Blog Al Imam

  • Home
  • Kumpulan Makalah
  • 404
Home » KUMPULAN LAPORAN PPL » contoh laporan ppl

contoh laporan ppl



PENGESAHAN
Bissmillahirahmanirrahim,
Setelah diadakan pengarahan,  koreksi dan perbaikan seperlunya atas
Laporan PPL BKI  Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Tahun 2014/2015 dari Mahasiswa :

Nama                   : Maftu’ah
NIM                     : 11220043
Lokasi                  : MAN  Yogyakarta 1

Maka laporan ini telah memenuhi syarat sesuai dengan pelaksanaan tugas mahasiswa yang bersangkutan, sehingga dapat diajukan sebagai tugas PPL BKI.
Demikian pengesahan ini dibuat untuk dapat
dipergunakan sebagaimana mestinya.
Yogyakarta, Desember 2014



    

              Guru BK/ Pendamping Lapangan





Isni Lestari, S.Pd
NIP.195508181981031009


Mengetahui,

Dosen Pembimbing Lapangan





Irsyadunnas, M.Ag
NIP.197104131998031006




KATA PENGANTAR
Puji syukur Alhamdulillah, kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan kepada kita sehingga kita masih mempunyai kesempatan untuk menyelesaikan penyusunan rencana program kerja Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan Bimbingan dan Konseling Islam tahun 2014/2015. Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang selalu memberi inspirasi bagi kami untuk tetap peduli kepada sesama.
Alhamdulillah, penyusunan rencana program kerja ini dapat terselesaikan dengan baik atas dukungan dan bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu, dengan segala partisipasinya kami mengucapkan terima kasih kepada :
1.      Bapak Dr. H. Waryono, M.Ag selaku Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta  
2.      Bapak Muhsin Kalida, M. Selaku ketua jurusan Bimbingan Konseling Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta  
3.      Bapak Irsyadunnas M,Ag selaku Dosen Pembimbing PPL
4.      Bapak Drs. H. Imam Suja’i Fadly, MPdI selaku Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta.
5.      Ibu Dra. Musta’inatun, MA selaku koordinator umum MAN 1 Yogyakarta
6.      Bapak Drs. R. Khamdan Jauhary dan Ibu Isni Lestari, S.Pd selaku guru Bimbingan dan Konseling kelas X dan XII sekaligus sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (Guru Pembimbing Lapangan)
7.      Segenap guru-guru, staf TU, dan siswa siswi MAN 1 Yogyakarta
8.      Teman-teman seribu satu kisah yang telah kita lalui bersama, spesial thanks to Amel, Nisa, Iwan, dan Nuryo, Nice to meet you all....!
9.      Berbagai pihak yang telah membantu proses magang/praktikum dan penulisan laporan yang tidak bisa penyusun sebutkan satu-persatu
Penyusun menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu penyusun sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun untuk perbaikan pada masa yang akan datang. Harapan penyusun semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang membutuhkan.

                                                Yogyakarta, 23 Desember 2014
                                                                         Penyusun,

                                                                        Maftu’ah
                                                                        11220043










BAB 1
PENDAHULUAN

A.    Identitas Lembaga/Sekolah
Nama Sekolah                         : Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta
Alamat Sekolah                       : Jl. C. Simanjuntak No. 60 Yogyakarta 55223
Telepon/Hp/Fax                      : (0274)-513327 Fax (0274) 513327
Status Sekolah                         :  Negeri
Nilai Akreditasi Sekolah         :  Terakreditasi A
B.     Profil Lembaga/Sekolah
1.      Sejarah Singkat MAN 1 Yogyakarta
Perjalanan MAN Yogyakarta I dimulai pada tahun 1950 ketika Departemen Agama mendirikan tiga sekolah SGAI (Sekolah Guru Agama Islam) putra dan putri serta SGHA (Sekolah Guru Hakim Agama) secara de facto. SGHA inilah yang dalam perjalannya merupakan titik awal MAN Yogyakarta I. Pendirian tiga sekolah di lingkungan Departemen Agama ini secara de jure dengan Surat Penetapan Menteri Agama No. 7 Tanggal 5 Februari 1951.
  Usia SGHA hanya berlangsung tiga tahun, pada tahun 1954 SGHA oleh Departemen Agama dialihfungsikan menjadi PHIN (Pendidikan Hakim Islam Negeri). Perubahan fungsi ini ditujukan guna menyiapkan dan membentuk hakim-hakim yang saat masa tersebut kebutuhannya sangat besar. Berubahnya PHIN menjadi MAN Yogyakarta I yang secara kejenjangan merupakan sekolah setingkat dengan SMA (Sekolah Menegah Atas). MAN sebagai sekolah yang sederajat dengan SMA secara kelembagaan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan memberikan Surat Keputusan Nomor : 0489/U/1999 yang menyatakan bahwa MAN merupakan SMU berciri Agama Islam. Dengan dikeluarkannya SK Mendibud RI memberikan bukti nyata bahwa MAN Yogyakarta I dalam pembelajarannya menerapkan ketentuan dan ketetapan yang dijalankan oleh SMA pada umumnya dengan ciri khususnya Pendidikan Agama Islam mendapatkan preoritas yang lebih banyak dibanding dengan kurikulum yang diterapkan di lingkungan SMA.
Seiring dengan perjalanan waktu dan berbagai perubahan kurikulum nasional untuk tingkat pendidikan menengah (SMA), MAN Yogyakarta I tetap mampu menunjukkan jati dirinya sebagai sekolah Agama Islam setingkat SMA yang dikelola Departemen Agama. Di tengah-tengah persaingan yang kompetetif dengan SMA, MAN Yogyakarta I merupakan idola terhadap dunia pendidikan Islam, dengan siswa peserta didik kurang lebih 30 % berasal dari luar D.I. Yogyakarta terutama yang berbasis pesantren dan lingkungan Agama Islamnya berakar kuat seperti Demak, Kudus, Pantura dll. Lulusan MAN Yogyakarta I telah banyak yang berhasil melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan PTS (perguruan Tinggi Swasta) di dalam negeri ataupun di luar negeri seperti di Al Azhar (Mesir) dan Pakistan, Kuwait, dan lainnya.
Sejarah singkat gambaran sejarahnya adalah sebagai berikut :
1.        SGHA (Sekolah Guru Hakim Agama)
Tahun 1950/1951-1954
2.        PHIN (Pendidikan Hakim Islam Negeri)
Tahun 1954-1978
3.        MAN 1 (Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta 1)
Tahun 1978-sekarang
Lokasi gedung MAN Yogyakarta 1 ini terletak di wilayah kodya Yogyakarta bagian utara yang berdekatan dengan perbatasan wilayah kabupaten Sleman dengan memiliki luas tanah kurang lebih 2 hektar. Secara geografis letak MAN Yogyakarta 1 dapat digambarkan sebagai berikut :
1.             Sebelah utara dibatasi oleh jalan Prof. Dr. Sardjito
2.             Sebelah timur dibatasi oleh jalan. C. Simanjuntak
3.             Sebelah barat dibatasi dengan gedung Fisipol UGM
4.             Sebelah selatan dibatasi oleh gang kampong Terban
2.      Visi dan Misi Sekolah
a.       Visi Sekolah
Visi dari MAN Yogyakarta 1 adalah sebagai berikut :
ULIL ALBAB
UL       = Unggul
IL        = Ilmiah
Al        = Amaliyah
BA       = Ibadah
B          = Bertanggung jawab
                                    Dengan penjelasan bahwa MAN Yogyakarta 1 berusaha mencetak siswanya dengan keunggulan ilmu pengetahuan dan agama islam, keilmiahan pola pikir, dan mewujudkan amal ibadah serta dapat mempertanggung jawabkan seluruh aspek kegiatannya.
b.      Misi
1)        Menumbuhkan dan meningkatkan keimana, ketakwaan, dan ibadah serta akhlakul karimah sehingga menjadi pedoman hidup
2)        Menumbuhkembangkan nilai sosial dan budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak
3)        Melaksanakan proses pendidikan dan pengajaran secara efektif dan efisien agar siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki
4)        Meningkatkan pembelajaran terhadap siswa melalui pendidikan yang berkarakter unggul, berbudaya, aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan
5)        Menumbuhkan semangat juang menjadi yang terbaik kepada siswa dalam bidang akademik dan non akademik
6)        Mempersiapkan dan memfasilitasi siswa untuk studi lanjut ke perguruan tinggi
7)        Menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam kehidupan di masyarakat dan pelestarian lingkungan
c.       Struktur Organisasi Bimbingan dan Konseling MAN Yogyakarta 1
Bimbingan dan Konseling di MAN Yogyakarta 1 tahun 1978, hal ini di latar belakangi karena banyaknya permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh siswa. Adanya bimbingan konseling di MAN Yogyakarta 1 bertujuan untuk membantu perkembangan siswa secara optimal. Selain itu, adanya layananan bimbingan dan konseling bertujuan untuk membantu siswa agar dapat mencapai tujuan-tujuan perkembangan yang meliputi aspek pribadi-sosial, pendidikam dan karir.
Dalam pelaksanaannya, bimbingan dan konselingyang ada di MAN Yogyakarta 1 memiliki system pengorganisasian kegiatan. Sistem pengorganisasian kegiatan ini merupakan bentuk kegiatan yang mengatur cara  kerja, prosedur kerja dan pola atau mekanisme kerja kegiatan bimbingan dan konseling. Bimbingan dan konseling tidak akan terlaksana dengan baik tanpa adanya pengorganisasian yang baik. Pengorganisasian  yang baik dalam pengaturan kegiatan bimbingan dan konseling ditandai oleh adanya dasar dan tujan organisasi, personil dan perencanaan yang matang.
Organisasi pelayanan bimbingan dan konseling di MAN Yogyakarta 1 meliputi segenap unsur yang dapat digambarkan dalam organigram berikut:
Tabel I
struktur organigram bimbingan dan konseling MAN Yogyakarta 1
No.
Nama
Pendidikan
Jabatan
1.
Isni Lestari, S.Pd Drs.
S1
Guru BK kelas X
2.
H.Mulyadi, S.Pd. MA.
S1
Guru BK kelas XI
3.
Khamdan Jauhary
S1
Koordinator dan Guru BK kelas XII
4.
Moh. Afif Jerusalem, S.Pd
S1
Administator BK

3. Sarana dan Prasarana Bimbingan dan Konseling
Ruang BK merupakan salah satu sarana penting yang turut mempengaruhi keberhasilan pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah. Secara geografis lokasi ruang BK MAN Yogyakarta 1 menempati ruangan sebelah barat, dan sebelah utara asrama putra. Sedangkan ditinjau dari keadaan ruangan BK dan segi luas ruangan sudah cukup memenuhi standar ideal, diantaranya
No
Nama Sarana dan Prasarana
Jumlah
Keterangan
1
Ruang Guru BK
1
Baik
2
Ruang Bimbingan Konseling
1
Baik
3
Bagan Mekanisme Bimbingan dan Konseling
1
Baik
4
Bagan Program Kegiatan Layanan BK
1
Baik
5
Bagan Bank Data Siswa MAN Yogyakarta 1
1
Baik
6
Bagan Struktur Organigram BK MAN Yogyakarta 1
1
Baik
7
Majalah Dinding
1
Baik
8
Kotak Surat
1
Baik
9
Meja Guru
4
Meja Guru
10
Lemari
5
Lemari
11
TV
1
TV
12
Kipas Angin
3
Kipas Angin
13
Rak Buku
1
Rak Buku
14
Meja Konseling
1
Meja Guru
15
Kursi guru 4
3
Lemari
16
Kursi Tamu
12

           
c. Administrasi Bimbingan dan Konseling MTs N Yogyakarta 1
a) Administrasi BK Perkelas
Administrasi BK Perkelas dilaksanakan untuk mengetahui kondisi keberadaan siswanya, dimana administrasi ini terdiri dari buku pemanduan kehadiran siswa, grafik ketidakhadiran siswa, catatan wali kelas, tabel sosiometri dan sosiogram siswa.


b) Administrasi BK persiswa
Administrasi BK persiswa digunakan untuk mengetahui kondisi siswa secara individu, yakni terdiri dari buku pribadi siswa dan data hasil Identifikasi Kebutuhan dan Masalah Siswa (IKMS), sosiometri.
c) Pola BK 17 Plus
Dalam pelayanan terdapat beberapa bimbingan dan layanan  yang bersifat pokokmaupun pendukung, sehingga berfungsi lebih efektif dan efesien. diantaranya:
1.      Bimbingan
2.      Bimbingan Belajar
3.      Bimbingan Sosial
4.      Bimbingan Karis
5.      Bimbingan Kehidupan Berkeluarga
6.      bimbingan Kehidupan Keberagaman
7.      Lanayan Orientasi
8.      Layanan Informasi
9.      Layanan Penempatan/Penyaluran
10.  Layanan Konseling Perorangan
11.  Layanan Konseling Kelompok
12.  Layanan Bimbingan Kelompok
13.  Layanan Penguasaan Konten
14.  Layanan Mediasi
15.  Layanan Rumah
16.  Konferensi Kasus
17.  Tampilan Kepustakaan
d)      Jadwal Program BK
Program BK terdiri dari program tahunan, program bulanan, program mingguan, dan program harian, yang masing-masing sudah tersusun dengan rapih.
f) Rekap daftar inventaris ruangan
Rekap daftar inventaris merupakan catatan dari kelengkapan yang ada di dalam bimbingan dan konseling, agar nantinya bisa terlihat barang yang masih ada dan yang hilang.
g) Buku Administrasi BK
 BK di sekolah ini terdiri dari bimbingan pribadi, sosial, belajar, karir, keluarga, keberagaman, home visit dan catatan anekdot.
h) Daftar piket BK
Jadwal piket ini sebagai konsekuensi kedisiplinan BK yang dalam satu minggu guru BK hadir penuh dan dalam satu harinya minimal 5 jam berada di sekolah.
i) Evaluasi BK
Catatan keberhasilan BK dibuat dalam rangka untuk mengetahui keprofesionalan guru BK dalam mendampingi siswanya, baik itu mendampingi siswa bermasalah atau siswa yang berprestasi dalam belajarnya. Sehingga dapat mengetahui kekurangan dari setiap programnya dan untuk menjadi lebih baik dalam pelaksanaan program selanjutnya.



BAB II
PROGRAM KERJA

A.     Rencana Program Kerja

1.      Kelompok

Adapun beberapa rencana program kerja kelompok yang akan di laksanakan PPL UIN BKI di MAN Negeri Yogyakarta 1 yang telah disepakati bersama antara anggota praktikan, guru BK dan Sekolah diantaranya:

NO
RENCANA PROGRAM KERJA
RENCANA PELAKSANAAN
SASARAN PROGRAM
KETERANGAN
1
Mind Map
1 x selama PPL
(oktober)
Ruang BK MAN 1 Yogyakarta
-          Mind map proses belajar
-          Mind map konseling
2
Pembuatan Struktur Organigram Laboraturium Agama
1x selama PPL
Kantor BK MAN 1 Yogyakarta
-          kontribusi
3
Carier Day
1x selama PPL (desember)
-          Siswa kelas XI dan XII
-          Wali siswa kelas XII
-          Guru BK
-          Program tahunan sekolah sebagai Layanan Bimbingan karir
4
Sosialisasi BKI
1x selama PPL (desember)
Siswa kelas XI dan XII
Pembagian stiker
5
Pembuatan FB MAN 1 Yogyakarta
1xselama PPL
(november)
Siswa MAN 1 Yogyakarta
Media layanan BK

2.      Rencana Program Kerja Individu

No
Kegiatan
Target
Bidang Layanan
Waktu Pelaksanaan
1
Bimbingan Kelompok
Kelas X1 IPA 2, XII IPA 3, XI IPS 1
-          Layanan Orientasi
-          Layanan Informasi
-          Layanan Penguasan Konten
-          1 X Selama 2 Minggu  (satu kelas)
2
Konseling Kelompok
Kelas XI IPA 2, XI IPA 3, XI IPS 1
-          Layanan Informasi
-          Layanan Penguatan
-          Layanan Konsultasi
-          1 X Selama 2 Minggu
(satu kelas)

3
Konseling Individual
Kelas XI IPA 2, XI IPA 3, XI IPS 1
-          Layanan konseling perorangan
-          Layanan Informasi
-          Layanan Penguatan
-          Layanan Konsultasi
-          2 X Selama 1 Minggu
4
Bimbingan Klasikal
Kelas XII (incidental)
-          Layanan Orientasi
-          Layanan Informasi
-          1 x Selama PPL
5
Home Visit
Incidental
Incidental
Insidental

B.     Pelaksanaan Program Kerja

1.      Pelaksanaan Program Kerja Kelompok

NO
RENCANA PROGRAM KERJA
RENCANA PELAKSANAAN
SASARAN PROGRAM
KETERANGAN
1
Mind Map
1 x selama PPL
(Oktober)
Ruang BK MAN 1 Yogyakarta
-          Mind map proses belajar
-          Mind map konseling
2
Pendataan buku pribadi kelas X
1x selama PPL
Kantor BK MAN 1 Yogyakarta
-          administrasi BK
3
Administrasi ISO
1xselama PPL
Kantor BK MAN 1 Yogyakarta
-          administrasi BK
4
Pengawas UTS



5
Relawan Perpustkaan
1x selama PPL (Desember)
Perpustakaan MAN Yogyakarta 1
-          persiapan UTS
6
Pembuatan Email dan Facebook MAN 1 Yogyakarta
1xselama PPL
(November)
Siswa MAN 1 Yogyakarta
Media layanan BK
7
Pengawas UAS
(November)


8
Carier Day
1x selama PPL (Desember)
-          Siswa kelas XII
-          Wali siswa kelas XII
-          Guru BK + siswa undangan
-          expo PT
Layanan Bimbingan karir

2.      Pelaksanaan Program Kerja Individu
No
Kegiatan
Pelaksanaan
Bidang Layanan
Waktu Pelaksanaan
1
Bimbingan Kelompok
Kelas XII Bahasa, XII IPS3, XII IPA 2
-          Layanan Orientasi
-          Layanan Informasi
-          Layanan Penguasan Konten
-          1 X Selama ppl
2
Konseling Kelompok
Kelas XI IPA 2, XI IPA 3, XI IPS 1
-          Layanan Informasi
-          Layanan Penguatan
-          Layanan Konsultasi
-          1 X Selama ppl
3
Konseling Individual
Kelas XI IPA 2, XI IPA 3, XI IPS 1, XII IPS 3
-          Layanan konseling perorangan
-          Layanan Informasi
-          Layanan Penguatan
-          Layanan Konsultasi
-          2 X Selama 1 Minggu
4
Bimbingan Klasikal
Kelas XII (incidental)
-          Layanan Orientasi
-          Layanan Informasi
-          1 x Selama PPL
5
Home Visit
Incidental
Incidental
Insidental

C.    Analisis hasil pelaksanaan dan refleksi
1.      Program Kerja Kelompok
@terlampir
2.      Program Kerja Individual
a)      Bimbingan Kelompok
                Bimbingan kelompok ditujukkan pada siswa kelas XII sebanyak 6 siswa dari 2 siswa kelas XII Bahasa  (Putra-putri), 2 siswa kelas XII IPS 3 (putra-putri) dan 2 siwa kela XII IPA 2 (putra-putri), siswa tersebut yang termasuk peringkat 5 terbawah, hasil di peroleh dari hasil UTS. Adanya bimbingan kelompok berfungsi sebagai bentuk bimbingan belajar dalam prestasi sekolah yang bersifat preventif, sehingga dapat membantu dalam kesulitan belajar dan memotivasi dalam belajar. 
b)      Bimbingan Klasikal
                Bimbingan klasikal merupakan salah satu program bimbingan yang sudah terjadwal diberikan kepada seluruh kelas XII. adapun bimbingan klasikal yang sudah praktikan laksanakan yakni pada kelas XII IPA 1 dengan tema Motivasi Belajar.
c)      Konseling Individual
                Konseling indivual adalah layanan dalam bimbingan dan konseling yang bersifat kuratif atau pengentasan masalah berbagai problem yang berbeda-beda dialami oleh klien, pelaksanaan konseling dilakukan secara face to face, sedangkan tempat di sesuiakn dengan keinginan klien. Adapun jumlah klien yang sudah di tangani sebanyak 5 orang.
d)      Media BKI
                Media BKI adalah bentuk layanan informasi secara tidak langsung yang di publikasikan melalui media cetak di majalah dinding BK MAN Yogyakarta 1 dengan tema MENGATUR KEUANGAN di tujukkan kepada semua siswa terutama kelas XII.


BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Terlaksananya kegiatan PPL BKI UIN Sunan Kalijaga tahun 2014/2015 di MAN Yogyakarta 1 merupakan salah satu tugas mata kuliah BKI sebagai dasar pelatihan kinerja Bimbingan dan Konseling Islam dalam bidang pendidikan, diharapkan kinerja sangat bermanfaat bagi sekolah begitupun praktikan sangat mendapatkan ilmu banyak yang di dapatkan sehingga sebagai bekal untuk mengingkatkan kinerja. Khususnya praktikan pengucapkan terima kasih dalam pembimbingan kinerja yang masih banyak kesalahan dan kekurangan.
B.     Saran
Melihat dan memahami apa yang terjadi dilapangan sangatlah berkesan karena banyak pengalaman yang bisa praktikan dapatkan, harapan praktikan BK MAN Yogyakarta I terus berkembang dengan baik, masih perlu adanya sosialisasi tentang fungsi dan tugas keBK-an sehingga baik siswa maupun guru dapat kinerja BK secara positif dan merasakan hasil dan manfaatnya sekaligus dapat menjalin hubungan kerja yang baik dan efektif satu sama lain. Selain itu guru BK tetaplah menjadi pendengar, pembimbing yang bersahabat karena anak-anak akan merasakan kenyamanan dalam konseling.



contoh laporan ppl , Pada: 00:11



Share to

Facebook Google+ Twitter

Related with contoh laporan ppl :

Tags: #KUMPULAN LAPORAN PPL Posted by Anonymous at 00:11

0 comments :

Post a Comment

« Next Prev »
  • Beranda

Labels

  • KUMPULAN LAPORAN PPL
  • Kumpulan Makalah
  • kumpulan proposal
  • Kumpulan Proposal Skripsi
Copyright © 2016 Blog Al Imam All Rights Reserved | Sonic SEO Template