aja mas lebih isis (adem) hehe..


Konselor
Wah ide bagus itu, ayo sekarang kita meluncur


Klien
Oke........siap


Konselor
Nah sekarang bisa kita mulai?


Klien
Bisa mas, dari mana dulu ini, saya harus gimana ini?


Konselor
Ok kita mulai dari perkenalan dulu, biar kita bisa lebih dekat, lebih akrab
Dengan adek siapa ini?
Perkenalan
Acceptance
Klien
Ardia Aprirero panggilannya Reo mas


Konselor
O,,,R. ya,? kelas berapa?


Klien
Bukan OReo mas,, hehehe kelas XI BHS


Konselor
Bukan ya, hehehe,,
Asli mana ini reo?


Klien
Saya asli orang sini mas, asli Jogja rumah saya aja deket mas tapi kalo naik motor


Konselor
Yo mesti dekat wong pake motor ko' hehehe..


Klien
Lah terus masnya ini aslinya mana toh?


Konselor
Ya, perkenalkan dulu nama saya Iwan Rudiansyah saya asli Lamongan Jawa Timur, pernah ke jawa timur?


Klien
Belum pernah mas, nanti kalo ada kesempatan saya mau liburan kesana.


Konselor
iya lo disana tempat wisatanya bagus2, juga indah
ok sekarang kita mulai saja ya, apa ini yang bisa saya bantu?

Topik netral Lead Umum
Klien
Begini lo mas, saya itu sering merasa tidak siap kalo menghadapi ulangan mas, ya bisa dibilang kayak kerepotan gitulo mas, kenapa ya mas?
Identifikasi tingkah laku saat ini
Lead umum
Restatement dan Lead Khusus
Konselor
Emmmm,,,, gitu ya, jadi merasa tidak siap gitu kalau ada ulangan! mapel apa itu kalo boleh saya tau?


Klien
Yang paling sulit itu mapel MTK mas haduh sulit banget itu mas, soalnya pake hafalin rumus trus itung2an banyak bgt pokoknya yang paling sulit ya itu, mapel yang lain sulitnya wajar2 saja.


Konselor
Emmmmm,, sperti itu ya, tapi ko bisa ya padahal kan setiap hari selalu belajar toh disekolah, di rumah juga pasti selalu belajar!


Klien
Hehehe, maaf ya mas, saya tu kalo dirumah jarang belajar, saya belajar itu ketika ada PR saja, maaf lo mas


Konselor
Ah masa' se,,,
Memangnya kalo setelah pulang sekolah terus dirumah apa aja kegiatannya, pasti sibuk ya dirumah atau malah kebanyakan maen diluar?


Klien
Saya itu dirumah sebenarnya gk ngapa2in lo mas, pulang sekolah saya biasanya mandi main komputer,  ngeGame, sholat, makan, nonton TV terus tidur, kadang-kadang juga maen footsal dengan teman2 tapi ya gk setiap hari, seperti itu mas kegiatan sehari-hari saya dirumah, les juga 1 minggu hanya 3 kali jadi gk setiap hari


Konselor





Wah enak bgt ya agenda kegiatannya, padet banget ya ternyata sampe-sampe saya lihat ko gk ada waktu cela untuk belajar ya, ngomong2 itu apa memang sudah tidak tersedia lagi waktu untuk belajar?


Klien

Sebenarnya si sudah ada mas jadwal dan keinginan saya untuk belajar tapi ya itu mas, belum terlaksana hehehe,,,,
Saya itu kalo belajar cepet bosen mas apa lagi kalo belajar MTK aduuh baru sebentar saja sudah bosen, capek, dsbg.


Konselor
Ko' belum terlaksana itu giamna, belum ada waktu ya?
Ya harus segera terlaksana itu, penting sekali lo itu, dan gk boleh di tunda2 lagi, untuk yg  mapael MTK itu kita hilangkan fikiran2 negatif kita, misalnya kita harus berfikiran bahwa MTK itu gampang, enak dipahami, dan saya suka MTK berawal dari hal tsb nanti insya Allah kita akan memperoleh kemudahan dari situ dan yang terpenting harus selallu berusaha (belajar) dengan rajin, sungguh2 dan istikomah karena nanti keberhasilan/hasil yang kita dapatkan sesuai dengan usaha yg kita lakukan. (menanamkan keyakinan pd klien)


Klien
Iya mas siap, mulai nanti saya akan berusaha menjadi lebih baik lagi dan mencoba untuk melaksanakan semua apa yang sudah menjadi tanggungan saya/kewajiban saya termasuk belajar dsbg.


Konselor
Reo, dari sekian obrolan kita tadi apakah kamu sudah menemukan gambaran untuk kedepannya seperti apa dan harus gimana?


Klien
Iya mas, Alhamdulillah saya sekarang sudah legah sudah punya gambaran kedepannya saya harus gimana


Konselor
Oiya, untuk membuktikan keseriusanmu aq ingin kamu memberikan jadwal/agenda kegiatanmu sehari2 mulai besok sampe seterusnya, dari bangun tidur hingga tidur lagi, di prin yg bagus ya 2 lmbar, 1 untuk kamu dan 1 untuk aku gimana kamu siap ndak?


Klien
Ok siap setuju sekali, tapi nanti saya dibelikan minum dikantin ya mas, hehehe


Konselor
Ok siapa takut, minum air putih to? gampang,,,..


Klien
Ko air putih mas, sama aja dong kalo gitu,, itu aja mas gimana kalo es susu coklat mas, gk mahal ko mas murah ko' soalnya saya sukanya itu, ya mas ya?


Konselor
Iya deh kalo gitu,, tapi jnji ya harus sungguh2....?


Klien
Ok,,, janji mas


Konselor
Ya udah kalo gitu sekarang kamu masuk kelas dulu, ini bentar lagi sudah mau masuk pelajaran lagi lo.. nanti ketinggalan pelajaran lagi


Klien
Iya mas ya sudah saya masuk kelas dulu ya mas, makasih banyak lo mas, oiya besok saya tunggu lo mas es susu coklatnya,,,


Konselor
Siaaaaaap....






















Lampiran
KONSELING INDIVIDU
DENGAN MENGGUNAKAN KONSELING TRAIT & FACTOR
Kegiatan konseling ini dilakukan dimana klien menemui konselor dan menceritakan semua permasalahan yang dialaminya kemudian konselor membantu klien dalam menganalisis masalah tersebut dan membantu klien dalam mencari alternatif pemecahan masalahnya.
·         Identitas Diri  :
Nama Inisial                :  O.N.N.S
Kelas                           : XI IPS 3
Tempat dan Tgl Lahir : -
Tinggal Bersama         : Keluarga
Kendaraan                   : Sepeda motor
Nama Sekolah             : MAN Yogyakarta 1
Alamat Sekolah           : Jl. C. Simanjuntak No. 60 Yogyakarta 55223
Hobi                            : Membaca
Pelajaran yang di senangi          : Bahasa
Pelajaran yang tidak di senangi : Matematika
Hari / Tanggal pelaksanaan  :  Selasa 05 November 2014

·         Deskripsi Masalah :
3.         Masalah pokok     : Sulit menentukan teknik belajar yang tepat
4.         Masalah Penyerta : Lama dalam proses menghafal

Refrensi
1. Gantina. Eka dan Karsih. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks
2. Latipun. 2006. Psikologi Konseling. Malang: UMM Press


Lampiran
LAPORAN VERBATIM
Klien
Kirain ada apa2 mas sampai saya penasaran


Konselor
Masa sih, gk ada apa2 mau ngobrol aja ko emangnya gk boleh?



Konselor dan Klien

Pernyataan Konselor dan Klien

Tahap
Konseling
Teknik Komunikasi Konseling
1
2
3
4
Klien
Assalamu’alaikum….


Konselor
Waalaikumsalam….. Wr.Wb.
Silahkan masuk
Rapport
Acceptance
Klien
Iya mas trimakasih, kalo boleh tau ada apa ya mas kok mas manggil saya?


Konselor
O,,, gk pa2 ko tenang aja, duduk2 dulu santai kalo mau teh ya diminum saja itu


Klien
Iya boleh lah mas emang siapa yang ngelarang


Konselor
Laiya makanya saya mau ngobrol sama kamu, oiya kenalan dulu masa ngobrol ko gak tau namanya sih kan lucu gitu, namanya siapa?
Perkenalan
Acceptance
Klien
Nama saya O.N.N.S. 


Konselor
Kelas berapa?


Klien
XI IPS 3


Konselor
Ok, saya Iwa Rudiansyah saya kuliah di UIN jurusan BKI saya asli Jatim


Klien
Jawa Timur ya mas, kalo saya asli Jogja mas, oiya gimana ini mas kita mau ngobrol apa ini?


Konselor
Iya, enaknya ngobrol masalah apa ya, pacar?...


Klien
Wah saya gk punya pacar mas jangan pacar lh


Konselor
Ah masa, berarti boleh dong daftar heheheh


Klien
Beneran mas, saya gk pacaran dulu mas tar malah ganggu pelajaran


Konselor
O gitu ya,, iya lbih baik serius dulu belajarnya kan tugas kita adalah belajar to


Klien
Iya mas


Konselor
Em....ngomong2 gimana ni masalah sekolahnya, lancar terkendali kan?

Topik netral Lead Umum
Klien
Alhamdulillah ya seperti biasa mas, tapi ya saya tu ya mas kalo ada mapel yang berhubungan dengan menghafal tu aku biasanya sering lupa mas, pas malem hafal tapi ketika di sekolah sudah lupa lagi mas, kadang2 juga hafalan tu lamaa banget hafalnya kenapa ya mas?


Konselor
Em,,, gitu ya, mang mapel apa yang biasanya paling banyak menghafal?
Identifikasi tingkah laku saat ini
Lead umum
Restatement dan Lead Khusus
Klien
Mapel keagamaan mas


Konselor
O,,,, mang biasanya kalo sebelum dihafal itu dibaca berapa kali dulu?
Terus kalo belajar bisanya jam berapa?


Klien
Ya, saya baca berkali-kali mas, tapi kadang2 ya hanya beberapa kali sih,,
Saya biasanya belajar gk tentu mas soalnya saya juga jarang belajar mas kalo ada PR sama hafalan doang belajarnya


Konselor
Tuh kan ketahuan akhirnya, ok mualai detik ini saat ini juga kamu harus janji akan giat belajar ya, kamu mau kelas XII lo bentar lagi janji ya..?
Terus mengenai hafalan sekarang, sebelum dihafalkan itu hendaknya dibaca dulu berulang2 dan dipahami dulu jangan asal dihafal saja itu akan cepat lupa krna tidak tau maknanya/intinya


Klien
Insya Allah
O,, jadi harus dipahami dulu ya mas


Konselor
Ya emang harus seperti itu, kan kalo sudah paham, ngerti maksudnya/maknanya kalo lupa kan bisa cepat inget kembali dan harus dibaca dulu berulan-ulang agar lancar dalam menghafal


Klien
Em,,,,,,,,,,,, gitu to, terus kalo biar cepat hafal metode yang lain apa lagi mas selain itu?


Konselor





Selain itu tadi cara untuk mempercepat menghafal ataupun agar pelajaran gampang dierap ketika sebelum belajar hendaknya mensucikan diri dulu dengan wudlu sebelum belajar agar apa yang di baca, dilihat, dan didengar gampang diserap/dipahami


Klien

Wah bisa dicoba ini mas, kayaknya enak ini soalnya saya belum pernah mas


Konselor
Ya udah nanti harus segera diprektekkan lo biar tau rasanya manfaatnya gimana, saya dulu ketika masih dipondok saya seperti itu makanya saya tularkan kebiasaan baik ini pada kamu, ini salah satu kunci keberhasilan belajar lo... 


Klien
Ya mas nanti saya praktekkin dirumah


Konselor
Iya, tapi jgan hanya dirumah saja kalo bisa ketika disekolahan juga dipraktekin


Klien
Iya mas makasih ya mas


Konselor
Iya sama2
O,, masih ada satu lagi mengenai waktu belajar yg efektif itu ketika selesai sholat isyak setelah itu di ulang lagi setelah sholat subuh pasti apa yg dipelajari gampang sekali masuk dan susah untuk hilang, ini juga harus di praktekin lo dicoba dulu bertahap gk pa2 nanti kalo sudah biasa pasti enak baget rasanya nikmat


Klien
Iya mas pasti itu, makasih banyak lo mas saya baru tau, mungkin ini akan jadi pengetahuan dan amalan yang baik untuk jadi kebiasaan yang sehat


Konselor
Jadi gimana sekarang apa sudah menangkap apa yang tadi sudah saya sampaikan?


Klien
Iya mas sudah, sudah cukup jelas mas tinggal mempraktekkannya saja


Konselor
Wah berarti sekarang sudah dapat ilmu baru dong, ya udah mudah2an apa yang sudah kita bicarakan ini bisa bermanfaat bagi kita ya, dan karna waktunya juga sudah mepet bentar lagi waktunya jamaah jadi kita sudahi dulu ya pertmuan kita kali ini, kita sambung lagi lain kesempata ok


Klien
Ok mas, makasih  ya mas
Assalamualaikum


Konselor
Ok sama2
Waalaikum salam Wr.Wb.


Lampiran
KONSELING INDIVIDU
DENGAN MENGGUNAKAN KONSELING REALITA
Kegiatan konseling ini dilakukan dimana klien menemui konselor dan menceritakan semua permasalahan yang dialaminya kemudian konselor membantu klien dalam menganalisis masalah tersebut dan membantu klien dalam mencari alternatif pemecahan masalahnya.
·         Identitas Diri  :
Nama Inisial                : S.G.
Kelas                           : XI Bahasa
Tempat dan Tgl Lahir : Riau
Tinggal Bersama         : Sodara
Kendaraan                   : Sepeda motor
Nama Sekolah             : MAN Yogyakarta 1
Alamat Sekolah           : Jl. C. Simanjuntak No. 60 Yogyakarta 55223
Hobi                            : Nongkrong
Pelajaran yang di senangi           : Kesenian
Pelajaran yang tidak di senangi : Matematika
Hari / Tanggal pelaksanaan        :  Kamis 06 November 2014

·         Deskripsi Masalah :
5.       Masalah pokok          : prestasi rendah
6.       Masalah Penyerta  : malas belajar karena sarana tempat yang tidak mendukung

·         Tehnik Konseling
            Tehnik konseling yang digunakan adalah konseling reailita dalam teorinya Glesser, konseling ini bertujuan sebagai proses rasional yang menekankan pada perilaku sekarang dan saat ini. Artinya, konseli ditekankan untuk melihat perilakunya yang dapat diamati dari pada motif-motif bawah sadarnya.
·         Kegiatan Selama Konseling
Setelah klien menemui konselor, maka konselor membantu klien untuk menangani masalah yang dihadapinya. Untuk itu konselor menggunakan pendekatan Konseling Realita dengan langkah-langlah sebagai berikut :
6.    Penciptaan hubungan baik
Konselor menyambut klien dengan ramah sebagai awal hubungan yang baik, agar tercipta kenyamanan dan rasa percaya klien kepada konselor
7.    Identifikasi tingkah laku saat ini
Ø  Klien masih malas untuk belajar
Ø  Klien yang kurang dapat membagi waktu untuk belajar
Ø  Klien sering merasa kesulitan dalam menghadapi ulangan
8.    Evaluasi tingkah laku saat ini
Konselor mengajak klien untuk meningkatkan belajarnya dengan gaya belajar yang dapat membuat klien nyaman, kemudian konselor mengajak klien untuk membuat agenda kegiatan sehari-hari, hal ini berguna bagi klien supaya dia dapat membagi waktu belajarnya dengan mudah di sela-sela kegiatanya.
9.    Pengembangan rencana tindakan
Membantu klien mengambil langkah-langkah yang ia lakukan.
10.       Komitmen klien untuk melaksanakan rencananya
Membuat komitmen mengenai langkah-langkah yang akan diambil supaya dilaksanakan secara sungguh-sungguh.
Refrensi
1. Gantina. Eka dan Karsih. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks
2. Latipun. 2006. Psikologi Konseling. Malang: UMM Press






Lampiran
LAPORAN VERBATIM
Klien
Sekarang aja ya mas mumpung pelajaran lagi kosong


Konselor
Iya udah ayo dimana?


Konselor dan klien
Pernyataan konselor dan klien
Tahap konseling
Teknik komunikasi konseling
1
2
3
4
Klien
Assalamu’alaikum….


Konselor
Waalaikumsalam….. Wr.Wb.
Rapport
Acceptance
Klien
Mas saya boleh ngobrol2 gk mas?


Konselor
Ya boleh lah, kapan?


Klien
Kalau di depan masjid aja gimana mas? hehe..


Konselor
Wah boleh juga tu, ok ayo....


Klien
Oke mas


Konselor
Adem ya kalo disini, nah gimana sekarang bisa kita mulai?


Klien
Bisa mas, dari mana dulu ini


Konselor
Ok kita mulai dari perkenalan dulu, biar kita bisa lebih dekat, lebih akrab, hehehe
Dengan siapa ini?
Perkenalan
Acceptance
Klien
Nama saya S.G.


Konselor
Gunawan ya,? nama yang bagus


Klien
Hehehe masak sih mas,, saya kelas XII IPS 1


Konselor
Gunawan aslinya dari  mana?


Klien
Saya asli Riau mas


Konselor
Wah jauh banget itu, disini tinggal sama siapa, orang tuanya apa sama kakeknya, atau sama siapa?


Klien
Saya diasrama dengan kakak saya mas kakak saya disini kuliah


Konselor
O,,,gitu,  kontrakannya jauh po dari sini?


Klien
Iya mas,, asramanya di dekat kampus UAD,  oiya mas dari tadi mas belum perkenalkan diri...


Konselor
Ya sampe lupa deh keasyikan soalnya, heheh ok perkenalkan nama saya Iwan Rudiansyah saya asli Lamongan Jawa Timur, sudah pernah dengar Lamongan belum?
Oiya kapan kita bisa mulai ini?


Klien
Sudah pernah mas, tapi sayang saya belum pernah kesana mas, Oiya mas, ok sekarang aja mas siap


Konselor
Ok  sekarang kita mulai saja ya, apa ini yang bisa saya bantu?


Klien
Gini lo mas, saya itu males banget sama belajar, gak tau kenapa meskipun saya banyak waktu luang tapi saya ko maleees banget kalo mau belajar, yang terparah lagi ya mas prestasi saya semester kemarin tu jelak banget sampe2 hampir paling akhir lah pokoknya mas, gimana ya mas?

Topik netral Lead Umum
Konselor
Males belajar ya, sampe2 prestasinya rendah gitu to, kalo boleh tau kenapa ko males belajar, apa ruangan untuk belajarnya kurang nyaman, gk ada teman atau gimana?
Identifikasi tingkah laku saat ini
Lead umum
Restatement dan Lead Khusus
Klien
Iya mas kan saya tinggal di asramah ya mas, nah itu disana rame bgt mas jadi kalo mau belajar itu males soalnya rame sama temen2 kakak yang pada nongkrong disana main gitar ketawa2 pokoknya macem2 lah mas jadi saya tu ngerasa males banget akhirnya ya saya ikutan mreka nongkrong mas


Konselor
Emmmmm,, sperti itu ya, biasanya kapan aja waktu mereka nongkrong itu?


Klien
Pokoknya setiap hari mas dari saya pulang sekolah tu sampe larut malam mreka masih asyik nongkrong


Konselor
Jadi gitu ya, mreka setiap hari dan setiap waktu, terus mereka gk ada waktu untuk istirahat dong


Klien
Ya biasanya subuh mreka biasanya baru pada tidur mas karena mreka kan pada begadang sampe larut malam to


Konselor





Wah berarti kamu gak belajar sama sekali dong?
Kan katanya diasrama rame terus jadi kamu terganggu belajarnya terus akhirnya jadi males belajar


Klien

Ya saya tetap belajar mas meskipun keadaannya seperti itu, tapi ya hanya kalo ada PR saja mas sama kalau mau ada ulangan


Konselor
Ya kalo memang kenyataannya seperti itu ya mau gimana lagi namanya juga di asrama ya rame lah, jadi sekarang pinter2nya kamu aja buat memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin karena gimanapun juga kamu harus selalu belajar, jangan hanya kalo ada PR dan mau ulangan saja


Klien
Iya mas saya juga pengen seperti itu tapi gimana lagi mas keadaannya kan seperti itu mas


Konselor
Aku paham, terus apa kamu sudah pernah cari solusi untuk masalah ini?


Klien
Iya mas, tapi ya saya masih belum menemukan solusi yang pas terkait hal ini, kalo gini terus saya akan jelek lagi nilai ulangan besok mas


Konselor
O gitu ya, kalo saya si punya ide yang tepat buat kamu terkait waktu belajar yang tepat


Klien
Iya mas gimana?


Konselor
Nah tadi kan menurut pemaparan kamu diatas kan asrama selalu rame to sedangkan pas sepiitu ketikah subuh to, alangkah baiknya jika waktu subuh itu kamu manfaatkan untuk belajar, kan enak to caranya kamu harus tidur dulu lebih awal agar nanti subuh bisa bangun sholat terus setelah sholat kamu belajar dan waktu belajar setelah subuh itu sangat menyenangkan dan gampang sekali masuk


Klien
Jadi gitu ya mas, tapi biasanya stelah subuh saya tidur lagi mas soalnya masih ngantuk hehehehe


Konselor
Iya tapi ya jangan tidur lagi dong, kan kamu harus tidur lebih awal jangan begadang biar tidak ngantuk


Klien
Iya mas saya coba dulu ya mas, saya minta do'anya ya mas biar nanti saya dapat melakukannya dan mendapat nilai yg memuaskan


Konselor
Ya harus dicoba lo, harus dilatih dan dibiasakan,  Iya pasti itu,
Semangat ya.........Sukses buat kamu


Lampiran
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN KELOMPOK

- Judul Materi                          : Persiapan UN
- Bidang Bimbingan                : Bimbingan Belajar
- Fungsi Layanan                    : Pemahaman
- Komponen Program              : Layanan Dasar
- Tujuan Layanan                    : - Membantu siswa agar semangat dalam belajar
 - Membantu siswa dalam menyusun setrategi dalam menumbuhkan semangat belajar
-  Membantu siswa dalam kesulitan belajar
- Metode                                 : Diskusi dan Tanya Jawab
- Sasaran                                  : Siswa kelas XII IPA 1, XII IPS 1
- Penyelenggara                       : Iwan Rudiansyah
- Pihak yang di sertakan          : Wali kelas
- Hari/Tanggal                         : Senin, 24 November 2014
- Tempat                                  : Serambi Mesjid
- Alokasi Waktu                      : 1 x 45
- Alat dan Bahan                     : Buku catatan, Bolpoint dan lembar angket
- Deskripsi Proses
TAHAP
KEGIATAN
ESTIMASI
Membuka
1. Mengucapkan salam dan berdoa
2. Mengkondisikan siswa agar suasana kondusif dan bisa fokus pada materi yang akan di sampaikan
3. Menyampaikan tujuan yang diharapkan pada pertemuan ini tentang "Kesulitan menumbuhkan semangat belajar yang menurun"
5
Penyampaian Materi Layanan Bimbingan
1. Guru pembimbing menanyakan apakah mengalami kesulitan dalam meningkatkan semangat belajar
2. Guru pembimbing menjelaskan tentang kesulitan belajar
3. Guru pembimbing menjelaskan tentang semangat belajar
4. Guru pembimbing menjelaskan cara menumbuhkan semangat belajar
25
Penutup
1. Guru pembimbing melakukan follow up kepada siswa "apa yang dapat kalian pahami tentang materi ini?"
2. Guru pembimbing membuat kesimpulan atas apa yang disampaikan dari materi tersebut
10

Rencana Evaluasi                    :
1. Evaluasi Proses ( antusias siswa terhadap materi yang disampaikan melalui tanya jawab)
2. Evaluasi Hasil ( siswa dapat menyimpulkan materi yang telah disampaikan, dengan cara guru menunjuk beberapa siswa )
- Rencana tindak lanjut           : Konseling Individu
- Referensi                              : http://motivator-motivasisederhana.blogspot.com

                                                                        Yogyakarta   November 2014            
                                                            Mengetahui


           Guru BK/ Pembimbing  




Drs. R. Khamdan Jauhari
NIP : 19650702200501 1 002



Konselor




Iwan Rudiansyah
11220049

1. Identitas Klien
A.    Siswa 1
Identitas Siswa
Nama Inisial                            : N.W.M
Kelas                                       : XII IPA 1
Tempat dan Tgl Lahir             : Banyuwangi
Tinggal Bersama                     : Pondok
Kendaraan                               : Sepeda motor
Nama Sekolah                         : MAN Yogyakarta 1
Alamat Sekolah                       : Jl. C. Simanjuntak No. 60 Yogyakarta 55223
Hobi                                        : Santai
Pelajaran yang di senangi        : Keagamaan
Pelajaran yang tidak di senangi : Matematika

B.     Siswa 2
Identitas Siswa
Nama Inisial                            : A.Y
Kelas                                       : XII IPA 1
Tempat dan Tgl Lahir             : -
Tinggal Bersama                     : Orang tua
Kendaraan                               : Sepeda motor
Nama Sekolah                         : MAN Yogyakarta 1
Alamat Sekolah                       : Jl. C. Simanjuntak No. 60 Yogyakarta 55223
Hobi                                        : Menggambar
Pelajaran yang di senangi        : Kesenian
Pelajaran yang tidak di senangi : Matematika




C.    Siswa 3
Identitas Siswa
Nama Inisial                      : I.B
Kelas                                 : XII IPS 1
Tempat dan Tgl Lahir       : -
Tinggal Bersama               : Orang tua
Kendaraan                         : Sepeda motor
Nama Sekolah                   : MAN Yogyakarta 1
Alamat Sekolah                 : Jl. C. Simanjuntak No. 60 Yogyakarta 55223
Hobi                                  : Sepeda
Pelajaran yang di senangi : Ekonomi Akuntansi
Pelajaran yang tidak di senangi : -
D. Siswa 4
Identitas Siswa
Nama Inisial                      : B.A
Kelas                                 : XII IPS 1
Tempat dan Tgl Lahir       : -
Tinggal Bersama               : Orang tua
Kendaraan                         : Sepeda motor
Nama Sekolah                   : MAN Yogyakarta 1
Alamat Sekolah                 : Jl. C. Simanjuntak No. 60 Yogyakarta 55223
Hobi                                  : -
Pelajaran yang di senangi             : Ekonomi Akuntansi
Pelajaran yang tidak di senangi : -





IDENTIFIKASI MASALAH
      Sebanyak 4 siswa memiliki masalah dalam prestasi belajar yaitu menurunnya prestasi belajar yakni termasuk dalam daftar 5 terbawah, siswa diambil dari 2 kelas yang berbeda yaitu kelas XII IPA 1 dan XII IPS 1, sebagian besar turunnya prestasi belajar dikarenakan rasa malas dari diri sendiri dan faktor lingkungan
NO
Nama
Kelas
Hal yang akan dilakukan
1
B.A
XII IPA 1
Belajar lebih giat lagi
2
I.B
XII IPA 1
Mengatur jadwal kegiatan
3
N.W.M
XII IPS 1
Berusaha
4
A.Y
XII IPS 1
Membuat strategi belajar


LAYANAN KONSELING KELOMPOK
BIMBINGAN DAN KONSELING
MAN YOGYAKARTA 1

Rekam konseling kelompok
1. Hari/Tanggal              : 24 November 2014
2. Durasi                        : 65 menit
3. Data Konseli              : a. N.W.M
b. B.A
c. I.B
d. A.Y
4. Kelas                          : XII IPA1 & XII IPS 1
5. Bidang Bimbingan     : Pribadi
6. Sifat Topik                 : Bebas
7. Topik yang Muncul    : Dari 4 peserta
a. Bingung menentukan pilihan antara organisasi masyarakat atau disekolah
b. Tidak bisa memanage waktu
c. Tidak bisa fokus secara penuh pada pelajaran disekolah
d. Merasa tidak siap ketika disekolah banyak ulangan
8. Topik yang di bahas    : Bingung menentukan pilihan antara organisasi masyarakat atau disekolah
9. Isi Bahasan                  : Siswa merasa bahwah dirinya berat untuk meninggalkan organisasinya dimasyarakat sedangkan dirinya sudah kelas XII, apalagi waktu UN sudah semakin dekat dan dirinya juga belum mempersiapkan terkait hal itu itulah yang mengakibatkan dirinya merasa bingung dengan apa yang harus dia lakukan padahal dia mempunyai jabatan dalam organisasinya tersebut dan mungkin agak sulit untuk meninggalkannnya juga karena keterbatasan sumber daya manusianya.
10. Lain-lain                    : Semua anggotanya terdiri dari laki-laki dan terjadi begitu akrab saling canda gurau meskipun di awal terlihat sedikit tegang.

                                                                        Yogyakarta  24 November 2014                    
                                                            Mengetahui


           Guru BK/ Pembimbing  




Drs. R. Khamdan Jauhari
NIP : 19650702200501 1 002



Konselor




Iwan Rudiansyah
11220049




SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

Sekolah                                   : MAN YOGYAKARTA 1
Semester                                 : 1 / Gasal
Tahun                                     : 2014
A.    Tema Bimbingan              : Pemahaman BK
B.    Bidang Bimbingan            : Bimbingan Belajar
C.    Fungsi Layanan                : Pemahaman, Pengembangan.
D.    Komponen Program          : Layanan Informasi.
E.        ujuan Layanan                 : Memberikan informasi mengenai Pemahaman BK
F.     Metode                              : Tidak Langsung
G.    Sasaran                              : Siswa MAN 1 YOGYAKARTA Kelas X, XI, XII
H.    Tgl Layanan                      : 15 November 2014
I.       Bahan dan Media              : Poster
J.       Hasil yang diharapkan      : Siswa memahami Pemahaman fungsi BK
K.    Rencana Tindak Lanjut    : Layanan informasi akan dilakukan setiap 1x selama ppl berlangsung

      Yogyakarta 15 November 2014               
                                                            Mengetahui


           Guru BK/ Pembimbing  




Drs. R. Khamdan Jauhari
NIP : 19650702200501 1 002



Konselor




Iwan Rudiansyah
11220049



LAPORAN PPL BIMBINGAN KONSELING , Pada: 05:31



Share to

Facebook Google+ Twitter

Related with LAPORAN PPL BIMBINGAN KONSELING :

Tags: #KUMPULAN LAPORAN PPL Posted by Anonymous at 05:31

0 comments :

Post a Comment

« Next Prev »
  • Beranda

Labels

  • KUMPULAN LAPORAN PPL
  • Kumpulan Makalah
  • kumpulan proposal
  • Kumpulan Proposal Skripsi
Copyright © 2016 Blog Al Imam All Rights Reserved | Sonic SEO Template