LAPORAN PRAKTIKUM
Lokasi
MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 YOGYAKARTA
Disusun Oleh:
Anissa Dewi Erviana
NIM: 11220057
Dosen Pembimbing Magang dan Praktikum:
Irsyadunnas, M.Ag
NIP.197104131998031006
JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
TAHUN 2014/2015
PENGESAHAN
Bismillaahi rrahmaanirrahiim,
Setelah
diadakan pengarahan, koreksi dan
perbaikan seperlunyaatas laporan Magang/Praktikum Fakultas Dakwah dan
Komunikasi
Tahun 2014/2015
dari Mahasiswa :
Nama : Anissa
Dewi Erviana
NIM : 11220057
Lokasi : MAN 1
Yogyakarta
Maka laporan ini telah memenuhi
syarat sesuai dengan pelaksanaan tugas magang mahasiswa yang bersangkutan,
sehingga dapat diajukan sebagai tugas akhir Magang/Praktikum
Demikian
pengesahan ini dibuat untuk dapat
dipergunakan
sebagaimana mestinya.
Yogyakarta,
Desember 2014
Guru BK/ Pendamping Lapangan
Drs. Kamdan Jauhari
NIP.19650702 200501 2 002
|
Mengetahui,
Dosen
Pembimbing Lapangan
Irsyadunnas,
M.Ag
NIP.197104131998031006
|
KATA PENGANTAR
Puji syukur
Alhamdulillah, kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan
kesehatan kepada kita sehingga kita masih mempunyai kesempatan untuk
menyelesaikanpenyusunanrencana program kerjaPelaksanaan Praktik Pengalaman
Lapangan Bimbingan dan Konseling Islam tahun 2014/2015. Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada
Nabi Muhammad SAW yang selalu memberi inspirasi bagi kami untuk tetap peduli
kepada sesama.
Alhamdulillah, penyusunan rencana
program kerja ini dapat terselesaikan dengan baik atas dukungan dan bantuan
dari berbagai pihak. Untuk itu, dengan segala partisipasinya kami mengucapkan
terima kasih kepada :
- Bapak Dr. H. Waryono, M.Ag selaku Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
- Bapak Muhsin Kalida,
M. Selaku ketua jurusan Bimbingan Konseling Islam Universitas Islam Negeri
Sunan Kalijaga Yogyakarta
- Bapak Irsyadunnas M,Agselaku Dosen Pembimbing PPL
- Bapak Drs. H. Imam Suja’i Fadly, MPdIselaku
Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta.
- Ibu Dra. Musta’inatun, MA selaku
koordinator umum MAN 1 Yogyakarta
- Bapak Drs. R. Khamdan
Jauharydan Ibu Isni Lestari, S.Pd selaku guru Bimbingan dan Konseling
kelas X dan XII sekaligus sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (Guru
Pembimbing Lapangan)
- Segenap guru-guru,
staf TU, dan siswa siswi MAN 1 Yogyakarta
- Teman-teman seribu
satu kisah yang telah kita lalui bersama, spesial thanks to Amel, Aah, Iwan, dan Nuryo, Nice to meet you all....!
- Berbagai pihak yang
telah membantu proses magang/praktikum dan penulisan laporan yang tidak
bisa penyusun sebutkan satu-persatu
Penyusun
menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu penyusun
sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun untuk perbaikan pada masa
yang akan datang. Harapan penyusun semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi
pihak-pihak yang membutuhkan
Yogyakarta, Desember 2014
Penyusun,
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1 : Identitas klien konseling individu
Lampiran 2 : Hasil penilaian konseling individu
Lampiran 3 : Bimbingan kelompok
Lampiran 4 : Satlan bimbingan kelompok
Lampiran 5 : Laporn verbatim
Lampiran 6 : Satlan bimbingan klasikal
Lampiran 7 : Dokumentasi foto kegiatan
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Identitas Lembaga/Sekolah
Nama Sekolah :
Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta
Alamat Sekolah :
Jl. C. Simanjuntak No. 60 Yogyakrta 55223
Telepon/Hp/Fax :
(0274)-513327 Fax (0274) 513327
Status Sekolah : Negeri
Nilai Akreditasi Sekolah :
Terakreditasi A
B. Profil Lembaga/Sekolah
1.
Sejarah Singkat
MAN 1 Yogyakarta
Perjalanan MAN Yogyakarta I dimulai
pada tahun1950 ketika Departemen Agama mendirikan tiga sekolah SGAI (Sekolah
Guru Agama Islam) putra dan putri serta SGHA (Sekolah Guru Hakim Agama) secara
de facto. SGHA inilah yang dalam perjalannya merupakan titik awal MAN
Yogyakarta I. Pendirian tiga sekolah di lingkungan Departemen Agama ini secara
de jure dengan Surat Penetapan Menteri Agama No. 7 Tanggal 5 Februari 1951.
Usia SGHA
hanya berlangsung tiga tahun, pada tahun 1954 SGHA oleh Departemen Agama
dialihfungsikan menjadi PHIN (Pendidikan Hakim Islam Negeri).Perubahan fungsi
ini ditujukan guna menyiapkan dan membentuk hakim-hakim yang saat masa tersebut
kebutuhannya sangat besar.Berubahnya PHIN menjadi MAN Yogyakarta I yang secara
kejenjangan merupakan sekolah setingkat dengan SMA (Sekolah Menegah Atas). MAN
sebagai sekolah yang sederajat dengan SMA secara kelembagaan Menteri Pendidikan
dan Kebudayaan memberikan Surat Keputusan Nomor : 0489/U/1999 yang menyatakan
bahwa MAN merupakan SMU berciri Agama Islam. Dengan dikeluarkannya SK Mendibud
RI memberikan bukti nyata bahwa MAN Yogyakarta I dalam pembelajarannya
menerapkan ketentuan dan ketetapan yang dijalankan oleh SMA pada umumnya dengan
ciri khususnya Pendidikan Agama Islam mendapatkan preoritas yang lebih banyak
dibanding dengan kurikulum yang diterapkan di lingkungan SMA.
Seiring dengan perjalanan waktu dan
berbagai perubahan kurikulum nasional untuk tingkat pendidikan menengah (SMA),
MAN Yogyakarta I tetap mampu menunjukkan jati dirinya sebagai sekolah Agama
Islam setingkat SMA yang dikelola Departemen Agama. Di tengah-tengah persaingan
yang kompetetif dengan SMA, MAN Yogyakarta I merupakan idola terhadap dunia
pendidikan Islam, dengan siswa peserta didik kurang lebih 30 % berasal dari
luar D.I. Yogyakarta terutama yang berbasis pesantren dan lingkungan Agama
Islamnya berakar kuat seperti Demak, Kudus, Pantura dll. Lulusan MAN Yogyakarta
I telah banyak yang berhasil melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi
baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan PTS (perguruan Tinggi Swasta) di dalam
negeri ataupun di luar negeri seperti di Al Azhar (Mesir) dan Pakistan, Kuwait,
dan lainnya.
Sejarah singkat gambaran sejarahnya
adalah sebagai berikut :
1.
SGHA (Sekolah Guru Hakim Agama)
Tahun 1950/1951-1954
2.
PHIN (Pendidikan Hakim Islam Negeri)
Tahun 1954-1978
3.
MAN 1 (Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta
1)
Tahun 1978-sekarang
Lokasi gedung
MAN Yogyakarta 1 ini terletak di wilayah kodya Yogyakarta bagian utara yang
berdekatan dengan perbatasan wilayah kabupaten Sleman dengan memiliki luas
tanah kurang lebih 2 hektar. Secara geografis letak MAN Yogyakarta 1 dapat
digambarkan sebagai berikut :
1.
Sebelah utara dibatasi oleh jalan
Prof. Dr. Sardjito
2.
Sebelah timur dibatasi oleh jalan.
C. Simanjuntak
3.
Sebelah barat dibatasi dengan gedung
Fisipol UGM
4.
Sebelah selatan dibatasi oleh gang
kampong Terban
2.
Visi dan
Misi Sekolah
a. Visi
Sekolah
Visi dari MAN Yogyakarta 1 adalah sebagai berikut :
ULIL ALBAB
UL = Unggul
IL = Ilmiah
Al = Amaliyah
BA = Ibadah
B =
Bertanggung jawab
Dengan
penjelasan bahwa MAN Yogyakarta 1 berusaha mencetak siswanya dengan keunggulan
ilmu pengetahuan dan agama islam, keilmiahan pola pikir, dan mewujudkan amal
ibadah serta dapat mempertanggung jawabkan seluruh aspek kegiatannya.
b. Misi
1)
Menumbuhkan dan meningkatkan
keimana, ketakwaan, dan ibadah serta akhlakul karimah sehingga menjadi pedoman
hidup
2)
Menumbuhkembangkan nilai sosial dan
budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak
3)
Melaksanakan proses pendidikan dan
pengajaran secara efektif dan efisien agar siswa dapat berkembang secara
optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki
4)
Meningkatkan pembelajaran terhadap
siswa melalui pendidikan yang berkarakter unggul, berbudaya, aktif, inovatif,
kreatif, dan menyenangkan
5)
Menumbuhkan semangat juang menjadi
yang terbaik kepada siswa dalam bidang akademik dan non akademik
6)
Mempersiapkan dan memfasilitasi
siswa untuk studi lanjut ke perguruan tinggi
7)
Menumbuhkan rasa tanggung jawab
dalam kehidupan di masyarakat dan pelestarian lingkungan
c. Struktur
Organisasi Bimbingan dan Konseling MAN Yogyakarta 1
Bimbingan dan Konseling di MAN Yogyakarta
1 tahun 1978, hal ini di latar belakangi karena banyaknya
permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh siswa.Adanya bimbingan konseling
di MAN Yogyakarta 1 bertujuan untuk membantu perkembangan siswa secara
optimal.Selain itu, adanya layananan bimbingan dan konseling bertujuan untuk
membantu siswa agar dapat mencapai tujuan-tujuan perkembangan yang meliputi
aspek pribadi-sosial, pendidikam dan karir.
Dalam pelaksanaannya, bimbingan dan
konselingyang ada di MAN Yogyakarta 1 memiliki system pengorganisasian
kegiatan. Sistem pengorganisasian kegiatan ini merupakan bentuk kegiatan yang
mengatur cara kerja, prosedur kerja dan
pola atau mekanisme kerja kegiatan bimbingan dan konseling. Bimbingan dan
konseling tidak akan terlaksana dengan baik tanpa adanya pengorganisasian yang
baik. Pengorganisasian yang baik dalam
pengaturan kegiatan bimbingan dan konseling ditandai oleh adanya dasar dan
tujan organisasi, personil dan perencanaan yang matang.
Organisasi pelayanan bimbingan dan
konseling di MAN Yogyakarta 1 meliputi segenap unsure yang dapat digambarkan
dalam diagram berikut:
Bagian 1
Struktur Organisasi Pelayanan Bimbingan dan Konseling
No.
|
Nama
|
Pendidikan
|
Jabatan
|
1.
|
Isni Lestari, S.Pd Drs.
|
S1
|
Guru BK kelas X
|
2.
|
H.Mulyadi, S.Pd. MA.
|
S1
|
Guru BK kelas XI
|
3.
|
Khamdan Jauhary
|
S1
|
Koordinator dan
Guru BK kelas XII
|
4.
|
Moh. Afif Jerusalem, S.Pd
|
S1
|
Administator BK
|
3. Sarana dan Prasarana Bimbingan dan Konseling
Ruang BK merupakan salah satu sarana
penting yang turut mempengaruhikeberhasilan pelayanan bimbingan dan konseling
di sekolah.Secara geografis lokasi ruang BK MAN Yogyakarta 1 menempati ruangan sebelah
barat, dan sebelah utara asrama putra. Sedangkan ditinjau dari keadaan ruangan
BK dan segi luas ruangan sudah cukup memenuhi standar ideal,diantaranya :
No
|
Nama Sarana dan
Prasarana
|
Jumlah
|
Keterangan
|
1
|
Ruang Guru BK
|
1
|
Baik
|
2
|
Ruang Bimbingan
Konseling
|
1
|
Baik
|
3
|
Bagan Mekanisme
Bimbingan dan Konseling
|
1
|
Baik
|
4
|
Bagan Program
Kegiatan Layanan BK
|
1
|
Baik
|
5
|
Bagan Bank Data
Siswa MAN Yogyakarta 1
|
1
|
Baik
|
6
|
Bagan Struktur
Organigram BK MAN Yogyakarta 1
|
1
|
Baik
|
7
|
Majalah Dinding
|
1
|
Baik
|
8
|
Kotak Surat
|
1
|
Baik
|
9
|
Meja Guru
|
4
|
Meja
Guru
|
10
|
Lemari
|
5
|
Lemari
|
11
|
TV
|
1
|
TV
|
12
|
Kipas Angin
|
3
|
Kipas
Angin
|
13
|
Rak Buku
|
1
|
Rak
Buku
|
14
|
Meja Konseling
|
1
|
Meja
Guru
|
15
|
Kursi guru 4
|
3
|
Lemari
|
16
|
Kursi Tamu
|
12
|
|
c. Administrasi Bimbingan dan
Konseling MTs N Yogyakarta 1
a) Administrasi BK
Perkelas
Perkelas dilaksanakan untuk mengetahui kondisi
keberadaan siswanya, dimana administrasi ini terdiri dari buku pemanduan
kehadiran siswa, grafik ketidakhadiran siswa, catatan wali kelas, tabel
sosiometri dan sosiogram siswa.
b) Administrasi BK persiswa
Administrasi BK persiswa digunakan untuk
mengetahui kondisi siswa secara individu, yakni terdiri dari buku pribadi siswa
dan data hasil Identifikasi Kebutuhan dan Masalah Siswa (IKMS), sosiometri.
c) Pola BK
17 Plus
Dalam pelayanan terdapat beberapa bimbingan dan
layanan yang bersifat pokokmaupun
pendukung, sehingga berfungsi lebih efektif dan efesien. diantaranya:
1.
Bimbingan
2.
Bimbingan
Belajar
3.
Bimbingan
Sosial
4.
Bimbingan
Karis
5. Bimbingan Kehidupan Berkeluarga
6.
Bimbingan
Kehidupan Keberagaman
7.
Lanayan
Orientasi
8.
Layanan
Informasi
9.
Layanan
Penempatan/Penyaluran
10. Layanan Konseling Perorangan
11. Layanan Konseling Kelompok
12. Layanan Bimbingan Kelompok
13. Layanan Penguasaan Konten
14. Layanan Mediasi
15. Layanan Rumah
16. Konferensi Kasus
17. Tampilan Kepustakaan
d) Jadwal Program BK
Program BK terdiri dari
program tahunan, program bulanan, program mingguan, dan program harian, yang
masing-masing sudah tersusun dengan rapih.
e) Rekap daftar inventaris ruangan
Rekap daftar inventaris merupakan catatan dari
kelengkapan yang ada di dalam bimbingan dan konseling, agar nantinya bisa
terlihat barang yang masih ada dan yang hilang.
g) Buku
Administrasi BK
BK di
sekolah ini terdiri dari bimbingan pribadi, sosial, belajar, karir, keluarga,
keberagaman, home visit dan catatan anekdot.
h) Daftar piket BK
Jadwal piket ini sebagai
konsekuensi kedisiplinan BK yang dalam satu minggu guru BK hadir penuh dan
dalam satu harinya minimal 5 jam berada di sekolah.
i) Evaluasi BK
Catatan keberhasilan BK dibuat dalam rangka untuk mengetahui keprofesionalan
guru BK dalam mendampingi siswanya, baik itu mendampingi siswa bermasalah atau
siswa yang berprestasi dalam belajarnya.Sehingga dapat mengetahui kekurangan
dari setiap programnya dan untuk menjadi lebih baik dalam pelaksanaan program
selanjutnya.
BAB II
PERENCANAAN PROGRAM KERJA
A.
Rencana Program Kerja
1.
Kelompok
Adapun beberapa rencana program kerja
kelompok yang akan di laksanakan PPL UIN BKI di MAN Negeri Yogyakarta 1 yang
telah disepakati bersama antara anggota praktikan, guru BK dan Sekolah
diantaranya:
NO
|
RENCANA
PROGRAM KERJA
|
RENCANA
PELAKSANAAN
|
SASARAN
PROGRAM
|
KETERANGAN
|
1
|
Mind Map
|
1 x selama
PPL
(oktober)
|
Ruang BK MAN
1 Yogyakarta
|
-
Mind map proses belajar
-
Mind map konseling
|
2
|
Pembuatan
Struktur Organigram Laboraturium Agama
|
1x selama PPL
|
Kantor BK MAN
1 Yogyakarta
|
-
kontribusi
|
3
|
Career
Day
|
1x selama PPL
(desember)
|
-
Siswa kelas XI dan XII
-
Wali siswa kelas XII
-
Guru BK
|
-
Program tahunan sekolah sebagai Layanan Bimbingan karir
|
4
|
Sosialisasi
BKI
|
1x selama PPL
(desember)
|
Siswa kelas
XI dan XII
|
Pembagian
stiker
|
5
|
Pembuatan FB
MAN 1 Yogyakarta
|
1xselama PPL
(november)
|
Siswa MAN 1
Yogyakarta
|
Media layanan
BK
|
2.
Rencana Program Kerja Individu
No
|
Kegiatan
|
Target
|
Bidang
Layanan
|
Waktu Pelaksanaan
|
1
|
Bimbingan Kelompok
|
Kelas
X IIK, X IBB, XI IPA 1
|
-
Layanan Orientasi
-
Layanan Informasi
-
Layanan Penguasan Konten
|
-
1 X Selama 2 Minggu (satu
kelas)
|
2
|
Konseling Kelompok
|
Kelas
X IIK, X IBB, XI IPA 1
|
-
Layanan Informasi
-
Layanan Penguatan
-
Layanan Konsultasi
|
-
1 X Selama 2 Minggu
(satu kelas)
|
3
|
Konseling Individual
|
Kelas
X IIK, X IBB, XI IPA 1
|
-
Layanan konseling perorangan
-
Layanan Informasi
-
Layanan Penguatan
-
Layanan Konsultasi
|
-
2 X Selama 1 Minggu
|
4
|
Bimbingan Klasikal
|
Kelas XII (incidental)
|
-
Layanan Orientasi
-
Layanan Informasi
|
-
1 x Selama PPL
|
5
|
Home Visit
|
Incidental
|
Incidental
|
Insidental
|
B.
Pelaksanaan Program Kerja
1.
Pelaksanaan Program Kerja Kelompok
NO
|
RENCANA PROGRAM KERJA
|
RENCANA PELAKSANAAN
|
SASARAN PROGRAM
|
KETERANGAN
|
1
|
Mind Map
|
1 x selama PPL
(Oktober)
|
Ruang BK MAN 1 Yogyakarta
|
-
Mind map proses belajar
-
Mind map konseling
|
2
|
Pendataan buku pribadi kelas X
|
1x selama PPL
|
Kantor BK MAN 1 Yogyakarta
|
-
administrasi BK
|
3
|
Administrasi ISO
|
1xselama PPL
|
Kantor BK MAN 1 Yogyakarta
|
-
administrasi BK
|
4
|
Pengawas UTS
|
(Oktober)
|
|
|
5
|
Relawan Perpustkaan
|
1x selama PPL (Desember)
|
Perpustakaan MAN Yogyakarta 1
|
-
persiapan UTS
|
6
|
Pembuatan Email dan Facebook MAN 1 Yogyakarta
|
1xselama PPL
(November)
|
Siswa MAN 1 Yogyakarta
|
Media layanan BK
|
7
|
Pengawas UAS
|
(November)
|
|
|
8
|
Career Day
|
1x selama PPL (Desember)
|
-
Siswa kelas XII
-
Wali siswa kelas XII
-
Guru BK + siswa undangan
-
expo PT
|
Layanan Bimbingan karir
|
2. Pelaksanaan Program Kerja Individu
No
|
Kegiatan
|
Target
|
Bidang Layanan
|
Waktu Pelaksanaan
|
1
|
Konseling
Kelompok
|
Kelas
XII IPS 1, XII IPS 2
|
-
Layanan Informasi
-
Layanan Penguatan
-
Layanan Konsultasi
|
-
1xSelama PPL
|
2
|
Konseling Individual
|
Kelas XII Agama, X MIA 1, X MIA 2, X MIA 3, XII IPS 2
|
-
Layanan konseling perorangan
-
Layanan Informasi
-
Layanan Penguatan
-
Layanan Konsultasi
|
-
insidental
|
3
|
Bimbingan Klasikal
|
Kelas XI IPA 3
|
-
Layanan Orientasi
-
Layanan Informasi
|
-
1xSelama PPL
|
C.
Analisis hasil pelaksanaan dan refleksi
1.
Program Kerja Kelompok
@terlampir
2.
Program Kerja Individual
a)
Bimbingan Kelompok
Bimbingan
kelompok ditujukkan pada siswa kelas XII sebanyak 4 siswa dari 2 putra kelas
XII IPS 1, dan 2 orang siswa putra dan putri dari kelas XII IPS 2, siswa tersebut yang termasuk peringkat 5 terbawah, hasil di
peroleh dari hasil UTS. Adanya bimbingan kelompok berfungsi sebagai bentuk
bimbingan belajar dalam prestasi sekolah yang bersifat preventif, sehingga
dapat membantu dalam kesulitan belajar dan memotivasi dalam belajar.
b)
Bimbingan Klasikal
Bimbingan
klasikal merupakan salah satu program bimbingan yang sudah terjadwal diberikan
kepada seluruh kelas XII.Sebenarnya BK
hanya diberikan di kelas XII saja, akan tetapi pada waktu tertentu saya mencari
jam kosong di kelas XI IPA 3 dan memberikan layanan bimbingan klasikal yang
bertema Motivasi Belajar sebelum memberikan layanan tersebut siswa
diperlihatkan tentang video motivasi terlebih dahulu.
c)
Konseling Individual
Konseling
indivual adalah layanan dalam bimbingan dan konseling yang bersifat kuratif
atau pengentasan masalah berbagai problem yang berbeda-beda dialami oleh klien,
pelaksanaan konseling dilakukan secara face to face, sedangkan tempat di sesuaikan
dengan keinginan klien.Adapun jumlah klien yang sudah di tangani sebanyak 6 orang.
d)
Media BKI
Media BKI
adalah bentuk layanan informasi secara tidak langsung yang di publikasikan
melalui media cetak di majalah dinding BK MAN Yogyakarta 1 dengan tema Memilih
Perguruan Tinggi dan Jurusan Kuliah, di tujukkan
kepada semua siswa terutama kelas XII.
Lampiran 1 : IDENTITAS KLIEN
KONSELING INDIVIDU
A.
IDENTITAS SISWA
1. No. Induk :
1210807
2. Nama (Lengkap) : Zelvy Mawar Sari
3. Tempat / Tanggal Lahir : Bangun Sari, 30 Maret 1997
4. Asal SD / SLTP : SMP N 1 BP. Peliung
5. Alamat SD / SLTP : Jln. Jati Tunggal
6. Alamat Asal : Sumatera Selatan
7. No. Telepon : 085788387227
8. Alamat di Yogyakarta : Pondok Pesantren Al Barokah Karang Waru
9. Asrama :
-
B.
DATA FISIK
1.
Ukuran
Badan
Tanggal Diukur
|
Tinggi Badan
(cm)
|
Berat Badan
(kg)
|
2012/2013
|
160
|
45
|
2.
Golongan
Darah : -
3.
Kesehatan
Badan
|
Sehat
|
Mata
|
Sehat
|
Telinga
|
Sehat
|
Hidung
|
Sehat
|
Tenggorokan
|
Sehat
|
Kulit
|
Sehat
|
Gigi
|
Sehat
|
4.
Penyakit
yang diderita dan kadang kambuh :
Tidak ada
5.
Penyakit
yang pernah diderita / sedang diderita :
Tidak ada
No
|
Jenis Penyakit
|
Lama
|
Tahun
|
Kererangan
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
6.
Makanan
/ minuman yang harus dihindari :
C.
DATA KELUARGA
1.
Orang
Tua Kandung
Ayah Kandung
a. Nama :
Yusuf Ansori
b. Usia / Lahir : 49 tahun /
12 Agustus 1965
c. Agama : Islam
d. Suku Bangsa : Melayu
e. Pendidikan Akhir : SMA
f.
Pekerjaan : Wiraswasta
g. Alamat Kantor : -
h. Alamat Rumah : Sumatera Selatan
i. No. Telepon : 081532153251
j. Hidup / Wafat : Hidup
Ibu Kandung
a. Nama : Farida
b. Usia / Lahir : 42 tahun /
29 September 1972
c. Agama : Islam
d. Suku Bangsa : Melayu
e. Pendidikan Akhir : SLTA
f. Pekerjaan : Wiraswasta
g. Alamat Kantor : -
h. Alamat Rumah :
Sumatera Selatan
i. No. Telepon :
081367600350
j. Hidup / Wafat : Hidup
2.
Keadaan
Saudara Kandung / Tiri
Nama
|
Fredy Yogi. F
|
Umur
|
22 tahun
|
Kakak / Adik
|
Kakak
|
Kandung / Tiri
|
Kandung
|
Agama
|
Islam
|
Pendidikan
|
Mahasiswa
|
D. Data Lingkungan Sosial
1. Status sosial ekonomi dan jumlah
tanggungan keluarga
Penghasilan
/ Bulan
Bersih
|
Tanggungan
Keluarga
|
Sekolah
|
Tidak
|
Rp. 3.000.000
|
2
|
-
|
2. Kondisi sosial ekonomi dan kondisi rumah
a. Status tempat tinggal : Milik sendiri
b. Dinding :
Tembok
c. Lantai :
Keramik
d. Transportasi yang dimiliki : Motor
e. Elektronik yang dimiliki :
·
VCD
·
Lemari
es
·
Mesin
cuci
·
Televisi,
dll
Lampiran 2 :
Penilaian hasil konseling individu
STUDI KASUS
KONSELING PERORANGAN (INDIVIDU)
1.
Identitas Klien
Nama (inisial) :
Z.M.S
Pendidikan :
MAN Yogyakarta 1
Hari / Tanggal :
Jumat/31 Oktober 2014
2.
Diagnosa
Klien adalah
seorang siswi kelas XII Agama di MAN Yogyakarta 1. Ia merasa hasil nilai UTS
nya sangat jelek dan di kelas ia merupakan salah satu siswi yang tergolong
peringkat lima besar ke bawah, kemudian klien juga sangat sulit untuk bangun
lebih awal.
Selain itu
klien memiliki masalah dengan waktu belajarnya di pondok. Ia sulit mengatur
waktu belajarnya di pondok karena jadwal kegiatan keagamaannya di pondok lebih
banyak dari waktu subuh menjelang isyak, sehingga ia merasa kesulitan untuk
belajar.
3.
Prognosis
a.
Pendekatan Konseling (Konseling Trait and Factor)
ü Alasan menggunakan pendekatan
Klien diatas sulit untuk mengatur waktu
belajarnya sehingga nilai UTSnya menurun padahal klien tersebut sudah duduk di
kelas XII dan sebentar lagi akan mengikuti ujian nasional. Alasan konselor
menggunakan pendekatan ini adalah supaya klien dapat mengubah sikap atau
mengatur waktu belajarnya di pondok pesantren.
ü Identitas perilaku klien yang tidak tepat
Klien yang mempunyai sifat malas untuk
bangun pagi dansulit mengatur waktu belajarnya di pondok pesantren.
b.
Prosedur Konseling
(Tahap-tahap Konseling)
1.
Penerimaan Hubungan
Konselor membangun hubungan baik
dengan klien, agar terciptakan kenyamanan dan kepercayaan antar keduanya.
Menyambut klien dengan ramah dan hangat merupakan hubungan awal yang baik antar
klien dan konselor. Konselor meminta klien agar menganggap konselor seperti
saudara sendiri. Kemudian konselor dan klien membuat kesepakatan mengenai
hubungan dan batas keterlibatan konselor.
2.
Kontrak :
1.
Masalah yang dibahas seputar klien
2.
Pelaksanaan konseling
3.
Tempat dilaksanakannya proses konseling
3.Rencana Perubahan
ü Klien diajak untuk mengevaluasi tingkah lakunya yang
tidak tepat
Bagaimana
cara klien menilai dirinya sendiri, belajar untuk menghadapi kemalasan bangun
pagi dan belajar untuk membagi waktu belajarnya.
ü Membantu rencana perubahan tingkah lakunya
Klien
diajak untuk memikirkan mengenai apa saja yang akan ia lakukan, mengenai
bagaimana dia mempunyai keinginan untuk merubah sikapnya.
4.
Pengembangan rencana tindakan
Membantu klien mengambil
langkah-langkah yang ia lakukan
5.
Komitmen klien untuk melaksanakan rencananya
Membuat komitmen mengenai
langkah-langkah yang akan diambil supaya dilaksanakan secara sungguh-sungguh
4. Konseling
Setelah
klien menemui konselor, maka konselor membantu klien menangani masalah yang
dihadapinya. Untuk itu konselor menggunakan pendekatan konseling Trait n
Factors dengan lankah-langkah:
1.
Penciptan hubungan baik
Konselor
menyambut klien dengan ramah sebagai awal hubungan yang baik, agar tercipta
kenyamanan dan rasa percaya kepada klien
2.
Identifikasi tingkah laku saat ini
v Nilai UTS menurun
v Malas belajar
v Belum dapat mengatur waktu belajar
3.
Evaluasi tingkah laku saat ini
Konselor
mengajak klien untuk meninggalkan rasa malas dan supaya lebih giat belajar,
kemudian konselor mengajak klien untuk mengatur waktu luanguntuk belajarnya.
A.
IDENTITAS SISWA
1.
No.
Induk : 1210807
2.
Nama
(Lengkap) : T.A.A
3.
Tempat
/ Tanggal Lahir : Yogyakarta, 17
Desember 1998
4.
Asal
SD / SLTP : SMP N 15
Yogyakarta
5.
Alamat
SD / SLTP : Jl. Tegal
Lempuyangan No. 61
6.
Alamat
Asal : -
7.
No.
Telepon : 085701519323
8.
Alamat
di Yogyakarta : Jl. C. Simanjuntak.
Terban GK V / 153 / Yogyakarta
9.
Asrama
: -
B.
DATA FISIK
7.
Ukuran
Badan
Tanggal Diukur
|
Tinggi Badan
(cm)
|
Berat Badan
(kg)
|
2014/2015
|
160
|
45
|
8.
Golongan
Darah : -
9.
Kesehatan
Badan
|
Sehat
|
Mata
|
Sehat
|
Telinga
|
Sehat
|
Hidung
|
Sehat
|
Tenggorokan
|
Sehat
|
Kulit
|
Sehat
|
Gigi
|
Sehat
|
10. Penyakit yang diderita dan kadang kambuh : Tidak ada
11. Penyakit yang pernah diderita / sedang
diderita : Tidak ada
No
|
Jenis Penyakit
|
Lama
|
Tahun
|
Kererangan
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
12. Makanan / minuman yang harus dihindari :
C.
DATA KELUARGA
3.
Orang
Tua Kandung
Ayah Kandung
a. Nama : Suwimbar
b. Usia / Lahir : 47 tahun /
10 Oktober 1967
c. Agama : Islam
d. Suku Bangsa : Indonesia
e. Pendidikan Akhir : S-1
f.
Pekerjaan : Wiraswasta
g. Alamat Kantor : -
h. Alamat Rumah : Jln. C.
Simanjuntak. Terban. GK V/153 Yogyakarta
i. No. Telepon :
-
j. Hidup / Wafat : Hidup
Ibu Kandung
k. Nama : Sri Sabarini
l. Usia / Lahir : 50 tahun /
27 April 1964
m. Agama : Islam
n. Suku Bangsa : Indonesia
o. Pendidikan Akhir : Diploma
p. Pekerjaan : Wiraswasta
q. Alamat Kantor : -
r. Alamat Rumah : Jln.
C. Simanjuntak. Terban. GK V/153 Yogyakarta
s. No. Telepon : -
t. Hidup / Wafat : Hidup
10.
Keadaan
Saudara Kandung / Tiri
Nama
|
Theda Prima M.
|
Umur
|
|
Kakak / Adik
|
Kakak
|
Kandung / Tiri
|
Kandung
|
Agama
|
Islam
|
Pendidikan
|
|
D.
Data
Lingkungan Sosial
11.
Status
sosial ekonomi dan jumlah tanggungan keluarga
Penghasilan
/ Bulan
Bersih
|
Tanggungan
Keluarga
|
Sekolah
|
Tidak
|
Rp. 1. 000.000
|
3
|
-
|
12.
Kondisi
sosial ekonomi dan kondisi rumah
E. Status tempat tinggal : Milik sendiri
F. Dinding :
Tembok
G. Lantai :
Keramik
H. Transportasi yang dimiliki : Motor
I. Elektronik yang dimiliki :
·
VCD
·
Lemari
es
·
Mesin
cuci
·
Televisi,
dll.
·
Laptop
·
AC
Lampiran 2 : Penilaian hasil konseling individu
STUDI KASUS
KONSELING PERORANGAN (INDIVIDU)
1.
Identitas Klien
Nama (inisial) :
T.A.A
Pendidikan :
MAN Yogyakarta 1
Hari / Tanggal :
Kamis/30 Oktober 2014
2.
Diagnosa
Klien adalah
seorang siswi kelas X MIA 3 di MAN Yogyakarta 1. Ia merasa hasil UTSnya
menurun, dan ia mengalami kesulitan untuk mempelajari kosakata bahasa arab.
Selain itu
klien memiliki masalah di rumah, dimana ia sering mendapatkan teror telpon dari
orang yang tak dikenalnya, semenjak itulah ia menjadi tidak tenang dan selalu
khawatir kepada keluarganya
3.
Prognosis
a.
Pendekatan Konseling (Konseling Trait and Factor)
ü Alasan menggunakan pendekatan
Klien diatas mengalami kesulitan
untuk mempelajari kosakata bahasa arab dan hatinya selalu gelisah. Alasan
konselor menggunakan pendekatan ini adalah supaya klien dapat memahami kosakata
bahasa arab
ü Identitas perilaku klien yang tidak tepat
Klien yang merasa tidak tenang dan
khawatir terhadap keluarganya.
c.
Prosedur Konseling
(Tahap-tahap Konseling)
1.
Penerimaan Hubungan
Konselor membangun hubungan baik
dengan klien, agar terciptakan kenyamanan dan kepercayaan antar keduanya.
Menyambut klien dengan ramah dan hangat merupakan hubungan awal yang baik antar
klien dan konselor. Konselor meminta klien agar menganggap konselor seperti
saudara sendiri. Kemudian konselor dan klien membuat kesepakatan mengenai
hubungan dan batas keterlibatan konselor.
2.
Kontrak :
1.
Masalah yang dibahas seputar klien
2.
Pelaksanaan konseling
3.
Tempat dilaksanakannya proses konseling
3.Rencana Perubahan
ü Klien diajak untuk mengevaluasi tingkah lakunya yang
tidak tepat
Bagaimana
cara klien menilai dirinya sendiri, belajar untuk menghadapi kemalasan bangun
pagi dan belajar untuk membagi waktu belajarnya.
ü Membantu rencana perubahan tingkah lakunya
Klien
diajak untuk memikirkan mengenai apa saja yang akan ia lakukan, mengenai
bagaimana dia mempunyai keinginan untuk merubah sikapnya.
4.
Pengembangan rencana tindakan
Membantu klien mengambil
langkah-langkah yang ia lakukan
5.
Komitmen klien untuk melaksanakan rencananya
Membuat komitmen mengenai
langkah-langkah yang akan diambil supaya dilaksanakan secara sungguh-sungguh
4. Konseling
Setelah
klien menemui konselor, maka konselor membantu klien menangani masalah yang
dihadapinya. Untuk itu konselor menggunakan pendekatan konseling Trait n
Factors dengan langkah-langkah:
1. Penciptaan hubungan baik
Konselor
menyambut klien dengan ramah sebagai awal hubungan yang baik, agar tercipta
kenyamanan dan rasa percaya kepada klien
2. Identifikasi tingkah laku saat ini
v Nilai UTS menurun
v sulit memahami kosakata bahasa arab
v selalu gelisah dan khawatir
3. Evaluasi tingkah laku saat ini
Konselor
mengajak klien untuk meninggalkan rasa malas dan supaya lebih giat belajar,
kemudian konselor mengajak klien untuk mengatur waktu luanguntuk belajarnya.
A.
IDENTITAS SISWA
1.
No.
Induk :
2.
Nama
(Lengkap) : H.H.I
3.
Tempat
/ Tanggal Lahir : Jayapura, 27 September
1999
4.
Asal
SD / SLTP : MTsN Yogyakarta
1
5.
Alamat
SD / SLTP : Jl. Magelang KM 4,4
Mlati, Sleman
6.
Alamat
Asal : -
7.
No.
Telepon : 085729096920
8.
Alamat
di Yogyakarta : Klaci III RT 01 RW 12
Margoluwih, Seyegan,
Sleman,
Yogyakarta
9.
Asrama
: -
B.
DATA FISIK
10. Ukuran Badan
Tanggal Diukur
|
Tinggi Badan
(cm)
|
Berat Badan
(kg)
|
2014/2015
|
-
|
-
|
11. Golongan Darah : -
12. Kesehatan
Badan
|
Sehat
|
Mata
|
Sehat
|
Telinga
|
Sehat
|
Hidung
|
Sehat
|
Tenggorokan
|
Sehat
|
Kulit
|
Sehat
|
Gigi
|
Sehat
|
13. Penyakit yang diderita dan kadang kambuh : Tidak ada
14. Penyakit yang pernah diderita / sedang
diderita : Malaria
No
|
Jenis Penyakit
|
Lama
|
Tahun
|
Kererangan
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
15. Makanan / minuman yang harus dihindari :
C.
DATA KELUARGA
1. Orang Tua Kandung
Ayah Kandung
a.
Nama
: Drs. Akhis Isa Anshori
b.
Usia
/ Lahir : 48 tahun / 31 Desember 1966
c.
Agama
: Islam
d.
Suku
Bangsa : Indonesia
e.
Pendidikan
Akhir : S-1
f.
Pekerjaan : PNS
g.
Alamat
Kantor : Jl. Roro Jonggrang No. 6 Beran, Sleman
h. Alamat Rumah : Klaci III RT 01
RW 12 Margoluwih, Seyegan,
Sleman, Yogyakarta
i. No. Telepon : -
j. Hidup / Wafat : Hidup
Ibu Kandung
a. Nama : Dra. Suryati
b. Usia / Lahir : 48 tahun / 19 September 1966
c. Agama : Islam
d. Suku Bangsa : Indonesia
e. Pendidikan Akhir : S2
f. Pekerjaan : Guru
g. Alamat Kantor : Jl. Magelang KM
4,4 Mlati, Sleman
h. Alamat Rumah : Klaci III RT 01
RW 12 Margoluwih, Seyegan,
Sleman, Yogyakarta
i. No. Telepon : -
j. Hidup / Wafat : Hidup
16. Keadaan Saudara Kandung / Tiri
Nama
|
Fitri Khairunisa
|
Umur
|
|
Kakak / Adik
|
Kakak
|
Kandung / Tiri
|
Kandung
|
Agama
|
Islam
|
Pendidikan
|
Mahasiswa
|
D.
Data
Lingkungan Sosial
17. Status sosial ekonomi dan jumlah
tanggungan keluarga
Penghasilan
/ Bulan
Bersih
|
Tanggungan
Keluarga
|
Sekolah
|
Tidak
|
Rp. 4.000.000
|
3
|
-
|
18.
Kondisi
sosial ekonomi dan kondisi rumah
19.
Status
tempat tinggal : Milik
sendiri
20.
Dinding
:
Tembok
21.
Lantai
:
Keramik
22.
Transportasi
yang dimiliki : Motor
23.
Elektronik
yang dimiliki :
·
VCD
·
Mesin
cuci
·
Televisi,
dll.
·
Laptop
STUDI KASUS
KONSELING PERORANGAN (INDIVIDU)
1.
Identitas Klien
Nama (inisial) :
H.H.I
Pendidikan :
MAN Yogyakarta 1
Hari / Tanggal :
Rabu/29 Oktober 2014
2.
Diagnosa
Klien adalah
seorang siswi kelas X MIA 1 di MAN Yogyakarta 1. Klien masih takut untuk
bertanya dan mengemukakan pendapatnya. Klien belum percaya diri
3.
Prognosis
a.
Metode pendekatan dan materi
Menggunakan metode
individual yang meliputi wawancara dan observasi. Teknik konseling yang
digunakan yaitu pendekatan konseling Traits & Factors.
b.
Goal Setting
v Menumbuhkan kepercayaan diri pada klien
v Berani bertanya dikelas
v Berani mengungkapkan pendapatnya
c.
Teknik yang digunakan
Teknik assertive
training yaitu konselor mengkondisikan klien supaya ia berani berpendapat dan
lebih percaya diri.
4. Konseling
Setelah
klien menemui konselor, maka konselor membantu klien menangani masalah yang
dihadapinya. Untuk itu konselor menggunakan pendekatan konseling Trait n
Factors dengan langkah-langkah:
1. Penciptaan hubungan baik
Konselor menyambut klien
dengan ramah sebagai awal hubungan yang baik, agar tercipta kenyamanan dan rasa
percaya kepada klien
2. Identifikasi tingkah laku saat ini
v Kurang percaya diri
v Tidak berani mengungkapkan pendapatnya
v Tidak berani bertanya dikelas
A.
IDENTITAS SISWA
1.
No.
Induk :
2.
Nama
(Lengkap) : R.H.N
3.
Tempat
/ Tanggal Lahir : Yogyakarta, 27 Oktober 1999
4.
Asal
SD / SLTP : SMP N 15 Yogyakarta
5.
Alamat
SD / SLTP : Jl. Tegal Lempuyangan No. 61
6.
Alamat
Asal : -
7.
No.
Telepon : 081227636606
8.
Alamat
di Yogyakarta : Jl. Gajah No. 67
RT 7/RW 2 Umbulharjo,
Warungboto
9.
Asrama
: -
B.
DATA FISIK
1.
Ukuran
Badan
Tanggal Diukur
|
Tinggi Badan
(cm)
|
Berat Badan
(kg)
|
2014/2015
|
-
|
-
|
2.
Golongan
Darah : -
3.
Kesehatan
Badan
|
Sehat
|
Mata
|
Sehat
|
Telinga
|
Sehat
|
Hidung
|
Sehat
|
Tenggorokan
|
Sehat
|
Kulit
|
Sehat
|
Gigi
|
Sehat
|
4.
Penyakit
yang diderita dan kadang kambuh :
Tidak ada
5.
Penyakit
yang pernah diderita / sedang diderita : -
No
|
Jenis Penyakit
|
Lama
|
Tahun
|
Kererangan
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
6.
Makanan
/ minuman yang harus dihindari :
C.
DATA KELUARGA
1.
Orang
Tua Kandung
Ayah Kandung
a.
Nama
: Nashruddin
Salim
b.
Usia
/ Lahir : 55
tahun / 24Oktober 1959
c.
Agama
: Islam
d.
Suku
Bangsa : Indonesia
e.
Pendidikan
Akhir : S-2
f.
Pekerjaan : PNS
g.
Alamat
Kantor : Jl. Prasamya,
Sleman (Pengadilan Agama Sleman)
h.
Alamat
Rumah : Jl.
Gajah No. 67 RT 7/RW 2 Umbulharjo,
Warungboto
i.
No.
Telepon : -
j.
Hidup
/ Wafat : Hidup
Ibu Kandung
a.
Nama : Difla
Nadjih
b.
Usia
/ Lahir : 57
tahun / 19 Mei 1958
c.
Agama : Islam
d.
Suku
Bangsa : Indonesia
e.
Pendidikan
Akhir : S2
f.
Pekerjaan
: Dosen
Swasta
g.
Alamat
Kantor : Jl. Gambiran
UH III, Yogyakarta
(Universitas Cokroaminoto)
h.
Alamat
Rumah : Jl.
Gajah No. 67 RT 7/RW 2 Umbulharjo,
Warungboto
i.
No.
Telepon : -
j.
Hidup
/ Wafat : Hidup
1. Keadaan Saudara Kandung / Tiri
Nama
|
Ahmad F.A
|
Adi Putra
|
Umur
|
|
|
Kakak / Adik
|
Kakak
|
Kakak
|
Kandung / Tiri
|
Kandung
|
Kandung
|
Agama
|
Islam
|
Islam
|
Pendidikan
|
-
|
-
|
D.
Data
Lingkungan Sosial
1.
Status
sosial ekonomi dan jumlah tanggungan keluarga
Penghasilan
/ Bulan
Bersih
|
Tanggungan
Keluarga
|
Sekolah
|
Tidak
|
Rp. 10.000.000
|
3
|
1
|
2.
Kondisi
sosial ekonomi dan kondisi rumah
3.
Status
tempat tinggal : Milik
sendiri
4.
Dinding
:
Tembok
5.
Lantai
:
Keramik
6.
Transportasi
yang dimiliki : Motor
7.
Elektronik
yang dimiliki :
·
Mesin
cuci
·
Televisi,
dll.
Laptop
Lampiran 3 : Konseling Kelompok
LAPORAN BIMBINGAN KELOMPOK
MAN YOGYAKARTA 1
Kelas :
XII IPS 1 dan XII IPS 2
Hari/Tanggal :
Jumat/7 Nov 2014
A.
Identifikasi masalah
Beberapa
siswi memiliki persoalan yang sama yaitu masalah yang berkaitan dengan
persiapan menghadapi ujian nasional.
B. Pengumpulan Data
No
|
Nama
|
Kelas
|
Persiapan menghadapi UN
|
1
|
P.T.W
|
XII IS 2
|
Belajar, sholat 5 waktu, ikhtiar
|
2
|
A.D.M.P
|
XII IS 2
|
Belajar, beramal sholih, mengerjakan tugas
|
3
|
A.B.P
|
XII IS 1
|
Belajar, sholat, dzikir
|
4
|
A.M
|
XII IS 1
|
Belajar, sholat
|
C.
Pelaksanaan
Pelaksanaan bimbingan kelompok
dilaksanakan pada saat siswi sedang beristirahat, sehingga tidak mengganggu jam
pelajaran
D.
Rencana tindak lanjut
Apabila setelah proses bimbingan
kelompok ada permasalahan siswa dan siswi yang perlu ditindak lanjuti maka akan
dilakukan konseling secara individu dan berkoordinasi dengan guru BK terkait
menindak lanjuti hasil layanan ini bersama agar lebih maksimal
|
Yogyakarta, Des 2014
|
Mengetahui
|
|
Guru BK/ Pendamping lapangan
|
Peserta Praktikum
|
DRS. R. Khamdam Jauhari
NIP.19650702 200501 2 002
|
Anissa Dewi Erviana
11220057
|
Lampiran 4 : Laporan Verbatim
MEMBANTU KLIEN
DENGAN MENGGUNAKAN KONSELING REALITA
Kegiatan konseling ini dilakukan
dimana klien menemui konselor dan menceritakan semua permasalahan yang
dialaminya kemudian konselor membantu klien dalam menganalisis masalah tersebut
dan membantu klien dalam mencari alternative pemecahan masalahnya.
·
Deskripsi Masalah :
1.
Kebiasaan
klien yang malas belajar
2.
Banyak
sekali kegiatan di Pondok, sehingga menjadikan klien sulit membagi waktu untuk belajar
3.
Klien
merasa jauh dari orang tuanya
·
Laporan Verbatim
:
Nama :
Zelvy Mawar Sari
Hari
/ Tanggal : Jumat / 31 Oktober 2014
·
Kegiatan Selama Konseling
Setelah
klien menemui konselor, maka konselor membantu klien untuk menangani masalah
yang dihadapinya. Untuk itu konselor menggunakan pendekatan Konseling Realita
dengan langkah-langlah sebagai berikut :
1. Penciptaan hubungan baik
Konselor
menyambut klien dengan ramah sebagai awal hubungan yang baik, agar tercipta
kenyamanan dan rasa percaya klien kepada konselor
2. Identifikasi tingkah laku saat ini
Ø Klien masih malas untuk belajar
Ø Klien yang kurang dapat membagi waktu
untuk belajar
Ø Klien yang merasa jauh dari orang tuanya
3. Evaluasi tingkah laku saat ini
Konselor
mengajak klien untuk meningkatkan belajarnya dengan gaya belajar yang dapat
membuat klien nyaman, kemudian konselor mengajak klien untuk membuat agenda
kegiatan sehari-hari, hal ini berguna bagi klien supaya dia dapat membagi waktu
belajarnya dengan mudah di sela-sela kegiatan Pondok
4. Pengembangan rencana tindakan
Membantu klien
mengambil langkah-langkah yang ia lakukan
5. Komitmen klien untuk melaksanakan rencananya
Membuat
komitmen mengenai langkah-langkah yang akan diambil supaya dilaksanakan secara
sungguh-sungguh
Adapun wawancara
tahap pertama konseling antar konselor dengan klien melalui langkah-langkah
sebagaimana tersebut diatas, adalah sebagai berikut :
Konselor
dan Klien
|
Pernyataan
Konselor dan Klien
|
Tahap
Konseling
|
Teknik
Komunikasi Konseling
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Klien
|
Assalamu’alaikum….
|
|
|
Konselor
|
Waalaikumsalam…..
silahkan masuk
|
Rapport
|
Acceptance
|
Klien
|
Terimakasih….. (Klien
masuk ruang konseling sedikit gugup)
|
|
|
Konselor
|
Silahkan duduk di
tempat yang disukai. Ngomong-ngomong ini dengan adek siapa?
|
Perkenalan
|
Acceptance
|
Klien
|
Saya Zelvy….
|
|
|
Konselor
|
Oh iya, dek Zelvy……
Biar terlihat lebih
akrab Zelvy boleh panggil Mbak
|
|
|
Klien
|
Iya
saya manggilnya Mbak aja
|
|
|
Konselor
|
Zelvy
asalnya dari mana?
|
|
|
Klien
|
Saya
dari Palembang mbak…..
|
|
|
Konselor
|
Di
Jogja tinggal dimana dek?
|
|
|
Klien
|
Tinggal
di Pondok Pesantren Al Barokah mbak
|
|
|
Konselor
|
Alhamdulillah.
Tadi setelah mapel apa dek?
|
|
Topik
netral Lead Umum
|
Klien
|
Mapel
Matematika mbak
|
|
|
Konselor
|
Kalau
mbak tau dari semua pelajaran, pelajaran apa yang menurut Zelvy sulit
dipahami?
|
|
|
Klien
|
Itu mbak pelajaran
Matematika sama IPA
|
|
|
Konselor
|
Matematika sama IPA?
Pada bagian mana yang menurut Zelvy sulit?
|
|
|
Klien
|
Karena 2 mapel itu
kebanyakan rumus mbak, nah itu yang bikin aku pusing
|
|
|
Konselor
|
Emmmm….gitu terus
kebiasaan Zelvy setelah pulang sekolah ngapain?
|
|
|
Klien
|
Biasanya aku ikut
sholat Ashar jamaah di Pondok mbak, terus ngantri buat mandi sore kadang
sampai maghrib
|
|
|
Konselor
|
Oh, kemudian kegiatan
Zelvy setelah sholat maghrib?
|
|
|
Klien
|
Banyak mbak, kadang
sampek gak sempet belajar. Biasanya sholat maghrib berjamaah, terus tadarus
bareng sampai adzan isya’, kemudian dilanjutkan dengan jamaah sholat isya,
setelah itu kita mujaddahan bareng mbak sampek malem. Nah setelah mujaddahan
itu aku udah ngantuk mbak dan nggak sempet belajar
|
|
|
Konselor
|
Oh gitu,,, iya mbak
mengerti dengan keadaan Zelvy di Pesantren yang banyak kegiatan. Pernah nggak
Zelvy bangun pagi sebelum subuh lalu belajar?
|
|
|
Klien
|
Hehe,
belum pernah mbak, biasanya aku setelah jamaah sholat subuh terus tidur lagi
|
|
|
Konselor
|
Emmmm,,,,
kalau mbak boleh tau bagaimana dengan nilai UTS nya kemarin?
|
|
|
Klien
|
Yaa
begitu lah mbak, hasilnya nggak memuaskan (sambil menunduk malu dan sedih)
|
|
|
Konselor
|
Apa
yang menjadi kesulitan Zelvy ketika sedang UTS?
|
|
|
Klien
|
Ya
itu mbak, mungkin karena aku juga nggak bisa bagi waktu buat belajar karena
kebanyakan kegiatan juga di Pondok, terus aku juga masih sering malas-malasan
belajar. Sebenarnya aku udah punya keinginan buat bangun pagi untuk belajar,
tapi sampai sekarang rasa malas untuk bangun itu masih sering menggangguku
mbak. Kadang setelah bangun aku sering menyesal dan inget orang tuaku yang
jauh disana mereka taunya kalau aku disini belajar dengan sungguh-sungguh,
tapi aku masih sering malas-malasan (sambil menangis)
|
|
|
Konselor
|
Bagus,,,bagus
sekali,,,,,, (sambil tersenyum dan memeluk klien). Usaha yang dilakukan oleh
Zelvy sudah sangat bagus sampai saat ini. Mbak salut dengan usaha yang sudah
Zelvy lakukan. Berarti Zelvy sudah mempunyai niat untuk berubah dari
sekarang, Cobalah Zelvy mulai mengurangi rasa malas untuk bangun, percaya
pada diri sendiri bahwa Zelvy mampu untuk melawan rasa malas tersebut.
Setelah bangun tidur coba untuk berwudhu dan sholat setelah itu belajar,
mengulangi materi pelajaran yang akan di UTS kan pada esok hari. Mbak yakin
pasti Zelvy bisa mendapatkan nilai yang memuaskan dan akan terbiasa dengan
bangun pagi setiap hari
|
Identifikasi
tingkah laku saat ini
|
Lead
umum
Restatement
dan Lead Khusus
|
Klien
|
Saya
akan mencoba untuk bangun pagi, belajar dan melawan rasa malas saya mulai
dari sekarang mbak.
|
|
|
Konselor
|
Bagus!
Bilamana Zelvy berani untuk mencoba, InsyaAllah Zelvy akan diberikan
kemudahan mengerjakan soal-soal ketika UAS nanti.
|
|
|
Klien
|
Amiiin….
Terimakasih banyak mbak.
|
|
|
Konselor
|
Iya sama-sama
dek. Lagi pula Zelvy kan sekarang udah kelas XII, sebentar lagi akan
menghadapi Ujian Nasional dan Ujian Madrasah.
|
|
|
Klien
|
Okee mbak, siaap
(sambil tersenyum)
|
|
|
Konselor
|
Oke Zelvy tetap semangat
dan semoga sukses
|
|
|
Klien
|
Iya mbak,,,
(sambil jabat tangan
Assalamu’alaikum,,,
|
|
|
Konselor
|
Waalaikum
salam,,,
|
|
|
Lampiran 5 : IDENTITAS KLIEN
BIMBINGAN KELOMPOK
1)
Nama Lengkap : P.T.W
No. Induk : 1210683
Tempat/Tgl Lahir : Mataram, 10 Febuari 1997
Alamat di Jogja : Kembangarum, Dunokerto, Turi,Sleman
hp : 08122780684
asal sekolah : SMPN 1 Sleman
kendaraan : sepeda mtor
tinggal bersama : orang tua
2)
Nama Lengkap : A.B.P
No. Induk : 1210671
Tempat/tgl lahir : Sleman, 3 Desember 1997
Alamat di Jogja : Jl. Kaliwaru 073A Condong Catur DEpok, Sleman
hp : 524119
asal sekolah : SMPN 1 Depok Sleman
kendaraan : sepeda
tinggal bersama : orang tua
3)
Nama Lengkap : A.M
No. Induk : 1210673
Tempat/Tgl Lahir : Sleman, 29 September 1996
Alamat di Jogja : Sawahan, Nogotirto, gamping, sleman
hp : 08985005571
asal sekolah : SMPN 3 Godean
kendaraan : sepeda motor
tinggal bersama : orang tua
4)
Nama Lengkap : A.D.M.P
No. Induk : 1210723
Tempat/Tgl Lahir : Palembang, 17 Agustus 1996
Alamat di Jogja : Sambilegi Lor, Maguwoharjo, Depok, Sleman
hp : 085747069394
asal sekolah : SMPN 1 Kalasan
kendaraan : Bus Umum
tinggal bersama : orang tua
Lampiran 6 : Satuan Layanan Bimbingan Klasikal
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN KONSELING
A.Tema
Bimbingan : Motivasi Belajar
B. Bidang Bimbingan : Bimbingan Pribadi Sosial.
C. Fungsi Layanan : Pemahaman,
Pengembangan.
D. Komponen Program : Layanan Informasi.
E.
Tujuan Layanan :
Memberikan informasi.
F. Metode :
Ceramah dan Diskusi
G. Sasaran :
Kelas XI IPA 3
H. Tgl Layanan : 14 Nov 2014
I.
Alat
dan Bahan : Laptop dan LCD
J.
Hasil
yang diharapkan : Membantu siswa agar dapat memahami cara
meningkatkan motivasi dalam belajar
K.
Materi : Terlampir
L. Referensi :
Prayitno, Erman A, Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Rineka
Cipta, 2008.
TAHAP
|
KEGIATAN
|
ESTIMASI
WAKTU
|
Membuka
|
1. Mengucapakan salam dan berdoa
2. Mengkondisikan klien agar suasana
kondusif dan anak-anak bisa fokus pada materi yang akan disampaikan
3. Menyampaikan apa tujuan yang diharapkan
pada pertemuan ini tentang “Motivasi
Belajar” dengan menampilkan slide
4. Memutar video tentang semangat
menjalani hidup
5. Sesi tanya jawab
|
5
|
Penyampaian
materi Layanan Bimbingan
|
1. Ice Breaking
2. Guru Pembimbing menanyakan
apakah pernah mendengar tentang motivasi belajar?
3. Guru Pembimbing menjelaskan
tentang pengertian motivasi belajar
4. Guru Pembimbing menjelaskan macam-macam motivasi
5. Guru Pembimbing menjelaskan
cara meningkatkan motivasi dalam belajar
|
25
|
Penutup
|
1. Guru Pembimbing melakukan follow up
kepada siswa “apa yang kalian
dapat pahami tentang materi ini??”
2. Guru Pembimbing membuat kesimpulan atas
apa yang
disampaikan dari materi tersebut?
|
10
|
|
|
Yogyakarta, 14 Nov 2014
|
|
Mengetahui
|
|
Pembimbing
|
|
PPL BKI
|
|
|
|
DRS. R. Khamdam Jauhari
|
|
Anissa Dewi Erviana
|
NIP.19650702 200501 2 002
|
|
NIM. 11220057
|
Lampiran 7 : Dokumentasi
foto kegiatan