PENGESAHAN
Bissmillahirahmanirrahim,
Setelah
diadakan pengarahan, koreksi dan
perbaikan seperlunya atas
Laporan PPL
BKI Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Tahun 2014/2015
dari Mahasiswa :
Nama :
Maftu’ah
NIM :
11220043
Lokasi :
MAN Yogyakarta 1
Maka laporan ini telah memenuhi
syarat sesuai dengan pelaksanaan tugas mahasiswa yang bersangkutan, sehingga
dapat diajukan sebagai tugas PPL BKI.
Demikian
pengesahan ini dibuat untuk dapat
dipergunakan
sebagaimana mestinya.
Yogyakarta,
Desember 2014
Guru BK/ Pendamping Lapangan
Isni
Lestari, S.Pd
NIP.195508181981031009
|
Mengetahui,
Dosen
Pembimbing Lapangan
Irsyadunnas,
M.Ag
NIP.197104131998031006
|
KATA PENGANTAR
Puji syukur
Alhamdulillah, kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan
kesehatan kepada kita sehingga kita masih mempunyai kesempatan untuk
menyelesaikan penyusunan rencana program kerja Pelaksanaan Praktik Pengalaman
Lapangan Bimbingan dan Konseling Islam tahun 2014/2015. Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada
Nabi Muhammad SAW yang selalu memberi inspirasi bagi kami untuk tetap peduli
kepada sesama.
Alhamdulillah, penyusunan rencana
program kerja ini dapat terselesaikan dengan baik atas dukungan dan bantuan
dari berbagai pihak. Untuk itu, dengan segala partisipasinya kami mengucapkan
terima kasih kepada :
1. Bapak Dr. H. Waryono, M.Ag selaku Dekan Fakultas Dakwah
dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
2. Bapak Muhsin
Kalida, M. Selaku ketua jurusan Bimbingan Konseling Islam Universitas Islam
Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
3. Bapak Irsyadunnas M,Ag selaku Dosen Pembimbing PPL
4. Bapak Drs. H. Imam Suja’i Fadly,
MPdI selaku Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta.
5. Ibu Dra. Musta’inatun, MA selaku
koordinator umum MAN 1 Yogyakarta
6. Bapak Drs. R. Khamdan Jauhary dan Ibu Isni Lestari, S.Pd selaku guru Bimbingan dan Konseling kelas X dan
XII sekaligus sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (Guru Pembimbing Lapangan)
7. Segenap
guru-guru, staf TU, dan siswa siswi MAN 1 Yogyakarta
8. Teman-teman
seribu satu kisah yang telah kita lalui bersama, spesial thanks to Amel, Nisa, Iwan, dan
Nuryo, Nice to meet you all....!
9. Berbagai pihak
yang telah membantu proses magang/praktikum dan penulisan laporan yang tidak
bisa penyusun sebutkan satu-persatu
Penyusun menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari
sempurna. Oleh karena itu penyusun sangat mengharapkan kritik dan saran yang
membangun untuk perbaikan pada masa yang akan datang. Harapan penyusun semoga
laporan ini dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang membutuhkan.
Yogyakarta,
23 Desember 2014
Penyusun,
Maftu’ah
11220043
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Identitas
Lembaga/Sekolah
Nama Sekolah :
Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta
Alamat Sekolah :
Jl. C. Simanjuntak No. 60 Yogyakarta 55223
Telepon/Hp/Fax :
(0274)-513327 Fax (0274) 513327
Status Sekolah : Negeri
Nilai Akreditasi Sekolah :
Terakreditasi A
B.
Profil
Lembaga/Sekolah
1.
Sejarah Singkat
MAN 1 Yogyakarta
Perjalanan MAN Yogyakarta I dimulai
pada tahun 1950 ketika Departemen Agama mendirikan tiga sekolah SGAI (Sekolah
Guru Agama Islam) putra dan putri serta SGHA (Sekolah Guru Hakim Agama) secara
de facto. SGHA inilah yang dalam perjalannya merupakan titik awal MAN
Yogyakarta I. Pendirian tiga sekolah di lingkungan Departemen Agama ini secara
de jure dengan Surat Penetapan Menteri Agama No. 7 Tanggal 5 Februari 1951.
Usia SGHA
hanya berlangsung tiga tahun, pada tahun 1954 SGHA oleh Departemen Agama dialihfungsikan
menjadi PHIN (Pendidikan Hakim Islam Negeri). Perubahan fungsi ini ditujukan
guna menyiapkan dan membentuk hakim-hakim yang saat masa tersebut kebutuhannya
sangat besar. Berubahnya PHIN menjadi MAN Yogyakarta I yang secara kejenjangan
merupakan sekolah setingkat dengan SMA (Sekolah Menegah Atas). MAN sebagai
sekolah yang sederajat dengan SMA secara kelembagaan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan memberikan Surat Keputusan Nomor : 0489/U/1999 yang menyatakan bahwa
MAN merupakan SMU berciri Agama Islam. Dengan dikeluarkannya SK Mendibud RI
memberikan bukti nyata bahwa MAN Yogyakarta I dalam pembelajarannya menerapkan
ketentuan dan ketetapan yang dijalankan oleh SMA pada umumnya dengan ciri
khususnya Pendidikan Agama Islam mendapatkan preoritas yang lebih banyak
dibanding dengan kurikulum yang diterapkan di lingkungan SMA.
Seiring dengan perjalanan waktu dan
berbagai perubahan kurikulum nasional untuk tingkat pendidikan menengah (SMA),
MAN Yogyakarta I tetap mampu menunjukkan jati dirinya sebagai sekolah Agama
Islam setingkat SMA yang dikelola Departemen Agama. Di tengah-tengah persaingan
yang kompetetif dengan SMA, MAN Yogyakarta I merupakan idola terhadap dunia
pendidikan Islam, dengan siswa peserta didik kurang lebih 30 % berasal dari
luar D.I. Yogyakarta terutama yang berbasis pesantren dan lingkungan Agama
Islamnya berakar kuat seperti Demak, Kudus, Pantura dll. Lulusan MAN Yogyakarta
I telah banyak yang berhasil melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi
baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan PTS (perguruan Tinggi Swasta) di dalam
negeri ataupun di luar negeri seperti di Al Azhar (Mesir) dan Pakistan, Kuwait,
dan lainnya.
Sejarah singkat gambaran sejarahnya adalah sebagai berikut :
1.
SGHA (Sekolah Guru Hakim Agama)
Tahun 1950/1951-1954
2.
PHIN (Pendidikan Hakim Islam Negeri)
Tahun 1954-1978
3.
MAN 1 (Madrasah Aliyah Negeri
Yogyakarta 1)
Tahun 1978-sekarang
Lokasi gedung MAN Yogyakarta 1 ini
terletak di wilayah kodya Yogyakarta bagian utara yang berdekatan dengan
perbatasan wilayah kabupaten Sleman dengan memiliki luas tanah kurang lebih 2
hektar. Secara geografis letak MAN Yogyakarta 1 dapat digambarkan sebagai
berikut :
1.
Sebelah utara dibatasi oleh jalan
Prof. Dr. Sardjito
2.
Sebelah timur dibatasi oleh jalan.
C. Simanjuntak
3.
Sebelah barat dibatasi dengan gedung
Fisipol UGM
4.
Sebelah selatan dibatasi oleh gang
kampong Terban
2. Visi dan Misi Sekolah
a. Visi
Sekolah
Visi dari MAN Yogyakarta 1 adalah sebagai berikut :
ULIL ALBAB
UL = Unggul
IL = Ilmiah
Al = Amaliyah
BA = Ibadah
B =
Bertanggung jawab
Dengan
penjelasan bahwa MAN Yogyakarta 1 berusaha mencetak siswanya dengan keunggulan
ilmu pengetahuan dan agama islam, keilmiahan pola pikir, dan mewujudkan amal
ibadah serta dapat mempertanggung jawabkan seluruh aspek kegiatannya.
b.
Misi
1)
Menumbuhkan dan meningkatkan
keimana, ketakwaan, dan ibadah serta akhlakul karimah sehingga menjadi pedoman
hidup
2)
Menumbuhkembangkan nilai sosial dan
budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak
3)
Melaksanakan proses pendidikan dan
pengajaran secara efektif dan efisien agar siswa dapat berkembang secara
optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki
4)
Meningkatkan pembelajaran terhadap
siswa melalui pendidikan yang berkarakter unggul, berbudaya, aktif, inovatif,
kreatif, dan menyenangkan
5)
Menumbuhkan semangat juang menjadi
yang terbaik kepada siswa dalam bidang akademik dan non akademik
6)
Mempersiapkan dan memfasilitasi
siswa untuk studi lanjut ke perguruan tinggi
7)
Menumbuhkan rasa tanggung jawab
dalam kehidupan di masyarakat dan pelestarian lingkungan
c. Struktur
Organisasi Bimbingan dan Konseling MAN Yogyakarta 1
Bimbingan dan Konseling di MAN
Yogyakarta 1 tahun 1978, hal ini di latar belakangi karena banyaknya
permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh siswa. Adanya bimbingan konseling
di MAN Yogyakarta 1 bertujuan untuk membantu perkembangan siswa secara optimal.
Selain itu, adanya layananan bimbingan dan konseling bertujuan untuk membantu
siswa agar dapat mencapai tujuan-tujuan perkembangan yang meliputi aspek
pribadi-sosial, pendidikam dan karir.
Dalam pelaksanaannya, bimbingan dan
konselingyang ada di MAN Yogyakarta 1 memiliki system pengorganisasian
kegiatan. Sistem pengorganisasian kegiatan ini merupakan bentuk kegiatan yang
mengatur cara kerja, prosedur kerja dan
pola atau mekanisme kerja kegiatan bimbingan dan konseling. Bimbingan dan
konseling tidak akan terlaksana dengan baik tanpa adanya pengorganisasian yang
baik. Pengorganisasian yang baik dalam
pengaturan kegiatan bimbingan dan konseling ditandai oleh adanya dasar dan
tujan organisasi, personil dan perencanaan yang matang.
Organisasi pelayanan bimbingan dan
konseling di MAN Yogyakarta 1 meliputi segenap unsur yang dapat digambarkan
dalam organigram berikut:
Tabel I
struktur organigram bimbingan dan
konseling MAN Yogyakarta 1
No.
|
Nama
|
Pendidikan
|
Jabatan
|
1.
|
Isni Lestari, S.Pd Drs.
|
S1
|
Guru BK kelas X
|
2.
|
H.Mulyadi, S.Pd. MA.
|
S1
|
Guru BK kelas XI
|
3.
|
Khamdan Jauhary
|
S1
|
Koordinator dan
Guru BK kelas XII
|
4.
|
Moh. Afif Jerusalem, S.Pd
|
S1
|
Administator BK
|
3. Sarana dan Prasarana Bimbingan dan
Konseling
Ruang BK merupakan salah satu sarana
penting yang turut mempengaruhi keberhasilan pelayanan bimbingan dan konseling
di sekolah. Secara geografis lokasi ruang BK MAN Yogyakarta 1 menempati ruangan
sebelah barat, dan sebelah utara asrama putra. Sedangkan ditinjau dari keadaan
ruangan BK dan segi luas ruangan sudah cukup memenuhi standar ideal,
diantaranya
No
|
Nama Sarana dan
Prasarana
|
Jumlah
|
Keterangan
|
1
|
Ruang
Guru BK
|
1
|
Baik
|
2
|
Ruang
Bimbingan Konseling
|
1
|
Baik
|
3
|
Bagan
Mekanisme Bimbingan dan Konseling
|
1
|
Baik
|
4
|
Bagan
Program Kegiatan Layanan BK
|
1
|
Baik
|
5
|
Bagan
Bank Data Siswa MAN Yogyakarta 1
|
1
|
Baik
|
6
|
Bagan
Struktur Organigram BK MAN Yogyakarta 1
|
1
|
Baik
|
7
|
Majalah
Dinding
|
1
|
Baik
|
8
|
Kotak
Surat
|
1
|
Baik
|
9
|
Meja Guru
|
4
|
Meja
Guru
|
10
|
Lemari
|
5
|
Lemari
|
11
|
TV
|
1
|
TV
|
12
|
Kipas Angin
|
3
|
Kipas
Angin
|
13
|
Rak Buku
|
1
|
Rak
Buku
|
14
|
Meja Konseling
|
1
|
Meja
Guru
|
15
|
Kursi guru 4
|
3
|
Lemari
|
16
|
Kursi
Tamu
|
12
|
|
c.
Administrasi Bimbingan dan Konseling MTs N Yogyakarta 1
a) Administrasi BK Perkelas
Administrasi
BK Perkelas dilaksanakan untuk mengetahui kondisi keberadaan siswanya, dimana
administrasi ini terdiri dari buku pemanduan kehadiran siswa, grafik
ketidakhadiran siswa, catatan wali kelas, tabel sosiometri dan sosiogram siswa.
b)
Administrasi BK persiswa
Administrasi BK persiswa digunakan untuk
mengetahui kondisi siswa secara individu, yakni terdiri dari buku pribadi siswa
dan data hasil Identifikasi Kebutuhan dan Masalah Siswa (IKMS), sosiometri.
c) Pola BK
17 Plus
Dalam pelayanan terdapat beberapa bimbingan dan
layanan yang bersifat pokokmaupun
pendukung, sehingga berfungsi lebih efektif dan efesien. diantaranya:
1.
Bimbingan
2.
Bimbingan
Belajar
3.
Bimbingan
Sosial
4.
Bimbingan
Karis
5.
Bimbingan
Kehidupan Berkeluarga
6.
bimbingan
Kehidupan Keberagaman
7.
Lanayan
Orientasi
8.
Layanan
Informasi
9.
Layanan
Penempatan/Penyaluran
10. Layanan Konseling Perorangan
11. Layanan Konseling Kelompok
12. Layanan Bimbingan Kelompok
13. Layanan Penguasaan Konten
14. Layanan Mediasi
15. Layanan Rumah
16. Konferensi Kasus
17. Tampilan Kepustakaan
d)
Jadwal
Program BK
Program BK terdiri dari
program tahunan, program bulanan, program mingguan, dan program harian, yang
masing-masing sudah tersusun dengan rapih.
f) Rekap
daftar inventaris ruangan
Rekap daftar inventaris merupakan catatan dari
kelengkapan yang ada di dalam bimbingan dan konseling, agar nantinya bisa
terlihat barang yang masih ada dan yang hilang.
g) Buku
Administrasi BK
BK di
sekolah ini terdiri dari bimbingan pribadi, sosial, belajar, karir, keluarga,
keberagaman, home visit dan catatan anekdot.
h)
Daftar piket BK
Jadwal piket ini sebagai konsekuensi
kedisiplinan BK yang dalam satu minggu guru BK hadir penuh dan dalam satu
harinya minimal 5 jam berada di sekolah.
i) Evaluasi
BK
Catatan
keberhasilan BK dibuat dalam rangka untuk mengetahui keprofesionalan guru BK
dalam mendampingi siswanya, baik itu mendampingi siswa bermasalah atau siswa
yang berprestasi dalam belajarnya. Sehingga dapat mengetahui kekurangan dari
setiap programnya dan untuk menjadi lebih baik dalam pelaksanaan program
selanjutnya.
BAB II
PROGRAM KERJA
A.
Rencana Program Kerja
1.
Kelompok
Adapun beberapa rencana program kerja
kelompok yang akan di laksanakan PPL UIN BKI di MAN Negeri Yogyakarta 1 yang
telah disepakati bersama antara anggota praktikan, guru BK dan Sekolah
diantaranya:
NO
|
RENCANA
PROGRAM KERJA
|
RENCANA
PELAKSANAAN
|
SASARAN
PROGRAM
|
KETERANGAN
|
1
|
Mind Map
|
1 x selama
PPL
(oktober)
|
Ruang BK MAN
1 Yogyakarta
|
-
Mind map proses belajar
-
Mind map konseling
|
2
|
Pembuatan
Struktur Organigram Laboraturium Agama
|
1x selama PPL
|
Kantor BK MAN
1 Yogyakarta
|
-
kontribusi
|
3
|
Carier Day
|
1x selama PPL
(desember)
|
-
Siswa kelas XI dan XII
-
Wali siswa kelas XII
-
Guru BK
|
-
Program tahunan sekolah sebagai Layanan Bimbingan karir
|
4
|
Sosialisasi
BKI
|
1x selama PPL
(desember)
|
Siswa kelas
XI dan XII
|
Pembagian
stiker
|
5
|
Pembuatan FB
MAN 1 Yogyakarta
|
1xselama PPL
(november)
|
Siswa MAN 1
Yogyakarta
|
Media layanan
BK
|
2.
Rencana Program Kerja Individu
No
|
Kegiatan
|
Target
|
Bidang
Layanan
|
Waktu Pelaksanaan
|
1
|
Bimbingan Kelompok
|
Kelas
X1 IPA 2, XII IPA 3, XI IPS 1
|
-
Layanan Orientasi
-
Layanan Informasi
-
Layanan Penguasan Konten
|
-
1 X Selama 2 Minggu (satu
kelas)
|
2
|
Konseling Kelompok
|
Kelas
XI IPA 2, XI IPA 3, XI IPS 1
|
-
Layanan Informasi
-
Layanan Penguatan
-
Layanan Konsultasi
|
-
1 X Selama 2 Minggu
(satu kelas)
|
3
|
Konseling Individual
|
Kelas
XI IPA 2, XI IPA 3, XI IPS 1
|
-
Layanan konseling perorangan
-
Layanan Informasi
-
Layanan Penguatan
-
Layanan Konsultasi
|
-
2 X Selama 1 Minggu
|
4
|
Bimbingan Klasikal
|
Kelas XII (incidental)
|
-
Layanan Orientasi
-
Layanan Informasi
|
-
1 x Selama PPL
|
5
|
Home Visit
|
Incidental
|
Incidental
|
Insidental
|
B.
Pelaksanaan Program Kerja
1. Pelaksanaan Program
Kerja Kelompok
NO
|
RENCANA
PROGRAM KERJA
|
RENCANA
PELAKSANAAN
|
SASARAN
PROGRAM
|
KETERANGAN
|
1
|
Mind Map
|
1 x selama
PPL
(Oktober)
|
Ruang BK MAN
1 Yogyakarta
|
-
Mind map proses belajar
-
Mind map konseling
|
2
|
Pendataan
buku pribadi kelas X
|
1x selama PPL
|
Kantor BK MAN
1 Yogyakarta
|
-
administrasi BK
|
3
|
Administrasi
ISO
|
1xselama PPL
|
Kantor BK MAN
1 Yogyakarta
|
-
administrasi BK
|
4
|
Pengawas UTS
|
|
|
|
5
|
Relawan
Perpustkaan
|
1x selama PPL
(Desember)
|
Perpustakaan
MAN Yogyakarta 1
|
-
persiapan UTS
|
6
|
Pembuatan
Email dan Facebook MAN 1 Yogyakarta
|
1xselama PPL
(November)
|
Siswa MAN 1
Yogyakarta
|
Media layanan
BK
|
7
|
Pengawas UAS
|
(November)
|
|
|
8
|
Carier Day
|
1x selama PPL
(Desember)
|
-
Siswa kelas XII
-
Wali siswa kelas XII
-
Guru BK + siswa undangan
-
expo PT
|
Layanan
Bimbingan karir
|
2.
Pelaksanaan Program Kerja Individu
No
|
Kegiatan
|
Pelaksanaan
|
Bidang
Layanan
|
Waktu Pelaksanaan
|
1
|
Bimbingan Kelompok
|
Kelas
XII Bahasa, XII IPS3, XII IPA 2
|
-
Layanan Orientasi
-
Layanan Informasi
-
Layanan Penguasan Konten
|
-
1 X Selama ppl
|
2
|
Konseling Kelompok
|
Kelas
XI IPA 2, XI IPA 3, XI IPS 1
|
-
Layanan Informasi
-
Layanan Penguatan
-
Layanan Konsultasi
|
-
1 X Selama ppl
|
3
|
Konseling Individual
|
Kelas
XI IPA 2, XI IPA 3, XI IPS 1, XII IPS 3
|
-
Layanan konseling perorangan
-
Layanan Informasi
-
Layanan Penguatan
-
Layanan Konsultasi
|
-
2 X Selama 1 Minggu
|
4
|
Bimbingan Klasikal
|
Kelas XII (incidental)
|
-
Layanan Orientasi
-
Layanan Informasi
|
-
1 x Selama PPL
|
5
|
Home Visit
|
Incidental
|
Incidental
|
Insidental
|
C.
Analisis hasil pelaksanaan dan refleksi
1.
Program Kerja Kelompok
@terlampir
2.
Program Kerja Individual
a)
Bimbingan Kelompok
Bimbingan kelompok
ditujukkan pada siswa kelas XII sebanyak 6 siswa dari 2 siswa kelas XII
Bahasa (Putra-putri), 2 siswa kelas XII
IPS 3 (putra-putri) dan 2 siwa kela XII IPA 2 (putra-putri), siswa tersebut
yang termasuk peringkat 5 terbawah, hasil di peroleh dari hasil UTS. Adanya
bimbingan kelompok berfungsi sebagai bentuk bimbingan belajar dalam prestasi
sekolah yang bersifat preventif, sehingga dapat membantu dalam kesulitan
belajar dan memotivasi dalam belajar.
b)
Bimbingan Klasikal
Bimbingan
klasikal merupakan salah satu program bimbingan yang sudah terjadwal diberikan
kepada seluruh kelas XII. adapun bimbingan klasikal yang sudah praktikan laksanakan
yakni pada kelas XII IPA 1 dengan tema Motivasi Belajar.
c)
Konseling Individual
Konseling
indivual adalah layanan dalam bimbingan dan konseling yang bersifat kuratif
atau pengentasan masalah berbagai problem yang berbeda-beda dialami oleh klien,
pelaksanaan konseling dilakukan secara face to face, sedangkan tempat di
sesuiakn dengan keinginan klien. Adapun jumlah klien yang sudah di tangani
sebanyak 5 orang.
d)
Media BKI
Media BKI
adalah bentuk layanan informasi secara tidak langsung yang di publikasikan
melalui media cetak di majalah dinding BK MAN Yogyakarta 1 dengan tema MENGATUR
KEUANGAN di tujukkan kepada semua siswa terutama kelas XII.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Terlaksananya kegiatan PPL BKI UIN Sunan Kalijaga tahun 2014/2015
di MAN Yogyakarta 1 merupakan salah satu tugas mata kuliah BKI sebagai dasar
pelatihan kinerja Bimbingan dan Konseling Islam dalam bidang pendidikan,
diharapkan kinerja sangat bermanfaat bagi sekolah begitupun praktikan sangat
mendapatkan ilmu banyak yang di dapatkan sehingga sebagai bekal untuk
mengingkatkan kinerja. Khususnya praktikan pengucapkan terima kasih dalam
pembimbingan kinerja yang masih banyak kesalahan dan kekurangan.
B.
Saran
Melihat dan memahami apa yang terjadi dilapangan sangatlah berkesan
karena banyak pengalaman yang bisa praktikan dapatkan, harapan praktikan BK MAN
Yogyakarta I terus berkembang dengan baik, masih perlu adanya sosialisasi
tentang fungsi dan tugas keBK-an sehingga baik siswa maupun guru dapat kinerja
BK secara positif dan merasakan hasil dan manfaatnya sekaligus dapat menjalin
hubungan kerja yang baik dan efektif satu sama lain. Selain itu guru BK
tetaplah menjadi pendengar, pembimbing yang bersahabat karena anak-anak akan
merasakan kenyamanan dalam konseling.