LAPORAN PRAKTIKUM
PPL BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM
Lokasi:
MADRASAH AALIYAH NEGERI YOGYAKARTA 1
Disusun Oleh :
Iwan Rudiansyah 11220049
Dosen
Pembimbing Magang dan Praktikum :
Dr. Irsyaddunas. M. Ag.
NIP. 19710413 199803 006
JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2014/2015
PENGESAHAN
Bissmillahirahmanirrahim,
Setelah
diadakan pengarahan, koreksi dan
perbaikan seperlunya atas
Laporan PPL BKI
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Tahun 2014/2015
dari Mahasiswa :
Nama : Iwan
Rudiansyah
NIM :
11220049
Lokasi :
MAN Yogyakarta 1
Maka laporan
ini telah memenuhi syarat sesuai dengan pelaksanaan tugas mahasiswa yang
bersangkutan, sehingga dapat diajukan sebagai tugas PPL BKI.
Demikian
pengesahan ini dibuat untuk dapat
dipergunakan
sebagaimana mestinya.
Yogyakarta,
23 Desember 2014
Mengetahui
Guru BK/ Pendamping Lapangan
Drs.
R. Khamdan Jauhari
NIP :
19650702200501 1 002
|
Dosen
Pembimbing Lapangan
Irsyadunnas,
M.Ag
NIP.197104131998031006
|
KATA PENGANTAR
Puji syukur
Alhamdulillah, kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan
kesehatan kepada kita sehingga kita masih mempunyai kesempatan untuk
menyelesaikan penyusunan rencana program kerja Pelaksanaan Praktik Pengalaman
Lapangan Bimbingan dan Konseling Islam tahun 2014/2015. Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada
Nabi Muhammad SAW yang selalu memberi inspirasi bagi kami untuk tetap peduli
kepada sesama.
Alhamdulillah, penyusunan rencana
program kerja ini dapat terselesaikan dengan baik atas dukungan dan bantuan
dari berbagai pihak. Untuk itu, dengan segala partisipasinya kami mengucapkan
terima kasih kepada :
1. Bapak Dr. H. Waryono, M.Ag selaku Dekan Fakultas Dakwah
dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
2. Bapak Muhsin
Kalida, M. Selaku ketua jurusan Bimbingan Konseling Islam Universitas Islam
Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
3. Bapak Irsyadunnas M,Ag selaku Dosen Pembimbing PPL
4. Bapak Drs. H. Imam Suja’i Fadly,
MPdI selaku Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta.
5. Ibu Dra. Musta’inatun, MA selaku
koordinator umum MAN 1 Yogyakarta
6. Bapak Drs. R. Khamdan Jauhary dan Ibu Isni Lestari, S.Pd selaku guru Bimbingan dan Konseling kelas X dan
XII sekaligus sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (Guru Pembimbing Lapangan)
7. Segenap
guru-guru, staf TU, dan siswa siswi MAN 1 Yogyakarta
8. Teman-teman
seribu satu kisah yang telah kita lalui bersama, spesial thanks to Amel, Aah, Nisa, dan Nuryo, Nice to meet you all....!
9. Berbagai pihak
yang telah membantu proses magang/praktikum dan penulisan laporan yang tidak
bisa penyusun sebutkan satu-persatu
Penyusun menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari
sempurna. Oleh karena itu penyusun sangat mengharapkan kritik dan saran yang
membangun untuk perbaikan pada masa yang akan datang. Harapan penyusun semoga
laporan ini dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang membutuhkan.
Yogyakarta, 20 Desember 2014
Penyusun,
Iwan Rudiansyah
11220049
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Praktik
Pengalamam Lapangan (PPL) merupakan salah satu kegiatan pendidikan yang harus
ditempuh oleh setiap mahasiswa perguruan tinggi, yang dalam ini adalah
Universitas Isalam Negeri Sunan Kalijaga. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
ditujukan untuk membina mahasiswa menjadi tenaga kependidikan yang profesional,
bertanggung jawab, berdisiplin dan mengetahui tata cara sebagaimana mestinya
seorang guru, untuk mencapai tujuan tersebut mahasiswa telah dibekali dengan
berbagai mata kuliah yang akan menunjang terhadap kegiatan PPL dan menunjang
terhadap pengembangan profesionalismenya nanti di lapangan yang sebenarnya.
Kegiatan
Praktikum dilaksanakan berdasarkan kalender akademik jurusan Bimbingan dan
Konseling, kegiatan Praktikum BKI ini dilaksanakan terhitung mulai tanggal 24 Oktober 2014
dan diakhiri tanggal 18 Desember 2014. Laporan yang kami susun
berikut merupakan laporan kegiatan yang dilakukan di sekolah yakni sebagai
konselor di bidang pendidikan, sehingga serangkaian kegiatan praktik mencakup
latihan Bimbingan dan Konseling serta tugas-tugas kependidikan secara terpadu untuk
memenuhi persyaratan pembentukan profesi kependidikan.
Kegiatan
kuliah lapangan yang diprogramkan jurusan Bimbingan dan Konseling Islam UIN
Sunan Kalijaga dibagi dalam dua periode yang dilakukan secara berkesinambungan
dalam satu lokasi meliputi :
1. Obserfasi
Dilaksanakan pada
tanggal 24 September - 1 Oktober 2014.
Dilaksanakan sepenuhnya untuk pengumpulan data. Data-data ini dikumpulkan guna
melengkapi informasi, dari informasi yang didapatkan diharapakan mahasiswa
praktikan mengetahui keadaan seluruh sekolah terkait dengan lingkungan siswa,
guru, kepala sekolah dan jajaran lain. Sehingga kelengkapan data ini dapat
membantu mahasiswa saat menyusun dan menjalankan program kerja.
2. Praktikum
Dilaksanakan
tanggal 2 Oktober-18 Desember 2014.
Pada masa praktikum, mahasiswa terjun secara langsung melaksanakan
program-program Bimbingan dan Konseling di bawah bimbingan guru pamong dan
berkolaborasi dengan agenda dan program kerja BK di MAN Yogyakarta 1.
B.
Tujuan dan Sasaran atau Fokus PPL
a.
Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
I.
Tujuan
umum
1) Agar siswa dapat memahami bimbingan dan
konseling
2) Melatih kemampuan mahasiswa sebagai calon
konselor sebelum terjun langsung kepada masyarakat sebagai guru bimbingan dan
konseling di sekolah secara sungguh-sungguh.
3) Agar mahasiswa dapat mengimplementasikan
teori-teori dengan praktek yang dilaksanakan di sekolah dalam menghadapi
berbagai masalah.
4) Mengevaluasi teori yang didapat dalam
perkuliahan.
5) Agar mahasiswa dapat memahami kemampuan
profesinal dirinya sebagai konselor.
6) Memberi pengalaman bagi mahasiswa tentang
profesi bimbingan dan konseling yang nyata.
II.
Tujuan
khusus
Tujuan
khusus praktik pengalaman lapangan bimbingan dan konseling sebagai harapan
mahasiswa agar mendapatkan serta melaksanakan suatu tujuan khusus PPL bimbingan
dan konseling diantaranya sebagai berikut:
1) Agar mahasiswa dapat mempelajari
penyelenggaraan administrasi sekolah.
2) Agar mahasiswa memperoleh pengalaman
tentang profesi bimbingan dan konseling yang nyata.
3) Agar mahasiswa mengetahui penggunaan
instrumen yang digunakan dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling.
4) Agar mahasiswa memperoleh pengalaman dalam
melaksanakan dan menerapkan layanan BK.
5) Agar mahasiswa memperoleh pengertian
struktur organisasi sekolah dan struktur organisasi BK serta deskripsi tugas
masing-masing.
b.
Sasaran Atau Fokus Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
Sasaran
PPL adalah pembentukan pribadi calon pendidik yang memilki seperangkat
pengetahuan, nilai, sikap dan pola tingkah laku yang diperlukan bagi profesi
tenaga kependidikan dan pengajaran baik di sekolah, selain itu mahasiswa dapat
mengimplementasikan ilmu teoritiknya di dalam praktek lapangan.
Sasaran
pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yaitu diberbagai Instansi seperti
Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Sekolah Menengah
Atas (SMA), dan sekolah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), baik sekolah Negeri,
Swasta Umum maupun Muhammadiyah.
C.
Kegiatan Mahasiswa
a.
Kegiatan Praktik Di Sekolah
Kegiatan
praktik di sekolah yang telah dilakukan oleh praktikan antara lain:
Praktikan
mencoba mengenal, mengamati, melaksanakan, membantu kegiatan atau
komponen-komponen yang ada dalam sekolah, seperti membantu menyusun, mengolah,
dan melengkapi administrasi sekolah maupun Bimbingan dan Konseling (BK). Dari
semua itu dapat membuat para praktikan mengetahui lebih detail tentang kegiatan
yang ada dalam sekolah sealain proses belajar mengajar dan ekstrakurikuler,
hal-hal apa saja yang perlu di tata baik dalam komponen guru, siswa maupun
segala hal yang berkaitan dengan administrasi sekolah.
b.
Kegiatan Belajar Mengajar
Pelaksanaan
kegiatan belajar mengajar di MAN Yogykarta
1 dimulai pukul 07.00-14.30 pada hari senin, selasa, rabu, kamis, dan sabtu,
sedangkan pada hari jum’at di mulai pada pukul 07.00-11.00.
Pada pukul 07.00-07.15 WIB siswa mauk kelas dan membaca Al-Qur’an atau
tadarusan dengan didampingi guru yang jadwal mengajar jam pertama. Setelah itu
kegiatan belajar mengajar dimulai. Hari senin sampai hari sabtu waktu istirahat
pukul 09.30 - 10.00 WIB. Pada
saat istirahat, sebagian siswa pada jajan, namun tidak sedikit siswa melakukan
shalat Dhuha. Jam istirahat berakhir pada pukul 10.15, dan dilanjutkan pembelajaran selanjutnya sampai pukul 11.45 WIB. Setelah itu, siswa
melaksanakan shalat Dzuhur berjamaah. Untuk siswa wanita yang berhalangan atau
udzur, semuanya mengikuti bimbingan keputrian yang berlangsung selama shalat
jamaah Dzuhur usai.
Setiap
hari Senin siswa melaksanakan upacara bendera dan hari senin untuk jadwal
kegiatan belajar mengajar BK atau masuk kelas praktikan disesuaikan dengan
jadwal jatah masuk BK ke kelas. Sedangkan untuk bimbingan keputrian, pemberiaan
materi ataupun motivasi-motivasi diberikan oleh guru BK, guru mata pelajaran
dan mahasiswi PPL.
D.
Identitas
Lembaga/Sekolah
Nama Sekolah :
Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta
Alamat Sekolah :
Jl. C. Simanjuntak No. 60 Yogyakarta 55223
Telepon/Hp/Fax : (0274)-513327 Fax (0274) 513327
Status Sekolah : Negeri
Nilai Akreditasi Sekolah :
Terakreditasi A
E.
Profil
Lembaga/Sekolah
1.
Sejarah Singkat
MAN 1 Yogyakarta
Perjalanan MAN Yogyakarta I dimulai
pada tahun 1950 ketika Departemen Agama mendirikan tiga sekolah SGAI (Sekolah
Guru Agama Islam) putra dan putri serta SGHA (Sekolah Guru Hakim Agama) secara
de facto. SGHA inilah yang dalam perjalannya merupakan titik awal MAN
Yogyakarta I. Pendirian tiga sekolah di lingkungan Departemen Agama ini secara
de jure dengan Surat Penetapan Menteri Agama No. 7 Tanggal 5 Februari 1951.
Usia SGHA
hanya berlangsung tiga tahun, pada tahun 1954 SGHA oleh Departemen Agama
dialihfungsikan menjadi PHIN (Pendidikan Hakim Islam Negeri). Perubahan fungsi
ini ditujukan guna menyiapkan dan membentuk hakim-hakim yang saat masa tersebut
kebutuhannya sangat besar. Berubahnya PHIN menjadi MAN Yogyakarta I yang secara
kejenjangan merupakan sekolah setingkat dengan SMA (Sekolah Menegah Atas). MAN
sebagai sekolah yang sederajat dengan SMA secara kelembagaan Menteri Pendidikan
dan Kebudayaan memberikan Surat Keputusan Nomor : 0489/U/1999 yang menyatakan
bahwa MAN merupakan SMU berciri Agama Islam. Dengan dikeluarkannya SK Mendibud
RI memberikan bukti nyata bahwa MAN Yogyakarta I dalam pembelajarannya
menerapkan ketentuan dan ketetapan yang dijalankan oleh SMA pada umumnya dengan
ciri khususnya Pendidikan Agama Islam mendapatkan preoritas yang lebih banyak
dibanding dengan kurikulum yang diterapkan di lingkungan SMA.
Seiring dengan perjalanan waktu dan
berbagai perubahan kurikulum nasional untuk tingkat pendidikan menengah (SMA),
MAN Yogyakarta I tetap mampu menunjukkan jati dirinya sebagai sekolah Agama
Islam setingkat SMA yang dikelola Departemen Agama. Di tengah-tengah persaingan
yang kompetetif dengan SMA, MAN Yogyakarta I merupakan idola terhadap dunia
pendidikan Islam, dengan siswa peserta didik kurang lebih 30 % berasal dari
luar D.I. Yogyakarta terutama yang berbasis pesantren dan lingkungan Agama
Islamnya berakar kuat seperti Demak, Kudus, Pantura dll. Lulusan MAN Yogyakarta
I telah banyak yang berhasil melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi
baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan PTS (perguruan Tinggi Swasta) di dalam
negeri ataupun di luar negeri seperti di Al Azhar (Mesir) dan Pakistan, Kuwait,
dan lainnya.
Sejarah singkat gambaran sejarahnya adalah sebagai berikut :
1.
SGHA (Sekolah Guru Hakim Agama)
Tahun 1950/1951-1954
2.
PHIN (Pendidikan Hakim Islam Negeri)
Tahun 1954-1978
3.
MAN 1 (Madrasah Aliyah Negeri
Yogyakarta 1)
Tahun 1978-sekarang
Lokasi gedung MAN Yogyakarta 1 ini
terletak di wilayah kodya Yogyakarta bagian utara yang berdekatan dengan
perbatasan wilayah kabupaten Sleman dengan memiliki luas tanah kurang lebih 2
hektar. Secara geografis letak MAN Yogyakarta 1 dapat digambarkan sebagai
berikut :
1.
Sebelah utara dibatasi oleh jalan
Prof. Dr. Sardjito
2.
Sebelah timur dibatasi oleh jalan.
C. Simanjuntak
3.
Sebelah barat dibatasi dengan gedung
Fisipol UGM
4.
Sebelah selatan dibatasi oleh gang
kampong Terban
2.
Visi dan
Misi Sekolah
a. Visi
Sekolah dari MAN Yogyakarta 1 adalah sebagai berikut :
ULIL ALBAB
UL = Unggul
IL = Ilmiah
Al = Amaliyah
BA = Ibadah
B = Bertanggung
jawab
Dengan
penjelasan bahwa MAN Yogyakarta 1 berusaha mencetak siswanya dengan keunggulan
ilmu pengetahuan dan agama islam, keilmiahan pola pikir, dan mewujudkan amal
ibadah serta dapat mempertanggung jawabkan seluruh aspek kegiatannya.
b.
Misi
1)
Menumbuhkan dan meningkatkan
keimana, ketakwaan, dan ibadah serta akhlakul karimah sehingga menjadi pedoman
hidup
2)
Menumbuhkembangkan nilai sosial dan
budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak
3)
Melaksanakan proses pendidikan dan
pengajaran secara efektif dan efisien agar siswa dapat berkembang secara
optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki
4)
Meningkatkan pembelajaran terhadap
siswa melalui pendidikan yang berkarakter unggul, berbudaya, aktif, inovatif,
kreatif, dan menyenangkan
5)
Menumbuhkan semangat juang menjadi
yang terbaik kepada siswa dalam bidang akademik dan non akademik
6)
Mempersiapkan dan memfasilitasi
siswa untuk studi lanjut ke perguruan tinggi
7)
Menumbuhkan rasa tanggung jawab
dalam kehidupan di masyarakat dan pelestarian lingkungan
c. Struktur
Organisasi Bimbingan dan Konseling MAN Yogyakarta 1
Bimbingan dan Konseling di MAN
Yogyakarta 1 tahun 1978, hal ini di latar belakangi karena banyaknya
permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh siswa. Adanya bimbingan konseling
di MAN Yogyakarta 1 bertujuan untuk membantu perkembangan siswa secara optimal.
Selain itu, adanya layananan bimbingan dan konseling bertujuan untuk membantu
siswa agar dapat mencapai tujuan-tujuan perkembangan yang meliputi aspek
pribadi-sosial, pendidikam dan karir.
Dalam pelaksanaannya, bimbingan dan
konselingyang ada di MAN Yogyakarta 1 memiliki system pengorganisasian
kegiatan. Sistem pengorganisasian kegiatan ini merupakan bentuk kegiatan yang
mengatur cara kerja, prosedur kerja dan
pola atau mekanisme kerja kegiatan bimbingan dan konseling. Bimbingan dan
konseling tidak akan terlaksana dengan baik tanpa adanya pengorganisasian yang
baik. Pengorganisasian yang baik dalam
pengaturan kegiatan bimbingan dan konseling ditandai oleh adanya dasar dan
tujan organisasi, personil dan perencanaan yang matang.
Organisasi pelayanan bimbingan dan
konseling di MAN Yogyakarta 1 meliputi segenap unsur yang dapat digambarkan
dalam organigram berikut:
Tabel
1 : Struktur organigram bimbingan dan konseling MAN Yogyakarta 1
No.
|
Nama
|
Pendidikan
|
Jabatan
|
1.
|
Drs. R Khamdan
Jauhary
|
S3
|
Koordinator dan Guru BK kelas XII
|
2.
|
Isni Lestari, S.Pd
|
S1
|
Guru BK kelas X
|
3.
|
H.Mulyadi, S.Pd. MA.
|
S2
|
Guru BK kelas XI
|
4.
|
Moh. Afif Jerusalem, S.Pd
|
S1
|
Administator BK
|
3. Sarana dan Prasarana Bimbingan dan
Konseling
Ruang BK merupakan salah satu sarana
penting yang turut mempengaruhi keberhasilan pelayanan bimbingan dan konseling
di sekolah. Secara geografis lokasi ruang BK MAN Yogyakarta 1 menempati ruangan
sebelah barat, dan sebelah utara asrama putra. Sedangkan ditinjau dari keadaan
ruangan BK dan segi luas ruangan sudah cukup memenuhi standar ideal,
diantaranya
Tabel 2 : Sarana dan prasarana
bimbingan dan konseling
No
|
Nama Sarana dan
Prasarana
|
Jumlah
|
Keterangan
|
1
|
Ruang
Guru BK
|
1
|
Baik
|
2
|
Ruang
Bimbingan Konseling
|
1
|
Baik
|
3
|
Bagan
Mekanisme Bimbingan dan Konseling
|
1
|
Baik
|
4
|
Bagan
Program Kegiatan Layanan BK
|
1
|
Baik
|
5
|
Bagan
Bank Data Siswa MAN Yogyakarta 1
|
1
|
Baik
|
6
|
Bagan
Struktur Organigram BK MAN Yogyakarta 1
|
1
|
Baik
|
7
|
Majalah
Dinding
|
1
|
Baik
|
8
|
Kotak
Surat
|
1
|
Baik
|
9
|
Meja
Guru
|
4
|
Meja
Guru
|
10
|
Lemari
|
5
|
Lemari
|
11
|
TV
|
1
|
TV
|
12
|
Kipas
Angin
|
3
|
Kipas
Angin
|
13
|
Rak
Buku
|
1
|
Rak
Buku
|
14
|
Meja
Konseling
|
1
|
Meja
Guru
|
15
|
Kursi
guru 4
|
3
|
Lemari
|
16
|
Kursi
Tamu
|
12
|
|
d.
Administrasi Bimbingan dan
Konseling MTs N Yogyakarta 1
1.
Administrasi BK Perkelas
Administrasi
BK Perkelas dilaksanakan untuk mengetahui kondisi keberadaan siswanya, dimana
administrasi ini terdiri dari buku pemanduan kehadiran siswa, grafik
ketidakhadiran siswa, catatan wali kelas, tabel sosiometri dan sosiogram siswa.
2.
Administrasi BK persiswa
Administrasi BK persiswa digunakan untuk
mengetahui kondisi siswa secara individu, yakni terdiri dari buku pribadi siswa
dan data hasil Identifikasi Kebutuhan dan Masalah Siswa (IKMS), sosiometri.
3.
Pola BK 17
Plus
Dalam
pelayanan terdapat beberapa bimbingan dan layanan yang bersifat pokokmaupun pendukung, sehingga
berfungsi lebih efektif dan efesien. diantaranya:
1.
Bimbingan
2.
Bimbingan
Belajar
3.
Bimbingan
Sosial
4.
Bimbingan
Karis
5.
Bimbingan
Kehidupan Berkeluarga
6.
bimbingan
Kehidupan Keberagaman
7.
Lanayan
Orientasi
8.
Layanan
Informasi
9.
Layanan
Penempatan/Penyaluran
10. Layanan Konseling Perorangan
11. Layanan Konseling Kelompok
12. Layanan Bimbingan Kelompok
13. Layanan Penguasaan Konten
14. Layanan Mediasi
15. Layanan Rumah
16. Konferensi Kasus
17. Tampilan Kepustakaan
4.
Jadwal
Program BK
Program BK terdiri dari
program tahunan, program bulanan, program mingguan, dan program harian, yang
masing-masing sudah tersusun dengan rapih.
5.
Rekap
daftar inventaris ruangan
Rekap daftar inventaris merupakan catatan dari
kelengkapan yang ada di dalam bimbingan dan konseling, agar nantinya bisa
terlihat barang yang masih ada dan yang hilang.
6.
Buku Administrasi BK
BK di sekolah ini terdiri dari bimbingan
pribadi, sosial, belajar, karir, keluarga, keberagaman, home visit dan catatan
anekdot.
7.
Daftar piket BK
Jadwal piket ini sebagai konsekuensi
kedisiplinan BK yang dalam satu minggu guru BK hadir penuh dan dalam satu
harinya minimal 5 jam berada di sekolah.
8.
Evaluasi BK
Catatan
keberhasilan BK dibuat dalam rangka untuk mengetahui keprofesionalan guru BK
dalam mendampingi siswanya, baik itu mendampingi siswa bermasalah atau siswa
yang berprestasi dalam belajarnya. Sehingga dapat mengetahui kekurangan dari
setiap programnya dan untuk menjadi lebih baik dalam pelaksanaan program
selanjutnya.
BAB II
PROGRAM KERJA
A.
Rencana Program Kerja
1.
Kelompok
Adapun beberapa rencana program kerja individu yang akan di laksanakan
PPL UIN BKI di MAN Negeri Yogyakarta 1 yang telah disepakati bersama antara
anggota praktikan, guru BK dan Sekolah diantaranya:
Tabel 3 : Program
kerja
Kegiatan
|
Target
|
Bidang Layanan
|
Waktu Pelaksanaan
|
Bimbingan
Kelompok
|
Kelas XII
|
-
Layanan Orientasi
-
Layanan Informasi
-
Layanan Penguasan Konten
|
-
1 X Selama 2 Minggu (satu
kelas)
|
Konseling
Kelompok
|
Kelas XI IPS,
IPS 2, IPS 3, XI Bahasa, XI Agama
|
-
Layanan Informasi
-
Layanan Penguatan
-
Layanan Konsultasi
|
-
1 X Selama 2 Minggu
(satu
kelas)
|
Konseling
Individual
|
Kelas XI IPS,
IPS 2, IPS 3, XI Bahasa, XI Agama
|
-
Layanan konseling perorangan
-
Layanan Informasi
-
Layanan Penguatan
-
Layanan Konsultasi
|
-
2 X Selama 1 Minggu
|
Bimbingan Klasikal
|
Kelas XII (incidental)
|
-
Layanan Orientasi
-
Layanan Informasi
|
-
1 x Selama PPL
|
Home Visit
|
Incidental
|
Insidental
|
Insidental
|
B.
Pelaksanaan Program Kerja
Tabel 4 :
Pelaksanaan program kerja
NO
|
PROGRAM
KEGIATAN
|
WAKTU
PELAKSANAAN BULAN
|
ket
|
sep
|
Okt
|
Nov
|
Des
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Bimbingan
Kelompok
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
v
|
|
|
|
|
2
|
Konseling
Kelompok
|
|
|
|
|
|
|
|
|
v
|
|
|
|
|
|
3
|
Konseling
Individual
|
|
|
|
v
|
v
|
v
|
v
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Media BKI
|
|
|
|
|
|
|
|
v
|
|
|
|
|
|
|
C.
Analisis Hasil Pelaksanaan
1. Program Kerja Individual
a. Konseling individhual
Konseling individual
adalah layanan dalam bimbingan dan konseling yang bersifat kuratif atau
pengetasan masalah berbagai problem yang berbeda-beda yang dialami oleh klien,
dalam pelaksanaan konseling individual dilakukan secara face to face. Sedangkan
tempat disesuaikan dengan keinginan oleh klien. Adapun jumlah yang sudah yang
ditangani sebanyak 5 orang. Dalam pelaksanaan konseling individhual ini siswa
belum banyak yang secara suka rela datang sendiri keruang BK untuk konseling,
akan tetapi masih perlu di pangil. Dalam proses pemangilan siswa di dasarkan
dari hasil IMS, dan hasil konsultasi dengan wali kelas siswa tersebut. Dari
data yang terkumpul tadi maka di analisis mana siswa yang perlu segera untuk diberikan
bimbingan konseling.
b. Bimbingan kelompok
Bimbingan kelompok ini
dilakukan 1 kali selama PPL, bimbingan
kelompok di lakukan dengan 4 orang siswa kelas XII dalam bimbingan kelompok fokus
pembahasan yang dibahas adalah bagaimana bagaimana belajaryang efektih dan
kesiapan menghadapi UN.
c.
Konseling kelompok
d.
Media BKI
Media BKI adalah bentuk layanan informasi secara tidak langsung yang
dipublikasikan di media cetak dimajalah poster dll, melalui dinding BK MAN
Yogyakarta 1.
BAB III
PENUTUP
A. Analisis hasil pelaksanaan dan Refleksi
1.
Analisis
Masalah
yang dihadapi ketika kegiatan PPL berlangsung di MAN Yogyakarta 1 adalah lebih kepada susahnya mengatasi
atau menangani siswa yang belum bisa menghormati praktikan, karena pada saat
pembelajaran berlangsung siswa masih suka ramai sendiri dan masih suka keluar
masuk kelas. Selain itu kendala yang dihadapi selama PPL adalah rendahnya
pemahaman siswa akan pentingnya BK. Siswa banyak yang menganggap bahwa BK itu
seperti polisi yang bertugas hanya mencatat poin-poin pelanggaran. Sebagian
siswa yang belum begitu dekat dengan siswa masih sungkan untuk berkonsultasi
dengan Guru BK bahkan ada yang takut untuk masuk saja keruang BK.
Cara yang dapat
dilakukan oleh pratikan adalah memberikan pemahanan kepada siswa akan
pentingnya BK. Pendekatan kepada siswa harus dilakukan dengan sebaik mungkin.
Pendekatan ini dapat dilakukan dengan memberikan layanan orientasi tentang
fungsi BK. Agar siswa merasa bahwa BK bukan hanya sebagai petugas pencatat
pelanggaran, namun lebih dari itu BK adalah suatu program yang dapat membantu
siswa untuk dapat mencapai perkembangan secara optimal.
2.
Refleksi/Penilaian
Penilaian
pada diri sendiri oleh diri sendiri adalah. Semua layanan bimbingan dan
konseling di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta sudah terlaksanakan semuanya. Tetapi
praktikan memiliki penilaian positif dan negatif. Penilaian positif seperti
siswa sudah akrab dan menerima keberadaan Guru Bimbingan dan Konseling di
Sekolah, dan siswa memiliki kesukarelaan untuk mengungkapakan permasalahan
kepada praktikan. Ada pula penilaian negatif pada saat praktikan melakukan
program pengalaman lapangan, yaitu siswa belum bisa menghormati praktikan,
karena bagi siswa praktikan itu hanya sekedar praktik dan ada juga, disini
praktikan belum mendapat ijin sepenuhnya dalam melakukan layanan untuk
berkreatifitas karena disini dituntut untuk sesuai dengan hasil MLM dan
konsultasi dengan guru.
Banyak
hal yang masih perlu dijadikan sebagai bahan refleksi dan catatan penting bagi
mahasiswa praktikan dalam proses pelaksanaan PPL di SMA Muhammadiyah 4
Yogyakarta, sebagai berikut:
a. Perlu perencanaan yang matang dalam setiap
program melalui konsultasi dengan guru pembimbing secara intensif.
b. Tindak lanjut dari setiap program layanan
selayaknya untuk segera dilakukan dikarenakan dasar pelaksanaan BK adalah
masalah siswa yang kadang tidak bisa menunggu dan tidak bisa ditunda, sehingga
perlu menentukan prioritas program layanan.
c. Proses pencatatan administrasi yang cepat
dan segera setelah proses layanan, agar supaya bahan pengembangan materi dan
pemechan kasus dapat terkumpul dengan baik dan penentuan tindak alnjut lebih
cepat.
d. Pelaksanaan evaluasi pelaksanaan program
layanan hendaknya dapat dilaksanakan segera dan menyeluruh sebagai bahan
perbaikan program BK selanjutnya.
B. Kesimpulan
Terlaksananyakegiatan
PPL BKI UIN Sunan Kalijaga tahun 2014/2015 di MAN Yogyakarta 1 merupakan salah
satu tugas mata kuliah BKI sebagai dasar pelatihan kinerja Bimbingan dan
Konseling Islam dalam bidang pendidikan, diharapkan kinerja sangat
bermanfaatkan bagi sekolah begitupun praktikum sangat mendapatkan ilmu banyak
yang didapatkan sehingga sebagai bekal untuk meningkatkan kinerja. khususnya
praktikum mengucapkan terima kasih dalam bimbingan kinerja yang masih banyak
kesalahan dan kekurangan.
C. Saran
Melihat dan memahami apa yang terjadi dilapangan
sangatlah berkesan karena begitu banyak pengalaman yang bisa praktikan
dapatkan, harapan praktikan BK MAN Yogyakarta 1 terus berkembang dengan baik,
masih perlu adanya sosialisasi dan fungsi tugas keBK-an sehingga baik siswa
maupun guru dapat kinerja BK dengan positif dan merasakan hasil maupun
manfaatnya, sekaligus dapat menjalin hubungan kerja yang baik dan efektif satu
sama lain. Selain itu guru BK tetaplah mencadi pendengar, pembimbing yang
bersahabat karena anak-anak akan merasakan kenyamanan dalam konseling.
Lampiran
KONSELING INDIVIDU
DENGAN MENGGUNAKAN KONSELING REALITA
Kegiatan konseling ini dilakukan dimana
klien menemui konselor dan menceritakan semua permasalahan yang dialaminya
kemudian konselor membantu klien dalam menganalisis masalah tersebut dan
membantu klien dalam mencari alternatif pemecahan masalahnya.
·
Identitas Diri
:
Nama
Inisial : A.A
Kelas : XI Bahasa
Tempat dan Tgl Lahir : -
Tinggal Bersama : Orang tua
Kendaraan : Sepeda motor
Nama Sekolah : MAN Yogyakarta 1
Alamat Sekolah : Jl. C. Simanjuntak No. 60 Yogyakarta 55223
Hobi : Futsal
Pelajaran yang di senangi : Bahasa
Pelajaran yang tidak di senangi : Matematika
Hari
/ Tanggal pelaksanaan: Selasa 28 Oktober 2014
·
Deskripsi Masalah :
1.
Masalah
pokok : malas belajar
2.
Masalah
Penyerta : kurangnya motivasi belajar
·
Tehnik
Konseling
Tehnik konseling yang digunakan adalah konseling reailita dalam
teorinya Glesser, konseling ini bertujuan sebagai proses rasional yang menekankan pada perilaku
sekarang dan saat ini. Artinya, konseli ditekankan untuk melihat perilakunya
yang dapat diamati dari pada motif-motif bawah sadarnya.
·
Kegiatan Selama Konseling
Setelah
klien menemui konselor, maka konselor membantu klien untuk menangani masalah
yang dihadapinya. Untuk itu konselor menggunakan pendekatan Konseling Realita
dengan langkah-langlah sebagai berikut :
1. Penciptaan hubungan baik
Konselor
menyambut klien dengan ramah sebagai awal hubungan yang baik, agar tercipta
kenyamanan dan rasa percaya klien kepada konselor
2. Identifikasi tingkah laku saat ini
Ø Klien masih malas untuk belajar
Ø Klien yang kurang dapat membagi waktu
untuk belajar
Ø Klien sering merasa kesulitan dalam
menghadapi ulangan
3. Evaluasi tingkah laku saat ini
Konselor
mengajak klien untuk meningkatkan belajarnya dengan gaya belajar yang dapat
membuat klien nyaman, kemudian konselor mengajak klien untuk membuat agenda
kegiatan sehari-hari, hal ini berguna bagi klien supaya dia dapat membagi waktu
belajarnya dengan mudah di sela-sela kegiatanya.
4. Pengembangan rencana tindakan
Membantu klien
mengambil langkah-langkah yang ia lakukan.
5. Komitmen klien untuk melaksanakan
rencananya
Membuat
komitmen mengenai langkah-langkah yang akan diambil supaya dilaksanakan secara
sungguh-sungguh.
Refrensi
1. Gantina. Eka dan
Karsih. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks
2. Latipun.
2006. Psikologi Konseling. Malang: UMM Press
Lampiran
LAPORAN
VERBATIM
Klien
|
(klien tersenyum) oiya mas, gak enak di
runagan mas, mending kita ngobrol-ngobrolnya di luar saja gimana mas? biar
lebih adem
|
|
|
Konselor
|
Iya gak apapa, ayo dimana enaknya?
|
|
|
Konselor dan
klien
|
Verbal konselor
dan klien
|
Tahap Konseling
|
Teknik
komunikasi konseling
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Klien
|
Assalamu’alaikum….
|
|
|
Konselor
|
Waalaikumsalam…..
Wr.Wb.
|
Rapport
|
Acceptance
|
Klien
|
Gimana mas, bisa
dimulai sekarang?
|
|
|
Konselor
|
|
|
|
Klien
|
Gimana kalau di
srambi Mesjid aja mas lebih isis (adem) hehe..
|
|
|
Konselor
|
Wah ide bagus
itu, ayo sekarang kita meluncur
|
|
|
Klien
|
Oke........siap
|
|
|
Konselor
|
Nah sekarang
bisa kita mulai?
|
|
|
Klien
|
Bisa mas, dari
mana dulu ini, saya harus gimana ini?
|
|
|
Konselor
|
Ok kita mulai
dari perkenalan dulu, biar kita bisa lebih dekat, lebih akrab
Dengan adek
siapa ini?
|
Perkenalan
|
Acceptance
|
Klien
|
Ardia Aprirero
panggilannya Reo mas
|
|
|
Konselor
|
O,,,R. ya,?
kelas berapa?
|
|
|
Klien
|
Bukan OReo mas,, hehehe kelas XI BHS
|
|
|
Konselor
|
Bukan ya, hehehe,,
Asli mana ini reo?
|
|
|
Klien
|
Saya asli orang sini mas, asli Jogja
rumah saya aja deket mas tapi kalo naik motor
|
|
|
Konselor
|
Yo mesti dekat wong pake motor ko'
hehehe..
|
|
|
Klien
|
Lah terus masnya ini aslinya mana toh?
|
|
|
Konselor
|
Ya, perkenalkan dulu nama saya Iwan
Rudiansyah saya asli Lamongan Jawa Timur, pernah ke jawa timur?
|
|
|
Klien
|
Belum pernah mas, nanti kalo ada
kesempatan saya mau liburan kesana.
|
|
|
Konselor
|
iya lo disana tempat wisatanya bagus2,
juga indah
ok sekarang kita mulai saja ya, apa ini
yang bisa saya bantu?
|
|
Topik netral Lead Umum
|
Klien
|
Begini lo mas,
saya itu sering merasa tidak siap kalo menghadapi ulangan mas, ya bisa
dibilang kayak kerepotan gitulo mas, kenapa ya mas?
|
Identifikasi
tingkah laku saat ini
|
Lead umum
Restatement dan
Lead Khusus
|
Konselor
|
Emmmm,,,, gitu
ya, jadi merasa tidak siap gitu kalau ada ulangan! mapel apa itu kalo boleh
saya tau?
|
|
|
Klien
|
Yang paling
sulit itu mapel MTK mas haduh sulit banget itu mas, soalnya pake hafalin
rumus trus itung2an banyak bgt pokoknya yang paling sulit ya itu, mapel yang
lain sulitnya wajar2 saja.
|
|
|
Konselor
|
Emmmmm,, sperti
itu ya, tapi ko bisa ya padahal kan setiap hari selalu belajar toh disekolah,
di rumah juga pasti selalu belajar!
|
|
|
Klien
|
Hehehe, maaf ya
mas, saya tu kalo dirumah jarang belajar, saya belajar itu ketika ada PR
saja, maaf lo mas
|
|
|
Konselor
|
Ah masa' se,,,
Memangnya kalo
setelah pulang sekolah terus dirumah apa aja kegiatannya, pasti sibuk ya
dirumah atau malah kebanyakan maen diluar?
|
|
|
Klien
|
Saya itu dirumah
sebenarnya gk ngapa2in lo mas, pulang sekolah saya biasanya mandi main
komputer, ngeGame, sholat, makan,
nonton TV terus tidur, kadang-kadang juga maen footsal dengan teman2 tapi ya
gk setiap hari, seperti itu mas kegiatan sehari-hari saya dirumah, les juga 1
minggu hanya 3 kali jadi gk setiap hari
|
|
|
Konselor
|
Wah enak bgt ya
agenda kegiatannya, padet banget ya ternyata sampe-sampe saya lihat ko gk ada
waktu cela untuk belajar ya, ngomong2 itu apa memang sudah tidak tersedia
lagi waktu untuk belajar?
|
|
|
Klien
|
Sebenarnya si
sudah ada mas jadwal dan keinginan saya untuk belajar tapi ya itu mas, belum
terlaksana hehehe,,,,
Saya itu kalo
belajar cepet bosen mas apa lagi kalo belajar MTK aduuh baru sebentar saja
sudah bosen, capek, dsbg.
|
|
|
Konselor
|
Ko' belum
terlaksana itu giamna, belum ada waktu ya?
Ya harus segera
terlaksana itu, penting sekali lo itu, dan gk boleh di tunda2 lagi, untuk
yg mapael MTK itu kita hilangkan
fikiran2 negatif kita, misalnya kita harus berfikiran bahwa MTK itu gampang,
enak dipahami, dan saya suka MTK berawal dari hal tsb nanti insya Allah kita
akan memperoleh kemudahan dari situ dan yang terpenting harus selallu
berusaha (belajar) dengan rajin, sungguh2 dan istikomah karena nanti
keberhasilan/hasil yang kita dapatkan sesuai dengan usaha yg kita lakukan.
(menanamkan keyakinan pd klien)
|
|
|
Klien
|
Iya mas siap,
mulai nanti saya akan berusaha menjadi lebih baik lagi dan mencoba untuk
melaksanakan semua apa yang sudah menjadi tanggungan saya/kewajiban saya
termasuk belajar dsbg.
|
|
|
Konselor
|
Reo, dari sekian
obrolan kita tadi apakah kamu sudah menemukan gambaran untuk kedepannya
seperti apa dan harus gimana?
|
|
|
Klien
|
Iya mas,
Alhamdulillah saya sekarang sudah legah sudah punya gambaran kedepannya saya
harus gimana
|
|
|
Konselor
|
Oiya, untuk
membuktikan keseriusanmu aq ingin kamu memberikan jadwal/agenda kegiatanmu
sehari2 mulai besok sampe seterusnya, dari bangun tidur hingga tidur lagi, di
prin yg bagus ya 2 lmbar, 1 untuk kamu dan 1 untuk aku gimana kamu siap ndak?
|
|
|
Klien
|
Ok siap setuju
sekali, tapi nanti saya dibelikan minum dikantin ya mas, hehehe
|
|
|
Konselor
|
Ok siapa takut,
minum air putih to? gampang,,,..
|
|
|
Klien
|
Ko air putih
mas, sama aja dong kalo gitu,, itu aja mas gimana kalo es susu coklat mas, gk
mahal ko mas murah ko' soalnya saya sukanya itu, ya mas ya?
|
|
|
Konselor
|
Iya deh kalo
gitu,, tapi jnji ya harus sungguh2....?
|
|
|
Klien
|
Ok,,, janji mas
|
|
|
Konselor
|
Ya udah kalo
gitu sekarang kamu masuk kelas dulu, ini bentar lagi sudah mau masuk
pelajaran lagi lo.. nanti ketinggalan pelajaran lagi
|
|
|
Klien
|
Iya mas ya sudah
saya masuk kelas dulu ya mas, makasih banyak lo mas, oiya besok saya tunggu
lo mas es susu coklatnya,,,
|
|
|
Konselor
|
Siaaaaaap....
|
|
|
Lampiran
KONSELING INDIVIDU
DENGAN MENGGUNAKAN KONSELING TRAIT & FACTOR
Kegiatan konseling ini dilakukan dimana
klien menemui konselor dan menceritakan semua permasalahan yang dialaminya
kemudian konselor membantu klien dalam menganalisis masalah tersebut dan
membantu klien dalam mencari alternatif pemecahan masalahnya.
·
Identitas Diri
:
Nama
Inisial : O.N.N.S
Kelas : XI IPS 3
Tempat dan Tgl Lahir : -
Tinggal Bersama : Keluarga
Kendaraan : Sepeda motor
Nama Sekolah : MAN Yogyakarta 1
Alamat Sekolah : Jl. C. Simanjuntak No. 60 Yogyakarta 55223
Hobi : Membaca
Pelajaran yang di senangi : Bahasa
Pelajaran yang tidak di senangi : Matematika
Hari
/ Tanggal pelaksanaan :
Selasa 05 November 2014
·
Deskripsi Masalah :
3.
Masalah
pokok : Sulit menentukan teknik
belajar yang tepat
4.
Masalah
Penyerta : Lama dalam proses menghafal
Refrensi
1. Gantina. Eka dan Karsih. 2011. Teori dan Teknik
Konseling. Jakarta: PT Indeks
2. Latipun.
2006. Psikologi Konseling. Malang: UMM Press
Lampiran
LAPORAN VERBATIM
Klien
|
Kirain ada apa2 mas sampai saya
penasaran
|
|
|
Konselor
|
Masa sih, gk ada apa2 mau ngobrol aja ko
emangnya gk boleh?
|
|
|
Konselor
dan Klien
|
Pernyataan
Konselor dan Klien
|
Tahap
Konseling
|
Teknik
Komunikasi Konseling
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Klien
|
Assalamu’alaikum….
|
|
|
Konselor
|
Waalaikumsalam…..
Wr.Wb.
Silahkan masuk
|
Rapport
|
Acceptance
|
Klien
|
Iya mas
trimakasih, kalo boleh tau ada apa ya mas kok mas manggil saya?
|
|
|
Konselor
|
O,,, gk pa2 ko
tenang aja, duduk2 dulu santai kalo mau teh ya diminum saja itu
|
|
|
Klien
|
Iya boleh lah
mas emang siapa yang ngelarang
|
|
|
Konselor
|
Laiya makanya
saya mau ngobrol sama kamu, oiya kenalan dulu masa ngobrol ko gak tau namanya
sih kan lucu gitu, namanya siapa?
|
Perkenalan
|
Acceptance
|
Klien
|
Nama saya
O.N.N.S.
|
|
|
Konselor
|
Kelas berapa?
|
|
|
Klien
|
XI IPS 3
|
|
|
Konselor
|
Ok, saya Iwa
Rudiansyah saya kuliah di UIN jurusan BKI saya asli Jatim
|
|
|
Klien
|
Jawa Timur ya
mas, kalo saya asli Jogja mas, oiya gimana ini mas kita mau ngobrol apa ini?
|
|
|
Konselor
|
Iya, enaknya
ngobrol masalah apa ya, pacar?...
|
|
|
Klien
|
Wah saya gk punya pacar mas jangan pacar
lh
|
|
|
Konselor
|
Ah masa, berarti boleh dong daftar
heheheh
|
|
|
Klien
|
Beneran mas, saya gk pacaran dulu mas
tar malah ganggu pelajaran
|
|
|
Konselor
|
O gitu ya,, iya lbih baik serius dulu
belajarnya kan tugas kita adalah belajar to
|
|
|
Klien
|
Iya mas
|
|
|
Konselor
|
Em....ngomong2 gimana ni masalah
sekolahnya, lancar terkendali kan?
|
|
Topik netral Lead Umum
|
Klien
|
Alhamdulillah ya seperti biasa mas, tapi
ya saya tu ya mas kalo ada mapel yang berhubungan dengan menghafal tu aku
biasanya sering lupa mas, pas malem hafal tapi ketika di sekolah sudah lupa
lagi mas, kadang2 juga hafalan tu lamaa banget hafalnya kenapa ya mas?
|
|
|
Konselor
|
Em,,, gitu ya, mang mapel apa yang
biasanya paling banyak menghafal?
|
Identifikasi tingkah laku saat ini
|
Lead umum
Restatement dan Lead Khusus
|
Klien
|
Mapel keagamaan
mas
|
|
|
Konselor
|
O,,,, mang
biasanya kalo sebelum dihafal itu dibaca berapa kali dulu?
Terus kalo
belajar bisanya jam berapa?
|
|
|
Klien
|
Ya, saya baca
berkali-kali mas, tapi kadang2 ya hanya beberapa kali sih,,
Saya biasanya belajar
gk tentu mas soalnya saya juga jarang belajar mas kalo ada PR sama hafalan
doang belajarnya
|
|
|
Konselor
|
Tuh kan ketahuan
akhirnya, ok mualai detik ini saat ini juga kamu harus janji akan giat
belajar ya, kamu mau kelas XII lo bentar lagi janji ya..?
Terus mengenai
hafalan sekarang, sebelum dihafalkan itu hendaknya dibaca dulu berulang2 dan
dipahami dulu jangan asal dihafal saja itu akan cepat lupa krna tidak tau
maknanya/intinya
|
|
|
Klien
|
Insya Allah
O,, jadi harus
dipahami dulu ya mas
|
|
|
Konselor
|
Ya emang harus
seperti itu, kan kalo sudah paham, ngerti maksudnya/maknanya kalo lupa kan
bisa cepat inget kembali dan harus dibaca dulu berulan-ulang agar lancar
dalam menghafal
|
|
|
Klien
|
Em,,,,,,,,,,,,
gitu to, terus kalo biar cepat hafal metode yang lain apa lagi mas selain
itu?
|
|
|
Konselor
|
Selain itu tadi
cara untuk mempercepat menghafal ataupun agar pelajaran gampang dierap ketika
sebelum belajar hendaknya mensucikan diri dulu dengan wudlu sebelum belajar
agar apa yang di baca, dilihat, dan didengar gampang diserap/dipahami
|
|
|
Klien
|
Wah bisa dicoba
ini mas, kayaknya enak ini soalnya saya belum pernah mas
|
|
|
Konselor
|
Ya udah nanti
harus segera diprektekkan lo biar tau rasanya manfaatnya gimana, saya dulu
ketika masih dipondok saya seperti itu makanya saya tularkan kebiasaan baik
ini pada kamu, ini salah satu kunci keberhasilan belajar lo...
|
|
|
Klien
|
Ya mas nanti
saya praktekkin dirumah
|
|
|
Konselor
|
Iya, tapi jgan
hanya dirumah saja kalo bisa ketika disekolahan juga dipraktekin
|
|
|
Klien
|
Iya mas makasih
ya mas
|
|
|
Konselor
|
Iya sama2
O,, masih ada
satu lagi mengenai waktu belajar yg efektif itu ketika selesai sholat isyak
setelah itu di ulang lagi setelah sholat subuh pasti apa yg dipelajari
gampang sekali masuk dan susah untuk hilang, ini juga harus di praktekin lo
dicoba dulu bertahap gk pa2 nanti kalo sudah biasa pasti enak baget rasanya
nikmat
|
|
|
Klien
|
Iya mas pasti
itu, makasih banyak lo mas saya baru tau, mungkin ini akan jadi pengetahuan
dan amalan yang baik untuk jadi kebiasaan yang sehat
|
|
|
Konselor
|
Jadi gimana
sekarang apa sudah menangkap apa yang tadi sudah saya sampaikan?
|
|
|
Klien
|
Iya mas sudah,
sudah cukup jelas mas tinggal mempraktekkannya saja
|
|
|
Konselor
|
Wah berarti
sekarang sudah dapat ilmu baru dong, ya udah mudah2an apa yang sudah kita
bicarakan ini bisa bermanfaat bagi kita ya, dan karna waktunya juga sudah
mepet bentar lagi waktunya jamaah jadi kita sudahi dulu ya pertmuan kita kali
ini, kita sambung lagi lain kesempata ok
|
|
|
Klien
|
Ok mas,
makasih ya mas
Assalamualaikum
|
|
|
Konselor
|
Ok sama2
Waalaikum salam
Wr.Wb.
|
|
|
Lampiran
KONSELING INDIVIDU
DENGAN MENGGUNAKAN KONSELING REALITA
Kegiatan konseling ini dilakukan dimana
klien menemui konselor dan menceritakan semua permasalahan yang dialaminya
kemudian konselor membantu klien dalam menganalisis masalah tersebut dan
membantu klien dalam mencari alternatif pemecahan masalahnya.
·
Identitas Diri
:
Nama
Inisial : S.G.
Kelas : XI Bahasa
Tempat dan Tgl Lahir : Riau
Tinggal Bersama : Sodara
Kendaraan : Sepeda motor
Nama Sekolah : MAN Yogyakarta 1
Alamat Sekolah : Jl. C. Simanjuntak No. 60 Yogyakarta 55223
Hobi : Nongkrong
Pelajaran yang di senangi
: Kesenian
Pelajaran yang tidak di senangi : Matematika
Hari
/ Tanggal pelaksanaan : Kamis 06 November
2014
·
Deskripsi Masalah :
5. Masalah pokok : prestasi rendah
6. Masalah Penyerta : malas belajar karena sarana tempat yang
tidak mendukung
·
Tehnik
Konseling
Tehnik konseling yang digunakan adalah konseling reailita dalam
teorinya Glesser, konseling ini bertujuan sebagai proses rasional yang menekankan pada perilaku
sekarang dan saat ini. Artinya, konseli ditekankan untuk melihat perilakunya
yang dapat diamati dari pada motif-motif bawah sadarnya.
·
Kegiatan Selama Konseling
Setelah
klien menemui konselor, maka konselor membantu klien untuk menangani masalah
yang dihadapinya. Untuk itu konselor menggunakan pendekatan Konseling Realita
dengan langkah-langlah sebagai berikut :
6. Penciptaan hubungan baik
Konselor
menyambut klien dengan ramah sebagai awal hubungan yang baik, agar tercipta
kenyamanan dan rasa percaya klien kepada konselor
7. Identifikasi tingkah laku saat ini
Ø Klien masih malas untuk belajar
Ø Klien yang kurang dapat membagi waktu
untuk belajar
Ø Klien sering merasa kesulitan dalam
menghadapi ulangan
8. Evaluasi tingkah laku saat ini
Konselor
mengajak klien untuk meningkatkan belajarnya dengan gaya belajar yang dapat
membuat klien nyaman, kemudian konselor mengajak klien untuk membuat agenda
kegiatan sehari-hari, hal ini berguna bagi klien supaya dia dapat membagi waktu
belajarnya dengan mudah di sela-sela kegiatanya.
9. Pengembangan rencana tindakan
Membantu klien
mengambil langkah-langkah yang ia lakukan.
10.
Komitmen klien untuk melaksanakan
rencananya
Membuat
komitmen mengenai langkah-langkah yang akan diambil supaya dilaksanakan secara
sungguh-sungguh.
Refrensi
1. Gantina. Eka dan
Karsih. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks
2. Latipun.
2006. Psikologi Konseling. Malang: UMM Press
Lampiran
LAPORAN
VERBATIM
Klien
|
Sekarang aja ya mas mumpung pelajaran
lagi kosong
|
|
|
Konselor
|
Iya udah ayo dimana?
|
|
|
Konselor dan
klien
|
Pernyataan
konselor dan klien
|
Tahap konseling
|
Teknik
komunikasi konseling
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Klien
|
Assalamu’alaikum….
|
|
|
Konselor
|
Waalaikumsalam…..
Wr.Wb.
|
Rapport
|
Acceptance
|
Klien
|
Mas saya boleh
ngobrol2 gk mas?
|
|
|
Konselor
|
Ya boleh lah,
kapan?
|
|
|
Klien
|
Kalau di depan
masjid aja gimana mas? hehe..
|
|
|
Konselor
|
Wah boleh juga
tu, ok ayo....
|
|
|
Klien
|
Oke mas
|
|
|
Konselor
|
Adem ya kalo
disini, nah gimana sekarang bisa kita mulai?
|
|
|
Klien
|
Bisa mas, dari
mana dulu ini
|
|
|
Konselor
|
Ok kita mulai
dari perkenalan dulu, biar kita bisa lebih dekat, lebih akrab, hehehe
Dengan siapa
ini?
|
Perkenalan
|
Acceptance
|
Klien
|
Nama saya S.G.
|
|
|
Konselor
|
Gunawan ya,?
nama yang bagus
|
|
|
Klien
|
Hehehe masak sih mas,, saya kelas XII
IPS 1
|
|
|
Konselor
|
Gunawan aslinya dari mana?
|
|
|
Klien
|
Saya asli Riau mas
|
|
|
Konselor
|
Wah jauh banget itu, disini tinggal sama
siapa, orang tuanya apa sama kakeknya, atau sama siapa?
|
|
|
Klien
|
Saya diasrama dengan kakak saya mas
kakak saya disini kuliah
|
|
|
Konselor
|
O,,,gitu, kontrakannya jauh po dari sini?
|
|
|
Klien
|
Iya mas,, asramanya di dekat kampus
UAD, oiya mas dari tadi mas belum
perkenalkan diri...
|
|
|
Konselor
|
Ya sampe lupa deh keasyikan soalnya,
heheh ok perkenalkan nama saya Iwan Rudiansyah saya asli Lamongan Jawa Timur,
sudah pernah dengar Lamongan belum?
Oiya kapan kita bisa mulai ini?
|
|
|
Klien
|
Sudah pernah mas, tapi sayang saya belum
pernah kesana mas, Oiya mas, ok sekarang aja mas siap
|
|
|
Konselor
|
Ok
sekarang kita mulai saja ya, apa ini yang bisa saya bantu?
|
|
|
Klien
|
Gini lo mas,
saya itu males banget sama belajar, gak tau kenapa meskipun saya banyak waktu
luang tapi saya ko maleees banget kalo mau belajar, yang terparah lagi ya mas
prestasi saya semester kemarin tu jelak banget sampe2 hampir paling akhir lah
pokoknya mas, gimana ya mas?
|
|
Topik netral
Lead Umum
|
Konselor
|
Males belajar
ya, sampe2 prestasinya rendah gitu to, kalo boleh tau kenapa ko males
belajar, apa ruangan untuk belajarnya kurang nyaman, gk ada teman atau
gimana?
|
Identifikasi
tingkah laku saat ini
|
Lead umum
Restatement dan
Lead Khusus
|
Klien
|
Iya mas kan saya
tinggal di asramah ya mas, nah itu disana rame bgt mas jadi kalo mau belajar
itu males soalnya rame sama temen2 kakak yang pada nongkrong disana main
gitar ketawa2 pokoknya macem2 lah mas jadi saya tu ngerasa males banget
akhirnya ya saya ikutan mreka nongkrong mas
|
|
|
Konselor
|
Emmmmm,, sperti
itu ya, biasanya kapan aja waktu mereka nongkrong itu?
|
|
|
Klien
|
Pokoknya setiap
hari mas dari saya pulang sekolah tu sampe larut malam mreka masih asyik
nongkrong
|
|
|
Konselor
|
Jadi gitu ya,
mreka setiap hari dan setiap waktu, terus mereka gk ada waktu untuk istirahat
dong
|
|
|
Klien
|
Ya biasanya
subuh mreka biasanya baru pada tidur mas karena mreka kan pada begadang sampe
larut malam to
|
|
|
Konselor
|
Wah berarti kamu
gak belajar sama sekali dong?
Kan katanya
diasrama rame terus jadi kamu terganggu belajarnya terus akhirnya jadi males
belajar
|
|
|
Klien
|
Ya saya tetap
belajar mas meskipun keadaannya seperti itu, tapi ya hanya kalo ada PR saja
mas sama kalau mau ada ulangan
|
|
|
Konselor
|
Ya kalo memang
kenyataannya seperti itu ya mau gimana lagi namanya juga di asrama ya rame
lah, jadi sekarang pinter2nya kamu aja buat memanfaatkan waktu dengan sebaik
mungkin karena gimanapun juga kamu harus selalu belajar, jangan hanya kalo
ada PR dan mau ulangan saja
|
|
|
Klien
|
Iya mas saya
juga pengen seperti itu tapi gimana lagi mas keadaannya kan seperti itu mas
|
|
|
Konselor
|
Aku paham, terus
apa kamu sudah pernah cari solusi untuk masalah ini?
|
|
|
Klien
|
Iya mas, tapi ya
saya masih belum menemukan solusi yang pas terkait hal ini, kalo gini terus
saya akan jelek lagi nilai ulangan besok mas
|
|
|
Konselor
|
O gitu ya, kalo
saya si punya ide yang tepat buat kamu terkait waktu belajar yang tepat
|
|
|
Klien
|
Iya mas gimana?
|
|
|
Konselor
|
Nah tadi kan menurut
pemaparan kamu diatas kan asrama selalu rame to sedangkan pas sepiitu ketikah
subuh to, alangkah baiknya jika waktu subuh itu kamu manfaatkan untuk
belajar, kan enak to caranya kamu harus tidur dulu lebih awal agar nanti
subuh bisa bangun sholat terus setelah sholat kamu belajar dan waktu belajar
setelah subuh itu sangat menyenangkan dan gampang sekali masuk
|
|
|
Klien
|
Jadi gitu ya
mas, tapi biasanya stelah subuh saya tidur lagi mas soalnya masih ngantuk
hehehehe
|
|
|
Konselor
|
Iya tapi ya
jangan tidur lagi dong, kan kamu harus tidur lebih awal jangan begadang biar
tidak ngantuk
|
|
|
Klien
|
Iya mas saya
coba dulu ya mas, saya minta do'anya ya mas biar nanti saya dapat
melakukannya dan mendapat nilai yg memuaskan
|
|
|
Konselor
|
Ya harus dicoba
lo, harus dilatih dan dibiasakan, Iya
pasti itu,
Semangat
ya.........Sukses buat kamu
|
|
|
Lampiran
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN KELOMPOK
-
Judul Materi :
Persiapan UN
-
Bidang Bimbingan :
Bimbingan Belajar
-
Fungsi Layanan :
Pemahaman
-
Komponen Program : Layanan
Dasar
-
Tujuan Layanan : -
Membantu siswa agar semangat dalam belajar
- Membantu
siswa dalam menyusun setrategi dalam menumbuhkan semangat belajar
- Membantu
siswa dalam kesulitan belajar
-
Metode :
Diskusi dan Tanya Jawab
-
Sasaran :
Siswa kelas XII IPA 1, XII IPS 1
-
Penyelenggara : Iwan
Rudiansyah
-
Pihak yang di sertakan : Wali
kelas
-
Hari/Tanggal : Senin,
24 November 2014
-
Tempat :
Serambi Mesjid
-
Alokasi Waktu : 1 x
45
-
Alat dan Bahan : Buku
catatan, Bolpoint dan lembar angket
-
Deskripsi Proses
TAHAP
|
KEGIATAN
|
ESTIMASI
|
Membuka
|
1. Mengucapkan salam dan berdoa
2. Mengkondisikan siswa agar suasana kondusif dan
bisa fokus pada materi yang akan di sampaikan
3. Menyampaikan tujuan yang diharapkan pada
pertemuan ini tentang "Kesulitan menumbuhkan semangat belajar yang
menurun"
|
5
|
Penyampaian
Materi Layanan Bimbingan
|
1. Guru pembimbing menanyakan apakah mengalami
kesulitan dalam meningkatkan semangat belajar
2. Guru pembimbing menjelaskan tentang kesulitan
belajar
3. Guru pembimbing menjelaskan tentang semangat
belajar
4. Guru pembimbing menjelaskan cara menumbuhkan
semangat belajar
|
25
|
Penutup
|
1. Guru pembimbing melakukan follow up kepada siswa
"apa yang dapat kalian pahami tentang materi ini?"
2. Guru pembimbing membuat kesimpulan atas apa yang
disampaikan dari materi tersebut
|
10
|
Rencana Evaluasi :
1.
Evaluasi Proses ( antusias siswa terhadap materi yang disampaikan melalui tanya
jawab)
2.
Evaluasi Hasil ( siswa dapat menyimpulkan materi yang telah disampaikan, dengan
cara guru menunjuk beberapa siswa )
-
Rencana tindak lanjut :
Konseling Individu
-
Referensi : http://motivator-motivasisederhana.blogspot.com
Yogyakarta November 2014
Mengetahui
Guru BK/ Pembimbing
Drs. R. Khamdan Jauhari
NIP : 19650702200501 1 002
|
Konselor
Iwan Rudiansyah
11220049
|
1. Identitas Klien
A.
Siswa 1
Identitas Siswa
Nama Inisial : N.W.M
Kelas : XII IPA 1
Tempat dan Tgl Lahir : Banyuwangi
Tinggal Bersama : Pondok
Kendaraan : Sepeda motor
Nama Sekolah :
MAN
Yogyakarta 1
Alamat Sekolah :
Jl. C. Simanjuntak No. 60 Yogyakarta 55223
Hobi : Santai
Pelajaran yang di senangi : Keagamaan
Pelajaran yang tidak di senangi : Matematika
B.
Siswa 2
Identitas Siswa
Nama Inisial : A.Y
Kelas : XII IPA 1
Tempat dan Tgl Lahir : -
Tinggal Bersama : Orang tua
Kendaraan : Sepeda motor
Nama Sekolah :
MAN
Yogyakarta 1
Alamat Sekolah :
Jl. C. Simanjuntak No. 60 Yogyakarta 55223
Hobi : Menggambar
Pelajaran yang di senangi : Kesenian
Pelajaran yang tidak di senangi : Matematika
C.
Siswa 3
Identitas Siswa
Nama Inisial : I.B
Kelas : XII IPS 1
Tempat dan Tgl Lahir : -
Tinggal Bersama : Orang tua
Kendaraan : Sepeda motor
Nama Sekolah : MAN Yogyakarta 1
Alamat Sekolah :
Jl. C. Simanjuntak No. 60 Yogyakarta 55223
Hobi : Sepeda
Pelajaran yang di senangi : Ekonomi
Akuntansi
Pelajaran yang tidak di senangi : -
D. Siswa 4
Identitas Siswa
Nama Inisial : B.A
Kelas : XII IPS 1
Tempat dan Tgl Lahir : -
Tinggal Bersama : Orang tua
Kendaraan : Sepeda motor
Nama Sekolah :
MAN
Yogyakarta 1
Alamat Sekolah :
Jl. C. Simanjuntak No. 60 Yogyakarta 55223
Hobi : -
Pelajaran yang di senangi : Ekonomi Akuntansi
Pelajaran yang tidak di senangi : -
IDENTIFIKASI MASALAH
Sebanyak 4 siswa memiliki masalah dalam prestasi belajar yaitu
menurunnya prestasi belajar yakni termasuk dalam daftar 5 terbawah, siswa
diambil dari 2 kelas yang berbeda yaitu kelas XII IPA 1 dan XII IPS 1, sebagian
besar turunnya prestasi belajar dikarenakan rasa malas dari diri sendiri dan
faktor lingkungan
NO
|
Nama
|
Kelas
|
Hal
yang akan dilakukan
|
1
|
B.A
|
XII IPA 1
|
Belajar
lebih giat lagi
|
2
|
I.B
|
XII IPA 1
|
Mengatur
jadwal kegiatan
|
3
|
N.W.M
|
XII IPS 1
|
Berusaha
|
4
|
A.Y
|
XII IPS 1
|
Membuat
strategi belajar
|
LAYANAN KONSELING KELOMPOK
BIMBINGAN DAN KONSELING
MAN YOGYAKARTA 1
Rekam konseling kelompok
1. Hari/Tanggal :
24 November 2014
2. Durasi :
65 menit
3. Data Konseli :
a. N.W.M
b. B.A
c. I.B
d. A.Y
4. Kelas :
XII IPA1 & XII IPS 1
5. Bidang Bimbingan :
Pribadi
6. Sifat Topik :
Bebas
7. Topik yang Muncul : Dari
4 peserta
a. Bingung
menentukan pilihan antara organisasi masyarakat atau disekolah
b. Tidak bisa
memanage waktu
c. Tidak bisa
fokus secara penuh pada pelajaran disekolah
d. Merasa tidak
siap ketika disekolah banyak ulangan
8. Topik yang
di bahas : Bingung menentukan pilihan
antara organisasi masyarakat atau disekolah
9. Isi Bahasan :
Siswa merasa bahwah dirinya berat untuk meninggalkan organisasinya dimasyarakat
sedangkan dirinya sudah kelas XII, apalagi waktu UN sudah semakin dekat dan
dirinya juga belum mempersiapkan terkait hal itu itulah yang mengakibatkan
dirinya merasa bingung dengan apa yang harus dia lakukan padahal dia mempunyai
jabatan dalam organisasinya tersebut dan mungkin agak sulit untuk
meninggalkannnya juga karena keterbatasan sumber daya manusianya.
10. Lain-lain :
Semua anggotanya terdiri dari laki-laki dan terjadi begitu akrab saling canda
gurau meskipun di awal terlihat sedikit tegang.
Yogyakarta 24 November 2014
Mengetahui
Guru BK/ Pembimbing
Drs. R. Khamdan Jauhari
NIP : 19650702200501 1 002
|
Konselor
Iwan Rudiansyah
11220049
|
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Sekolah
: MAN
YOGYAKARTA 1
Semester : 1 / Gasal
Tahun : 2014
A.
Tema
Bimbingan : Pemahaman
BK
B.
Bidang Bimbingan : Bimbingan Belajar
C.
Fungsi Layanan : Pemahaman,
Pengembangan.
D.
Komponen Program : Layanan Informasi.
E.
ujuan Layanan :
Memberikan informasi mengenai Pemahaman BK
F.
Metode : Tidak Langsung
G.
Sasaran :
Siswa MAN 1 YOGYAKARTA Kelas X, XI, XII
H.
Tgl
Layanan : 15
November 2014
I.
Bahan dan Media : Poster
J.
Hasil
yang diharapkan : Siswa memahami Pemahaman
fungsi BK
K.
Rencana
Tindak Lanjut : Layanan informasi akan
dilakukan setiap 1x selama ppl berlangsung
Yogyakarta 15 November 2014
Mengetahui
Guru BK/ Pembimbing
Drs. R. Khamdan Jauhari
NIP : 19650702200501 1 002
|
Konselor
Iwan Rudiansyah
11220049
|