Blog Al Imam

  • Home
  • Kumpulan Makalah
  • 404
Home » KUMPULAN LAPORAN PPL » LAPORAN PPL

LAPORAN PPL



LAPORAN PRAKTIKUM
Lokasi
MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 YOGYAKARTA

Disusun Oleh:
Anissa Dewi Erviana
NIM: 11220057

Dosen Pembimbing Magang dan Praktikum:
Irsyadunnas, M.Ag
NIP.197104131998031006

JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
 YOGYAKARTA
TAHUN 2014/2015



PENGESAHAN
Bismillaahi rrahmaanirrahiim,
Setelah diadakan pengarahan,  koreksi dan perbaikan seperlunyaatas laporan Magang/Praktikum Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Tahun 2014/2015 dari Mahasiswa :
Nama               : Anissa Dewi  Erviana
NIM                : 11220057
Lokasi             : MAN 1 Yogyakarta
Maka laporan ini telah memenuhi syarat sesuai dengan pelaksanaan tugas magang mahasiswa yang bersangkutan, sehingga dapat diajukan sebagai tugas akhir Magang/Praktikum
Demikian pengesahan ini dibuat untuk dapat
dipergunakan sebagaimana mestinya.
Yogyakarta, Desember 2014





Guru BK/ Pendamping Lapangan




Drs. Kamdan Jauhari

NIP.19650702 200501 2 002


Mengetahui,

Dosen Pembimbing Lapangan




Irsyadunnas, M.Ag

NIP.197104131998031006






KATA PENGANTAR
Puji syukur Alhamdulillah, kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan kepada kita sehingga kita masih mempunyai kesempatan untuk menyelesaikanpenyusunanrencana program kerjaPelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan Bimbingan dan Konseling Islam tahun 2014/2015. Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang selalu memberi inspirasi bagi kami untuk tetap peduli kepada sesama.
Alhamdulillah, penyusunan rencana program kerja ini dapat terselesaikan dengan baik atas dukungan dan bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu, dengan segala partisipasinya kami mengucapkan terima kasih kepada :
  1. Bapak Dr. H. Waryono, M.Ag selaku Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  2. Bapak Muhsin Kalida, M. Selaku ketua jurusan Bimbingan Konseling Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  3. Bapak Irsyadunnas M,Agselaku Dosen Pembimbing PPL
  4. Bapak Drs. H. Imam Suja’i Fadly, MPdIselaku Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta.
  5. Ibu Dra. Musta’inatun, MA selaku koordinator umum MAN 1 Yogyakarta
  6. Bapak Drs. R. Khamdan Jauharydan Ibu Isni Lestari, S.Pd selaku guru Bimbingan dan Konseling kelas X dan XII sekaligus sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (Guru Pembimbing Lapangan)
  7. Segenap guru-guru, staf TU, dan siswa siswi MAN 1 Yogyakarta
  8. Teman-teman seribu satu kisah yang telah kita lalui bersama, spesial thanks to Amel, Aah, Iwan, dan Nuryo, Nice to meet you all....!
  9. Berbagai pihak yang telah membantu proses magang/praktikum dan penulisan laporan yang tidak bisa penyusun sebutkan satu-persatu
Penyusun menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu penyusun sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun untuk perbaikan pada masa yang akan datang. Harapan penyusun semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang membutuhkan

                                                                        Yogyakarta,  Desember 2014
                                                                         Penyusun,
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1      : Identitas klien konseling individu
Lampiran 2      : Hasil penilaian konseling individu
Lampiran 3      : Bimbingan kelompok
Lampiran 4      : Satlan bimbingan kelompok
Lampiran 5      : Laporn verbatim
Lampiran 6      : Satlan bimbingan klasikal
Lampiran 7      : Dokumentasi foto kegiatan


BAB 1
  PENDAHULUAN

A.    Identitas Lembaga/Sekolah
Nama Sekolah                         : Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta
Alamat Sekolah                       : Jl. C. Simanjuntak No. 60 Yogyakrta 55223
Telepon/Hp/Fax                      : (0274)-513327 Fax (0274) 513327
Status Sekolah                         :  Negeri
Nilai Akreditasi Sekolah         :  Terakreditasi A
B.     Profil Lembaga/Sekolah
1.      Sejarah Singkat MAN 1 Yogyakarta
Perjalanan MAN Yogyakarta I dimulai pada tahun1950 ketika Departemen Agama mendirikan tiga sekolah SGAI (Sekolah Guru Agama Islam) putra dan putri serta SGHA (Sekolah Guru Hakim Agama) secara de facto. SGHA inilah yang dalam perjalannya merupakan titik awal MAN Yogyakarta I. Pendirian tiga sekolah di lingkungan Departemen Agama ini secara de jure dengan Surat Penetapan Menteri Agama No. 7 Tanggal 5 Februari 1951.
  Usia SGHA hanya berlangsung tiga tahun, pada tahun 1954 SGHA oleh Departemen Agama dialihfungsikan menjadi PHIN (Pendidikan Hakim Islam Negeri).Perubahan fungsi ini ditujukan guna menyiapkan dan membentuk hakim-hakim yang saat masa tersebut kebutuhannya sangat besar.Berubahnya PHIN menjadi MAN Yogyakarta I yang secara kejenjangan merupakan sekolah setingkat dengan SMA (Sekolah Menegah Atas). MAN sebagai sekolah yang sederajat dengan SMA secara kelembagaan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan memberikan Surat Keputusan Nomor : 0489/U/1999 yang menyatakan bahwa MAN merupakan SMU berciri Agama Islam. Dengan dikeluarkannya SK Mendibud RI memberikan bukti nyata bahwa MAN Yogyakarta I dalam pembelajarannya menerapkan ketentuan dan ketetapan yang dijalankan oleh SMA pada umumnya dengan ciri khususnya Pendidikan Agama Islam mendapatkan preoritas yang lebih banyak dibanding dengan kurikulum yang diterapkan di lingkungan SMA.
Seiring dengan perjalanan waktu dan berbagai perubahan kurikulum nasional untuk tingkat pendidikan menengah (SMA), MAN Yogyakarta I tetap mampu menunjukkan jati dirinya sebagai sekolah Agama Islam setingkat SMA yang dikelola Departemen Agama. Di tengah-tengah persaingan yang kompetetif dengan SMA, MAN Yogyakarta I merupakan idola terhadap dunia pendidikan Islam, dengan siswa peserta didik kurang lebih 30 % berasal dari luar D.I. Yogyakarta terutama yang berbasis pesantren dan lingkungan Agama Islamnya berakar kuat seperti Demak, Kudus, Pantura dll. Lulusan MAN Yogyakarta I telah banyak yang berhasil melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan PTS (perguruan Tinggi Swasta) di dalam negeri ataupun di luar negeri seperti di Al Azhar (Mesir) dan Pakistan, Kuwait, dan lainnya.
Sejarah singkat gambaran sejarahnya adalah sebagai berikut :
1.        SGHA (Sekolah Guru Hakim Agama)
Tahun 1950/1951-1954
2.        PHIN (Pendidikan Hakim Islam Negeri)
Tahun 1954-1978
3.        MAN 1 (Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta 1)
Tahun 1978-sekarang
          Lokasi gedung MAN Yogyakarta 1 ini terletak di wilayah kodya Yogyakarta bagian utara yang berdekatan dengan perbatasan wilayah kabupaten Sleman dengan memiliki luas tanah kurang lebih 2 hektar. Secara geografis letak MAN Yogyakarta 1 dapat digambarkan sebagai berikut :
1.             Sebelah utara dibatasi oleh jalan Prof. Dr. Sardjito
2.             Sebelah timur dibatasi oleh jalan. C. Simanjuntak
3.             Sebelah barat dibatasi dengan gedung Fisipol UGM
4.             Sebelah selatan dibatasi oleh gang kampong Terban

2.      Visi dan Misi Sekolah
a.    Visi Sekolah
Visi dari MAN Yogyakarta 1 adalah sebagai berikut :
ULIL ALBAB
UL       = Unggul
IL        = Ilmiah
Al        = Amaliyah
BA       = Ibadah
B          = Bertanggung jawab
            Dengan penjelasan bahwa MAN Yogyakarta 1 berusaha mencetak siswanya dengan keunggulan ilmu pengetahuan dan agama islam, keilmiahan pola pikir, dan mewujudkan amal ibadah serta dapat mempertanggung jawabkan seluruh aspek kegiatannya.
b.      Misi
1)        Menumbuhkan dan meningkatkan keimana, ketakwaan, dan ibadah serta akhlakul karimah sehingga menjadi pedoman hidup
2)        Menumbuhkembangkan nilai sosial dan budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak
3)        Melaksanakan proses pendidikan dan pengajaran secara efektif dan efisien agar siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki
4)        Meningkatkan pembelajaran terhadap siswa melalui pendidikan yang berkarakter unggul, berbudaya, aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan
5)        Menumbuhkan semangat juang menjadi yang terbaik kepada siswa dalam bidang akademik dan non akademik
6)        Mempersiapkan dan memfasilitasi siswa untuk studi lanjut ke perguruan tinggi
7)        Menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam kehidupan di masyarakat dan pelestarian lingkungan
c.       Struktur Organisasi Bimbingan dan Konseling MAN Yogyakarta 1
Bimbingan dan Konseling di MAN Yogyakarta 1 tahun 1978, hal ini di latar belakangi karena banyaknya permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh siswa.Adanya bimbingan konseling di MAN Yogyakarta 1 bertujuan untuk membantu perkembangan siswa secara optimal.Selain itu, adanya layananan bimbingan dan konseling bertujuan untuk membantu siswa agar dapat mencapai tujuan-tujuan perkembangan yang meliputi aspek pribadi-sosial, pendidikam dan karir.
Dalam pelaksanaannya, bimbingan dan konselingyang ada di MAN Yogyakarta 1 memiliki system pengorganisasian kegiatan. Sistem pengorganisasian kegiatan ini merupakan bentuk kegiatan yang mengatur cara  kerja, prosedur kerja dan pola atau mekanisme kerja kegiatan bimbingan dan konseling. Bimbingan dan konseling tidak akan terlaksana dengan baik tanpa adanya pengorganisasian yang baik. Pengorganisasian  yang baik dalam pengaturan kegiatan bimbingan dan konseling ditandai oleh adanya dasar dan tujan organisasi, personil dan perencanaan yang matang.
Organisasi pelayanan bimbingan dan konseling di MAN Yogyakarta 1 meliputi segenap unsure yang dapat digambarkan dalam diagram berikut:
Bagian 1
Struktur Organisasi Pelayanan Bimbingan dan Konseling
No.
Nama
Pendidikan
Jabatan
1.
Isni Lestari, S.Pd Drs.
S1
Guru BK kelas X
2.
H.Mulyadi, S.Pd. MA.
S1
Guru BK kelas XI
3.
Khamdan Jauhary
S1
Koordinator dan Guru BK kelas XII
4.
Moh. Afif Jerusalem, S.Pd
S1
Administator BK

3. Sarana dan Prasarana Bimbingan dan Konseling
Ruang BK merupakan salah satu sarana penting yang turut mempengaruhikeberhasilan pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah.Secara geografis lokasi ruang BK MAN Yogyakarta 1 menempati ruangan sebelah barat, dan sebelah utara asrama putra. Sedangkan ditinjau dari keadaan ruangan BK dan segi luas ruangan sudah cukup memenuhi standar ideal,diantaranya :
No
Nama Sarana dan Prasarana
Jumlah
Keterangan
1
Ruang Guru BK
1
Baik
2
Ruang Bimbingan Konseling
1
Baik
3
Bagan Mekanisme Bimbingan dan Konseling
1
Baik
4
Bagan Program Kegiatan Layanan BK
1
Baik
5
Bagan Bank Data Siswa MAN Yogyakarta 1
1
Baik
6
Bagan Struktur Organigram BK MAN Yogyakarta 1
1
Baik
7
Majalah Dinding
1
Baik
8
Kotak Surat
1
Baik
9
Meja Guru
4
Meja Guru
10
Lemari
5
Lemari
11
TV
1
TV
12
Kipas Angin
3
Kipas Angin
13
Rak Buku
1
Rak Buku
14
Meja Konseling
1
Meja Guru
15
Kursi guru 4
3
Lemari
16
Kursi Tamu
12



c. Administrasi Bimbingan dan Konseling MTs N Yogyakarta 1
a) Administrasi BK Perkelas
Perkelas dilaksanakan untuk mengetahui kondisi keberadaan siswanya, dimana administrasi ini terdiri dari buku pemanduan kehadiran siswa, grafik ketidakhadiran siswa, catatan wali kelas, tabel sosiometri dan sosiogram siswa.
b) Administrasi BK persiswa
Administrasi BK persiswa digunakan untuk mengetahui kondisi siswa secara individu, yakni terdiri dari buku pribadi siswa dan data hasil Identifikasi Kebutuhan dan Masalah Siswa (IKMS), sosiometri.


c) Pola BK 17 Plus
Dalam pelayanan terdapat beberapa bimbingan dan layanan  yang bersifat pokokmaupun pendukung, sehingga berfungsi lebih efektif dan efesien. diantaranya:
1.      Bimbingan
2.      Bimbingan Belajar
3.      Bimbingan Sosial
4.      Bimbingan Karis
5. Bimbingan Kehidupan Berkeluarga
6.      Bimbingan Kehidupan Keberagaman
7.      Lanayan Orientasi
8.      Layanan Informasi
9.      Layanan Penempatan/Penyaluran
10.  Layanan Konseling Perorangan
11.  Layanan Konseling Kelompok
12.  Layanan Bimbingan Kelompok
13.  Layanan Penguasaan Konten
14.  Layanan Mediasi
15.  Layanan Rumah
16.  Konferensi Kasus
17.  Tampilan Kepustakaan

d) Jadwal Program BK
Program BK terdiri dari program tahunan, program bulanan, program mingguan, dan program harian, yang masing-masing sudah tersusun dengan rapih.
e) Rekap daftar inventaris ruangan
Rekap daftar inventaris merupakan catatan dari kelengkapan yang ada di dalam bimbingan dan konseling, agar nantinya bisa terlihat barang yang masih ada dan yang hilang.
g) Buku Administrasi BK
 BK di sekolah ini terdiri dari bimbingan pribadi, sosial, belajar, karir, keluarga, keberagaman, home visit dan catatan anekdot.

h) Daftar piket BK
Jadwal piket ini sebagai konsekuensi kedisiplinan BK yang dalam satu minggu guru BK hadir penuh dan dalam satu harinya minimal 5 jam berada di sekolah.
i) Evaluasi BK
Catatan keberhasilan BK dibuat dalam rangka untuk mengetahui keprofesionalan guru BK dalam mendampingi siswanya, baik itu mendampingi siswa bermasalah atau siswa yang berprestasi dalam belajarnya.Sehingga dapat mengetahui kekurangan dari setiap programnya dan untuk menjadi lebih baik dalam pelaksanaan program selanjutnya.




BAB II
PERENCANAAN PROGRAM KERJA


A.   Rencana Program Kerja

1.      Kelompok

Adapun beberapa rencana program kerja kelompok yang akan di laksanakan PPL UIN BKI di MAN Negeri Yogyakarta 1 yang telah disepakati bersama antara anggota praktikan, guru BK dan Sekolah diantaranya:
NO
RENCANA PROGRAM KERJA
RENCANA PELAKSANAAN
SASARAN PROGRAM
KETERANGAN
1
Mind Map
1 x selama PPL
(oktober)
Ruang BK MAN 1 Yogyakarta
-          Mind map proses belajar
-          Mind map konseling
2
Pembuatan Struktur Organigram Laboraturium Agama
1x selama PPL
Kantor BK MAN 1 Yogyakarta
-          kontribusi
3
Career Day
1x selama PPL (desember)
-          Siswa kelas XI dan XII
-          Wali siswa kelas XII
-          Guru BK
-          Program tahunan sekolah sebagai Layanan Bimbingan karir
4
Sosialisasi BKI
1x selama PPL (desember)
Siswa kelas XI dan XII
Pembagian stiker
5
Pembuatan FB MAN 1 Yogyakarta
1xselama PPL
(november)
Siswa MAN 1 Yogyakarta
Media layanan BK

2.      Rencana Program Kerja Individu

No
Kegiatan
Target
Bidang Layanan
Waktu Pelaksanaan
1
Bimbingan Kelompok
Kelas X IIK, X IBB, XI IPA 1
-          Layanan Orientasi
-          Layanan Informasi
-          Layanan Penguasan Konten
-          1 X Selama 2 Minggu  (satu kelas)
2
Konseling Kelompok
Kelas X IIK, X IBB, XI IPA 1
-          Layanan Informasi
-          Layanan Penguatan
-          Layanan Konsultasi
-          1 X Selama 2 Minggu
(satu kelas)

3
Konseling Individual
Kelas X IIK, X IBB, XI IPA 1
-          Layanan konseling perorangan
-          Layanan Informasi
-          Layanan Penguatan
-          Layanan Konsultasi
-          2 X Selama 1 Minggu
4
Bimbingan Klasikal
Kelas XII (incidental)
-          Layanan Orientasi
-          Layanan Informasi
-          1 x Selama PPL
5
Home Visit
Incidental
Incidental
Insidental

B.   Pelaksanaan Program Kerja

1.              Pelaksanaan Program Kerja Kelompok
NO
RENCANA PROGRAM KERJA
RENCANA PELAKSANAAN
SASARAN PROGRAM
KETERANGAN
1
Mind Map
1 x selama PPL
(Oktober)              
Ruang BK MAN 1 Yogyakarta
-          Mind map proses belajar
-          Mind map konseling
2
Pendataan buku pribadi kelas X
1x selama PPL
Kantor BK MAN 1 Yogyakarta
-          administrasi BK
3
Administrasi ISO
1xselama PPL
Kantor BK MAN 1 Yogyakarta
-          administrasi BK
4
Pengawas UTS
(Oktober)


5
Relawan Perpustkaan
1x selama PPL (Desember)
Perpustakaan MAN Yogyakarta 1
-          persiapan UTS
6
Pembuatan Email dan Facebook MAN 1 Yogyakarta
1xselama PPL
(November)
Siswa MAN 1 Yogyakarta
Media layanan BK
7
Pengawas UAS
(November)


8
Career Day
1x selama PPL (Desember)
-          Siswa kelas XII
-          Wali siswa kelas XII
-          Guru BK + siswa undangan
-          expo PT
Layanan Bimbingan karir


2.      Pelaksanaan Program Kerja Individu

No
Kegiatan
Target
Bidang Layanan
Waktu Pelaksanaan
1
Konseling  Kelompok
Kelas XII IPS 1, XII IPS 2
-          Layanan Informasi
-          Layanan Penguatan
-          Layanan Konsultasi
-          1xSelama PPL

2
Konseling Individual
Kelas XII Agama, X MIA 1, X MIA 2, X MIA 3, XII IPS 2
-          Layanan konseling perorangan
-          Layanan Informasi
-          Layanan Penguatan
-          Layanan Konsultasi
-          insidental
3
Bimbingan Klasikal
Kelas XI IPA 3
-          Layanan Orientasi
-          Layanan Informasi
-          1xSelama PPL

C.    Analisis hasil pelaksanaan dan refleksi
1.      Program Kerja Kelompok
@terlampir
2.      Program Kerja Individual
a)      Bimbingan Kelompok
                Bimbingan kelompok ditujukkan pada siswa kelas XII sebanyak 4 siswa dari 2 putra kelas XII IPS 1, dan 2 orang siswa putra dan putri dari kelas XII IPS 2, siswa tersebut yang termasuk peringkat 5 terbawah, hasil di peroleh dari hasil UTS. Adanya bimbingan kelompok berfungsi sebagai bentuk bimbingan belajar dalam prestasi sekolah yang bersifat preventif, sehingga dapat membantu dalam kesulitan belajar dan memotivasi dalam belajar.
b)      Bimbingan Klasikal
                Bimbingan klasikal merupakan salah satu program bimbingan yang sudah terjadwal diberikan kepada seluruh kelas XII.Sebenarnya BK hanya diberikan di kelas XII saja, akan tetapi pada waktu tertentu saya mencari jam kosong di kelas XI IPA 3 dan memberikan layanan bimbingan klasikal yang bertema Motivasi Belajar sebelum memberikan layanan tersebut siswa diperlihatkan tentang video motivasi terlebih dahulu.
c)      Konseling Individual
                Konseling indivual adalah layanan dalam bimbingan dan konseling yang bersifat kuratif atau pengentasan masalah berbagai problem yang berbeda-beda dialami oleh klien, pelaksanaan konseling dilakukan secara face to face, sedangkan tempat di sesuaikan dengan keinginan klien.Adapun jumlah klien yang sudah di tangani sebanyak 6 orang.
d)      Media BKI
                Media BKI adalah bentuk layanan informasi secara tidak langsung yang di publikasikan melalui media cetak di majalah dinding BK MAN Yogyakarta 1 dengan tema Memilih Perguruan Tinggi dan Jurusan Kuliah, di tujukkan kepada semua siswa terutama kelas XII.
               


Lampiran 1 : IDENTITAS KLIEN KONSELING INDIVIDU

A.    IDENTITAS SISWA
1.      No. Induk                         : 1210807
2.      Nama (Lengkap)               : Zelvy Mawar Sari
3.      Tempat / Tanggal Lahir    : Bangun Sari, 30 Maret 1997
4.      Asal SD / SLTP                : SMP N 1 BP. Peliung
5.      Alamat SD / SLTP            : Jln. Jati Tunggal
6.      Alamat Asal                      : Sumatera Selatan
7.      No. Telepon                      : 085788387227
8.      Alamat di Yogyakarta      : Pondok Pesantren Al Barokah Karang Waru
9.      Asrama                              : -

B.     DATA FISIK
1.         Ukuran Badan
Tanggal Diukur
Tinggi Badan
(cm)
Berat Badan
(kg)
2012/2013
160
45

2.         Golongan Darah               : -
3.         Kesehatan
Badan
Sehat
Mata
Sehat
Telinga
Sehat
Hidung
Sehat
Tenggorokan
Sehat
Kulit
Sehat
Gigi
Sehat
4.         Penyakit yang diderita dan kadang kambuh        : Tidak ada
5.         Penyakit yang pernah diderita / sedang diderita : Tidak ada
No
Jenis Penyakit
Lama
Tahun
Kererangan
1
-
-
-
-
2
-
-
-
-
6.         Makanan / minuman yang harus dihindari          :

C.    DATA KELUARGA
1.         Orang Tua Kandung
Ayah Kandung
a.     Nama                           : Yusuf Ansori
b.    Usia / Lahir                 :  49 tahun / 12 Agustus 1965
c.     Agama                         :  Islam
d.    Suku Bangsa               :  Melayu
e.     Pendidikan Akhir        :  SMA
f.   Pekerjaan                    :  Wiraswasta
g.    Alamat Kantor            :  -
h.    Alamat Rumah            :  Sumatera Selatan
i.    No. Telepon                :  081532153251
j.   Hidup / Wafat              :  Hidup
Ibu Kandung
a.    Nama                           :  Farida
b.    Usia / Lahir                 :  42 tahun / 29 September 1972 
c.    Agama                         :  Islam
d.    Suku Bangsa               :  Melayu
e.    Pendidikan Akhir        :  SLTA
f.     Pekerjaan                     :  Wiraswasta
g.    Alamat Kantor            :  -
h.    Alamat Rumah                        :  Sumatera Selatan
i.      No. Telepon                 :  081367600350
j.      Hidup / Wafat             :  Hidup

2.         Keadaan Saudara Kandung / Tiri
Nama
Fredy Yogi. F
Umur
22 tahun
Kakak / Adik
Kakak
Kandung / Tiri
Kandung
Agama
Islam
Pendidikan
Mahasiswa
D.    Data Lingkungan Sosial
1.    Status sosial ekonomi dan jumlah tanggungan keluarga
Penghasilan / Bulan
Bersih
Tanggungan Keluarga
Sekolah
Tidak
Rp. 3.000.000
2
-
2.    Kondisi sosial ekonomi dan kondisi rumah
a.    Status tempat tinggal                 : Milik sendiri
b.    Dinding                                      : Tembok
c.    Lantai                                         : Keramik
d.    Transportasi yang dimiliki         : Motor
e.    Elektronik yang dimiliki            :
·      VCD
·      Lemari es
·      Mesin cuci
·      Televisi, dll






 Lampiran 2     : Penilaian hasil konseling individu
STUDI KASUS
KONSELING PERORANGAN (INDIVIDU)
1.      Identitas Klien
Nama (inisial)                    : Z.M.S
Pendidikan                        : MAN Yogyakarta 1
Hari / Tanggal                   : Jumat/31 Oktober 2014

2.      Diagnosa
       Klien adalah seorang siswi kelas XII Agama di MAN Yogyakarta 1. Ia merasa hasil nilai UTS nya sangat jelek dan di kelas ia merupakan salah satu siswi yang tergolong peringkat lima besar ke bawah, kemudian klien juga sangat sulit untuk bangun lebih awal.
       Selain itu klien memiliki masalah dengan waktu belajarnya di pondok. Ia sulit mengatur waktu belajarnya di pondok karena jadwal kegiatan keagamaannya di pondok lebih banyak dari waktu subuh menjelang isyak, sehingga ia merasa kesulitan untuk belajar.

3.      Prognosis
a.      Pendekatan Konseling (Konseling Trait and Factor)
ü Alasan menggunakan pendekatan
      Klien diatas sulit untuk mengatur waktu belajarnya sehingga nilai UTSnya menurun padahal klien tersebut sudah duduk di kelas XII dan sebentar lagi akan mengikuti ujian nasional. Alasan konselor menggunakan pendekatan ini adalah supaya klien dapat mengubah sikap atau mengatur waktu belajarnya di pondok pesantren.
ü  Identitas perilaku klien yang tidak tepat
      Klien yang mempunyai sifat malas untuk bangun pagi dansulit mengatur waktu belajarnya di pondok pesantren.
b.      Prosedur Konseling  (Tahap-tahap Konseling)
1.    Penerimaan Hubungan
            Konselor membangun hubungan baik dengan klien, agar terciptakan kenyamanan dan kepercayaan antar keduanya. Menyambut klien dengan ramah dan hangat merupakan hubungan awal yang baik antar klien dan konselor. Konselor meminta klien agar menganggap konselor seperti saudara sendiri. Kemudian konselor dan klien membuat kesepakatan mengenai hubungan dan batas keterlibatan konselor.
2.    Kontrak :
1.      Masalah yang dibahas seputar klien
2.      Pelaksanaan konseling
3.      Tempat dilaksanakannya proses konseling

3.Rencana Perubahan
ü  Klien diajak untuk mengevaluasi tingkah lakunya yang tidak tepat
            Bagaimana cara klien menilai dirinya sendiri, belajar untuk menghadapi kemalasan bangun pagi dan belajar untuk membagi waktu belajarnya.
ü  Membantu rencana perubahan tingkah lakunya
            Klien diajak untuk memikirkan mengenai apa saja yang akan ia lakukan, mengenai bagaimana dia mempunyai keinginan untuk merubah sikapnya.
4.    Pengembangan rencana tindakan
            Membantu klien mengambil langkah-langkah yang ia lakukan
5.        Komitmen klien untuk melaksanakan rencananya
          Membuat komitmen mengenai langkah-langkah yang akan diambil supaya dilaksanakan secara sungguh-sungguh

4. Konseling
                 Setelah klien menemui konselor, maka konselor membantu klien menangani masalah yang dihadapinya. Untuk itu konselor menggunakan pendekatan konseling Trait n Factors dengan lankah-langkah:
1.      Penciptan hubungan baik
            Konselor menyambut klien dengan ramah sebagai awal hubungan yang baik, agar tercipta kenyamanan dan rasa percaya kepada klien
2.      Identifikasi tingkah laku saat ini
v  Nilai UTS menurun
v  Malas belajar
v  Belum dapat mengatur waktu belajar
3.      Evaluasi tingkah laku saat ini
            Konselor mengajak klien untuk meninggalkan rasa malas dan supaya lebih giat belajar, kemudian konselor mengajak klien untuk mengatur waktu luanguntuk belajarnya.



A.                IDENTITAS SISWA
1.         No. Induk                        : 1210807
2.         Nama (Lengkap)              : T.A.A
3.         Tempat / Tanggal Lahir   : Yogyakarta, 17 Desember 1998
4.         Asal SD / SLTP               : SMP N 15 Yogyakarta
5.         Alamat SD / SLTP           : Jl. Tegal Lempuyangan No. 61
6.         Alamat Asal                     : -
7.         No. Telepon                     : 085701519323
8.         Alamat di Yogyakarta     : Jl. C. Simanjuntak. Terban GK V / 153 / Yogyakarta
9.         Asrama                             : -

B.                 DATA FISIK
7.         Ukuran Badan
Tanggal Diukur
Tinggi Badan
(cm)
Berat Badan
(kg)
2014/2015
160
45

8.         Golongan Darah               : -
9.         Kesehatan
Badan
Sehat
Mata
Sehat
Telinga
Sehat
Hidung
Sehat
Tenggorokan
Sehat
Kulit
Sehat
Gigi
Sehat
10.     Penyakit yang diderita dan kadang kambuh        : Tidak ada
11.     Penyakit yang pernah diderita / sedang diderita : Tidak ada
No
Jenis Penyakit
Lama
Tahun
Kererangan
1
-
-
-
-
2
-
-
-
-
12.     Makanan / minuman yang harus dihindari          :

C.                DATA KELUARGA
3.         Orang Tua Kandung
Ayah Kandung
a.    Nama                           :  Suwimbar
b.    Usia / Lahir                 :  47 tahun / 10 Oktober 1967
c.    Agama                         :  Islam
d.    Suku Bangsa               :  Indonesia
e.     Pendidikan Akhir        :  S-1
f.   Pekerjaan                    :  Wiraswasta
g.    Alamat Kantor            :  -
h.    Alamat Rumah            :  Jln. C. Simanjuntak. Terban. GK V/153 Yogyakarta
i.    No. Telepon                : -
j.   Hidup / Wafat              :  Hidup
Ibu Kandung
k.    Nama                           :  Sri Sabarini
l.      Usia / Lahir                 :  50 tahun / 27 April 1964 
m.  Agama                         :  Islam
n.    Suku Bangsa               :  Indonesia
o.    Pendidikan Akhir        :  Diploma
p.    Pekerjaan                     :  Wiraswasta
q.    Alamat Kantor            :  -
r.     Alamat Rumah                        :  Jln. C. Simanjuntak. Terban. GK V/153 Yogyakarta
s.     No. Telepon                 :  -
t.      Hidup / Wafat             :  Hidup

10.           Keadaan Saudara Kandung / Tiri
Nama
Theda Prima M.
Umur

Kakak / Adik
Kakak
Kandung / Tiri
Kandung
Agama
Islam
Pendidikan


D.                Data Lingkungan Sosial
11.               Status sosial ekonomi dan jumlah tanggungan keluarga
Penghasilan / Bulan
Bersih
Tanggungan Keluarga
Sekolah
Tidak
Rp. 1. 000.000
3
-
12.               Kondisi sosial ekonomi dan kondisi rumah
E.   Status tempat tinggal                 : Milik sendiri
F.   Dinding                                      : Tembok
G.  Lantai                                         : Keramik
H.  Transportasi yang dimiliki         : Motor
I.     Elektronik yang dimiliki            :
·      VCD
·      Lemari es
·      Mesin cuci
·      Televisi, dll.
·      Laptop
·      AC


Lampiran 2      : Penilaian hasil konseling individu
STUDI KASUS
KONSELING PERORANGAN (INDIVIDU)
1.        Identitas Klien
Nama (inisial)                    : T.A.A
Pendidikan                        : MAN Yogyakarta 1
Hari / Tanggal                   : Kamis/30 Oktober 2014

2.    Diagnosa
       Klien adalah seorang siswi kelas X MIA 3 di MAN Yogyakarta 1. Ia merasa hasil UTSnya menurun, dan ia mengalami kesulitan untuk mempelajari kosakata bahasa arab.
     Selain itu klien memiliki masalah di rumah, dimana ia sering mendapatkan teror telpon dari orang yang tak dikenalnya, semenjak itulah ia menjadi tidak tenang dan selalu khawatir kepada keluarganya

3.    Prognosis
a.         Pendekatan Konseling (Konseling Trait and Factor)
ü Alasan menggunakan pendekatan
            Klien diatas mengalami kesulitan untuk mempelajari kosakata bahasa arab dan hatinya selalu gelisah. Alasan konselor menggunakan pendekatan ini adalah supaya klien dapat memahami kosakata bahasa arab
ü  Identitas perilaku klien yang tidak tepat
      Klien yang merasa tidak tenang dan khawatir terhadap keluarganya.
c.       Prosedur Konseling  (Tahap-tahap Konseling)
1.      Penerimaan Hubungan
            Konselor membangun hubungan baik dengan klien, agar terciptakan kenyamanan dan kepercayaan antar keduanya. Menyambut klien dengan ramah dan hangat merupakan hubungan awal yang baik antar klien dan konselor. Konselor meminta klien agar menganggap konselor seperti saudara sendiri. Kemudian konselor dan klien membuat kesepakatan mengenai hubungan dan batas keterlibatan konselor.
2.      Kontrak :
1.      Masalah yang dibahas seputar klien
2.      Pelaksanaan konseling
3.      Tempat dilaksanakannya proses konseling
3.Rencana Perubahan
ü  Klien diajak untuk mengevaluasi tingkah lakunya yang tidak tepat
            Bagaimana cara klien menilai dirinya sendiri, belajar untuk menghadapi kemalasan bangun pagi dan belajar untuk membagi waktu belajarnya.
ü  Membantu rencana perubahan tingkah lakunya
            Klien diajak untuk memikirkan mengenai apa saja yang akan ia lakukan, mengenai bagaimana dia mempunyai keinginan untuk merubah sikapnya.
4.    Pengembangan rencana tindakan
            Membantu klien mengambil langkah-langkah yang ia lakukan
5.        Komitmen klien untuk melaksanakan rencananya
          Membuat komitmen mengenai langkah-langkah yang akan diambil supaya dilaksanakan secara sungguh-sungguh

4. Konseling
                 Setelah klien menemui konselor, maka konselor membantu klien menangani masalah yang dihadapinya. Untuk itu konselor menggunakan pendekatan konseling Trait n Factors dengan langkah-langkah:
1.      Penciptaan hubungan baik
            Konselor menyambut klien dengan ramah sebagai awal hubungan yang baik, agar tercipta kenyamanan dan rasa percaya kepada klien
2.      Identifikasi tingkah laku saat ini
v  Nilai UTS menurun
v  sulit memahami kosakata bahasa arab
v  selalu gelisah dan khawatir
3.      Evaluasi tingkah laku saat ini
            Konselor mengajak klien untuk meninggalkan rasa malas dan supaya lebih giat belajar, kemudian konselor mengajak klien untuk mengatur waktu luanguntuk belajarnya.





A.                   IDENTITAS SISWA
1.         No. Induk                        :
2.         Nama (Lengkap)              : H.H.I
3.         Tempat / Tanggal Lahir   : Jayapura, 27 September 1999
4.         Asal SD / SLTP               : MTsN Yogyakarta 1
5.         Alamat SD / SLTP           : Jl. Magelang KM 4,4 Mlati, Sleman
6.         Alamat Asal                     : -
7.         No. Telepon                     : 085729096920
8.         Alamat di Yogyakarta     : Klaci III RT 01 RW 12 Margoluwih, Seyegan,
  Sleman, Yogyakarta
9.         Asrama                             : -

B.                    DATA FISIK
10.     Ukuran Badan
Tanggal Diukur
Tinggi Badan
(cm)
Berat Badan
(kg)
2014/2015
-
-

11.     Golongan Darah               : -
12.     Kesehatan
Badan
Sehat
Mata
Sehat
Telinga
Sehat
Hidung
Sehat
Tenggorokan
Sehat
Kulit
Sehat
Gigi
Sehat
13.     Penyakit yang diderita dan kadang kambuh        : Tidak ada
14.     Penyakit yang pernah diderita / sedang diderita : Malaria
No
Jenis Penyakit
Lama
Tahun
Kererangan
1
-
-
-
-
2
-
-
-
-
15.     Makanan / minuman yang harus dihindari          :

C.                DATA KELUARGA
1.      Orang Tua Kandung
Ayah Kandung
a.          Nama                        :  Drs. Akhis Isa Anshori
b.         Usia / Lahir              :  48 tahun / 31 Desember 1966
c.          Agama                      :  Islam
d.         Suku Bangsa            :  Indonesia
e.          Pendidikan Akhir     :  S-1
f.          Pekerjaan                 :  PNS
g.         Alamat Kantor         :  Jl. Roro Jonggrang No. 6 Beran, Sleman

h.   Alamat Rumah            :  Klaci III RT 01 RW 12 Margoluwih, Seyegan,
                                    Sleman, Yogyakarta
i.     No. Telepon                : -
j.   Hidup / Wafat              :  Hidup
Ibu Kandung
a.    Nama                           :  Dra. Suryati
b.   Usia / Lahir                 :  48 tahun / 19 September 1966 
c.    Agama                         :  Islam
d.    Suku Bangsa               :  Indonesia
e.    Pendidikan Akhir        :  S2
f.     Pekerjaan                     :  Guru
g.    Alamat Kantor            :  Jl. Magelang KM 4,4 Mlati, Sleman
h.   Alamat Rumah            :  Klaci III RT 01 RW 12 Margoluwih, Seyegan,
                                    Sleman, Yogyakarta
i.      No. Telepon                 :  -
j.      Hidup / Wafat             :  Hidup

16.  Keadaan Saudara Kandung / Tiri
Nama
Fitri Khairunisa
Umur

Kakak / Adik
Kakak
Kandung / Tiri
Kandung
Agama
Islam
Pendidikan
Mahasiswa

D.          Data Lingkungan Sosial
17.     Status sosial ekonomi dan jumlah tanggungan keluarga
Penghasilan / Bulan
Bersih
Tanggungan Keluarga
Sekolah
Tidak
Rp. 4.000.000
3
-
18.           Kondisi sosial ekonomi dan kondisi rumah
19.         Status tempat tinggal                 : Milik sendiri
20.         Dinding                                      : Tembok
21.         Lantai                                         : Keramik
22.         Transportasi yang dimiliki         : Motor
23.         Elektronik yang dimiliki            :
·      VCD
·      Mesin cuci
·      Televisi, dll.
·      Laptop


STUDI KASUS
KONSELING PERORANGAN (INDIVIDU)
1.    Identitas Klien
Nama (inisial)                    : H.H.I
Pendidikan                        : MAN Yogyakarta 1
Hari / Tanggal                   : Rabu/29  Oktober 2014

2.    Diagnosa
       Klien adalah seorang siswi kelas X MIA 1 di MAN Yogyakarta 1. Klien masih takut untuk bertanya dan mengemukakan pendapatnya. Klien belum percaya diri
    
3.    Prognosis
a.         Metode pendekatan dan materi
               Menggunakan metode individual yang meliputi wawancara dan observasi. Teknik konseling yang digunakan yaitu pendekatan konseling Traits & Factors.
b.         Goal Setting
v  Menumbuhkan kepercayaan diri pada klien
v  Berani bertanya dikelas
v  Berani mengungkapkan pendapatnya
c.         Teknik yang digunakan
                 Teknik assertive training yaitu konselor mengkondisikan klien supaya ia berani berpendapat dan lebih percaya diri.

4. Konseling
            Setelah klien menemui konselor, maka konselor membantu klien menangani masalah yang dihadapinya. Untuk itu konselor menggunakan pendekatan konseling Trait n Factors dengan langkah-langkah:
1.      Penciptaan hubungan baik
            Konselor menyambut klien dengan ramah sebagai awal hubungan yang baik, agar tercipta kenyamanan dan rasa percaya kepada klien
2.      Identifikasi tingkah laku saat ini
v    Kurang percaya diri
v    Tidak berani mengungkapkan pendapatnya
v    Tidak berani bertanya dikelas
A.           IDENTITAS SISWA
1.         No. Induk                        :
2.         Nama (Lengkap)              : R.H.N
3.         Tempat / Tanggal Lahir   : Yogyakarta, 27 Oktober 1999
4.         Asal SD / SLTP               : SMP N 15 Yogyakarta
5.         Alamat SD / SLTP           : Jl. Tegal Lempuyangan No. 61
6.         Alamat Asal                     : -
7.         No. Telepon                     : 081227636606
8.         Alamat di Yogyakarta     : Jl. Gajah No.  67 RT 7/RW 2 Umbulharjo,
  Warungboto
9.         Asrama                             : -

B.            DATA FISIK
1.         Ukuran Badan
Tanggal Diukur
Tinggi Badan
(cm)
Berat Badan
(kg)
2014/2015
-
-

2.         Golongan Darah               : -
3.         Kesehatan
Badan
Sehat
Mata
Sehat
Telinga
Sehat
Hidung
Sehat
Tenggorokan
Sehat
Kulit
Sehat
Gigi
Sehat
4.         Penyakit yang diderita dan kadang kambuh        : Tidak ada
5.         Penyakit yang pernah diderita / sedang diderita : -
No
Jenis Penyakit
Lama
Tahun
Kererangan
1
-
-
-
-
2
-
-
-
-
6.         Makanan / minuman yang harus dihindari          :

C.           DATA KELUARGA
1.        Orang Tua Kandung
Ayah Kandung
a.          Nama                        :  Nashruddin Salim
b.         Usia / Lahir              :  55 tahun / 24Oktober 1959
c.          Agama                      :  Islam
d.         Suku Bangsa            :  Indonesia
e.          Pendidikan Akhir     :  S-2
f.          Pekerjaan                 :  PNS
g.         Alamat Kantor         :  Jl. Prasamya, Sleman (Pengadilan Agama Sleman)

h.             Alamat Rumah        :  Jl. Gajah No.  67 RT 7/RW 2 Umbulharjo,
   Warungboto
i.               No. Telepon            : -
j.               Hidup / Wafat         :  Hidup
Ibu Kandung
a.         Nama                         :  Difla Nadjih
b.        Usia / Lahir               :  57 tahun / 19 Mei 1958
c.         Agama                       :  Islam
d.        Suku Bangsa             :  Indonesia
e.         Pendidikan Akhir      :  S2
f.          Pekerjaan                  :  Dosen Swasta
g.        Alamat Kantor          :  Jl. Gambiran UH III, Yogyakarta
(Universitas Cokroaminoto)
h.        Alamat Rumah          :  Jl. Gajah No.  67 RT 7/RW 2 Umbulharjo,
                                       Warungboto
i.          No. Telepon              :  -
j.          Hidup / Wafat           :  Hidup

1.      Keadaan Saudara Kandung / Tiri
Nama
Ahmad F.A
Adi Putra
Umur


Kakak / Adik
Kakak
Kakak
Kandung / Tiri
Kandung
Kandung
Agama
Islam
Islam
Pendidikan
-
-

D.           Data Lingkungan Sosial
1.             Status sosial ekonomi dan jumlah tanggungan keluarga
Penghasilan / Bulan
Bersih
Tanggungan Keluarga
Sekolah
Tidak
Rp. 10.000.000
3
1
2.             Kondisi sosial ekonomi dan kondisi rumah
3.             Status tempat tinggal                 : Milik sendiri
4.             Dinding                                      : Tembok
5.             Lantai                                         : Keramik
6.             Transportasi yang dimiliki         : Motor
7.             Elektronik yang dimiliki            :
·      Mesin cuci
·      Televisi, dll.
Laptop


Lampiran 3 : Konseling Kelompok
LAPORAN BIMBINGAN KELOMPOK
MAN YOGYAKARTA 1
Kelas                         : XII IPS 1 dan XII IPS 2
Hari/Tanggal             : Jumat/7 Nov 2014
A.      Identifikasi masalah
                        Beberapa siswi memiliki persoalan yang sama yaitu masalah yang berkaitan dengan persiapan menghadapi ujian nasional.
B.       Pengumpulan Data
No
Nama
Kelas
Persiapan menghadapi UN
1
P.T.W
XII IS 2
Belajar, sholat 5 waktu, ikhtiar
2
A.D.M.P
XII IS 2
Belajar, beramal sholih, mengerjakan tugas
3
A.B.P
XII IS 1
Belajar, sholat, dzikir
4
A.M
XII IS 1
Belajar, sholat
C.      Pelaksanaan
            Pelaksanaan bimbingan kelompok dilaksanakan pada saat siswi sedang beristirahat, sehingga tidak mengganggu jam pelajaran

D.    Rencana tindak lanjut
     Apabila setelah proses bimbingan kelompok ada permasalahan siswa dan siswi yang perlu ditindak lanjuti maka akan dilakukan konseling secara individu dan berkoordinasi dengan guru BK terkait menindak lanjuti hasil layanan ini bersama agar lebih maksimal


Yogyakarta, Des 2014
Mengetahui

Guru BK/ Pendamping lapangan
Peserta Praktikum
DRS. R. Khamdam Jauhari
NIP.19650702 200501 2 002

Anissa Dewi Erviana
11220057

Lampiran 4 : Laporan Verbatim
MEMBANTU KLIEN
DENGAN MENGGUNAKAN KONSELING REALITA

            Kegiatan konseling ini dilakukan dimana klien menemui konselor dan menceritakan semua permasalahan yang dialaminya kemudian konselor membantu klien dalam menganalisis masalah tersebut dan membantu klien dalam mencari alternative pemecahan masalahnya.
·         Deskripsi Masalah :
1.         Kebiasaan klien yang malas belajar
2.         Banyak sekali kegiatan di Pondok, sehingga menjadikan klien sulit  membagi waktu untuk belajar
3.         Klien merasa jauh dari orang tuanya
·         Laporan Verbatim  :
Nama               :  Zelvy Mawar Sari
Hari / Tanggal :  Jumat / 31 Oktober 2014
·         Kegiatan Selama Konseling
Setelah klien menemui konselor, maka konselor membantu klien untuk menangani masalah yang dihadapinya. Untuk itu konselor menggunakan pendekatan Konseling Realita dengan langkah-langlah sebagai berikut :
1.    Penciptaan hubungan baik
Konselor menyambut klien dengan ramah sebagai awal hubungan yang baik, agar tercipta kenyamanan dan rasa percaya klien kepada konselor
2.    Identifikasi tingkah laku saat ini
Ø  Klien masih malas untuk belajar
Ø  Klien yang kurang dapat membagi waktu untuk belajar
Ø  Klien yang merasa jauh dari orang tuanya
3.    Evaluasi tingkah laku saat ini
Konselor mengajak klien untuk meningkatkan belajarnya dengan gaya belajar yang dapat membuat klien nyaman, kemudian konselor mengajak klien untuk membuat agenda kegiatan sehari-hari, hal ini berguna bagi klien supaya dia dapat membagi waktu belajarnya dengan mudah di sela-sela kegiatan Pondok
4.    Pengembangan rencana tindakan
Membantu klien mengambil langkah-langkah yang ia lakukan
5.    Komitmen klien untuk melaksanakan rencananya
Membuat komitmen mengenai langkah-langkah yang akan diambil supaya dilaksanakan secara sungguh-sungguh
Adapun wawancara tahap pertama konseling antar konselor dengan klien melalui langkah-langkah sebagaimana tersebut diatas, adalah sebagai berikut :


Konselor dan Klien

Pernyataan Konselor dan Klien

Tahap
Konseling
Teknik Komunikasi Konseling
1
2
3
4
Klien
Assalamu’alaikum….


Konselor
Waalaikumsalam….. silahkan masuk
Rapport
Acceptance
Klien
Terimakasih….. (Klien masuk ruang konseling sedikit gugup)


Konselor
Silahkan duduk di tempat yang disukai. Ngomong-ngomong ini dengan adek siapa?
Perkenalan
Acceptance
Klien
Saya Zelvy….


Konselor
Oh iya, dek Zelvy……
Biar terlihat lebih akrab Zelvy boleh panggil Mbak


Klien
Iya saya manggilnya Mbak aja


Konselor
Zelvy asalnya dari mana?


Klien
Saya dari Palembang mbak…..


Konselor
Di Jogja tinggal dimana dek?


Klien
Tinggal di Pondok Pesantren Al Barokah mbak


Konselor
Alhamdulillah. Tadi setelah mapel apa dek?

Topik netral Lead Umum
Klien
Mapel Matematika mbak


Konselor
Kalau mbak tau dari semua pelajaran, pelajaran apa yang menurut Zelvy sulit dipahami?


Klien
Itu mbak pelajaran Matematika sama IPA


Konselor
Matematika sama IPA? Pada bagian mana yang menurut Zelvy sulit?


Klien
Karena 2 mapel itu kebanyakan rumus mbak, nah itu yang bikin aku pusing


Konselor
Emmmm….gitu terus kebiasaan Zelvy setelah pulang sekolah ngapain?


Klien
Biasanya aku ikut sholat Ashar jamaah di Pondok mbak, terus ngantri buat mandi sore kadang sampai maghrib


Konselor
Oh, kemudian kegiatan Zelvy setelah sholat maghrib?


Klien
Banyak mbak, kadang sampek gak sempet belajar. Biasanya sholat maghrib berjamaah, terus tadarus bareng sampai adzan isya’, kemudian dilanjutkan dengan jamaah sholat isya, setelah itu kita mujaddahan bareng mbak sampek malem. Nah setelah mujaddahan itu aku udah ngantuk mbak dan nggak sempet belajar


Konselor
Oh gitu,,, iya mbak mengerti dengan keadaan Zelvy di Pesantren yang banyak kegiatan. Pernah nggak Zelvy bangun pagi sebelum subuh lalu belajar?


Klien
Hehe, belum pernah mbak, biasanya aku setelah jamaah sholat subuh terus tidur lagi


Konselor
Emmmm,,,, kalau mbak boleh tau bagaimana dengan nilai UTS nya kemarin?


Klien
Yaa begitu lah mbak, hasilnya nggak memuaskan (sambil menunduk malu dan sedih)


Konselor
Apa yang menjadi kesulitan Zelvy ketika sedang UTS?


Klien
Ya itu mbak, mungkin karena aku juga nggak bisa bagi waktu buat belajar karena kebanyakan kegiatan juga di Pondok, terus aku juga masih sering malas-malasan belajar. Sebenarnya aku udah punya keinginan buat bangun pagi untuk belajar, tapi sampai sekarang rasa malas untuk bangun itu masih sering menggangguku mbak. Kadang setelah bangun aku sering menyesal dan inget orang tuaku yang jauh disana mereka taunya kalau aku disini belajar dengan sungguh-sungguh, tapi aku masih sering malas-malasan (sambil menangis)


Konselor
Bagus,,,bagus sekali,,,,,, (sambil tersenyum dan memeluk klien). Usaha yang dilakukan oleh Zelvy sudah sangat bagus sampai saat ini. Mbak salut dengan usaha yang sudah Zelvy lakukan. Berarti Zelvy sudah mempunyai niat untuk berubah dari sekarang, Cobalah Zelvy mulai mengurangi rasa malas untuk bangun, percaya pada diri sendiri bahwa Zelvy mampu untuk melawan rasa malas tersebut. Setelah bangun tidur coba untuk berwudhu dan sholat setelah itu belajar, mengulangi materi pelajaran yang akan di UTS kan pada esok hari. Mbak yakin pasti Zelvy bisa mendapatkan nilai yang memuaskan dan akan terbiasa dengan bangun pagi setiap hari
Identifikasi tingkah laku saat ini
Lead umum






Restatement dan Lead Khusus
Klien
Saya akan mencoba untuk bangun pagi, belajar dan melawan rasa malas saya mulai dari sekarang mbak.


Konselor





Bagus! Bilamana Zelvy berani untuk mencoba, InsyaAllah Zelvy akan diberikan kemudahan mengerjakan soal-soal ketika UAS nanti.  


Klien

Amiiin…. Terimakasih banyak mbak.


Konselor
Iya sama-sama dek. Lagi pula Zelvy kan sekarang udah kelas XII, sebentar lagi akan menghadapi Ujian Nasional dan Ujian Madrasah.


Klien
Okee mbak, siaap (sambil tersenyum)


Konselor
Oke Zelvy tetap semangat dan semoga sukses


Klien
Iya mbak,,, (sambil jabat tangan   Assalamu’alaikum,,,


Konselor
Waalaikum salam,,,


























                     



Lampiran 5 : IDENTITAS KLIEN BIMBINGAN KELOMPOK


1)      Nama Lengkap            :  P.T.W
No. Induk                   :  1210683
Tempat/Tgl Lahir        :  Mataram, 10 Febuari 1997
Alamat di Jogja           :  Kembangarum, Dunokerto, Turi,Sleman
hp                                :  08122780684
asal sekolah                 :  SMPN 1 Sleman
kendaraan                    :  sepeda mtor
tinggal bersama           :  orang tua

2)      Nama Lengkap            :  A.B.P
No. Induk                   :  1210671
Tempat/tgl lahir           :  Sleman, 3 Desember 1997
Alamat di Jogja           :  Jl. Kaliwaru 073A Condong Catur DEpok, Sleman
hp                                :  524119
asal sekolah                 :  SMPN 1 Depok Sleman
kendaraan                    :  sepeda
tinggal bersama           :  orang tua

3)      Nama Lengkap            :  A.M
No. Induk                   :  1210673
Tempat/Tgl Lahir        :  Sleman, 29 September 1996
Alamat di Jogja           :  Sawahan, Nogotirto, gamping, sleman
hp                                :  08985005571
asal sekolah                 :  SMPN 3 Godean
kendaraan                    :  sepeda motor
tinggal bersama           :  orang tua

4)      Nama Lengkap            :  A.D.M.P
No. Induk                   :  1210723
Tempat/Tgl Lahir        :  Palembang, 17 Agustus 1996
Alamat di Jogja           :  Sambilegi Lor, Maguwoharjo, Depok, Sleman
hp                                :  085747069394
asal sekolah                 :  SMPN 1 Kalasan
kendaraan                    :  Bus Umum
tinggal bersama           :  orang tua






Lampiran 6 : Satuan Layanan Bimbingan Klasikal

SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN KONSELING
A.Tema Bimbingan                 : Motivasi Belajar

B.     Bidang Bimbingan            : Bimbingan Pribadi Sosial.
C.     Fungsi Layanan                : Pemahaman, Pengembangan.
D.    Komponen Program          : Layanan Informasi.
E.     Tujuan Layanan                : Memberikan informasi.
F.      Metode                             : Ceramah dan Diskusi
G.    Sasaran                              : Kelas XI IPA 3
H.    Tgl Layanan                      : 14 Nov 2014
I.        Alat dan Bahan                 :  Laptop dan LCD
J.       Hasil yang diharapkan      : Membantu siswa agar dapat memahami cara meningkatkan  motivasi dalam belajar
K.    Materi                                : Terlampir
L.      Referensi                           : Prayitno, Erman A, Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
TAHAP
KEGIATAN
ESTIMASI WAKTU
Membuka
1.      Mengucapakan salam dan berdoa
2.      Mengkondisikan klien agar suasana kondusif dan anak-anak bisa fokus pada materi yang akan disampaikan
3.      Menyampaikan apa tujuan yang diharapkan pada pertemuan ini tentang “Motivasi Belajar” dengan menampilkan slide
4.      Memutar video tentang semangat menjalani hidup
5.      Sesi tanya jawab


5

Penyampaian materi Layanan Bimbingan

1.      Ice Breaking
2.      Guru Pembimbing menanyakan apakah pernah mendengar tentang motivasi belajar?
3.      Guru Pembimbing  menjelaskan tentang pengertian motivasi belajar
4.      Guru Pembimbing menjelaskan macam-macam motivasi
5.      Guru Pembimbing menjelaskan cara meningkatkan motivasi dalam belajar


25


Penutup
1.      Guru Pembimbing melakukan follow up kepada siswa “apa yang kalian dapat pahami tentang materi ini??”
2.      Guru Pembimbing membuat kesimpulan atas apa yang
 disampaikan dari materi tersebut?

10




Yogyakarta, 14 Nov 2014


Mengetahui

Pembimbing

PPL BKI






DRS. R. Khamdam Jauhari

Anissa  Dewi Erviana
NIP.19650702 200501 2 002


NIM. 11220057



Lampiran 7 : Dokumentasi  foto kegiatan
                                                      




LAPORAN PPL , Pada: 05:22



Share to

Facebook Google+ Twitter

Related with LAPORAN PPL :

Tags: #KUMPULAN LAPORAN PPL Posted by Anonymous at 05:22

0 comments :

Post a Comment

« Next Prev »
  • Beranda

Labels

  • KUMPULAN LAPORAN PPL
  • Kumpulan Makalah
  • kumpulan proposal
  • Kumpulan Proposal Skripsi
Copyright © 2016 Blog Al Imam All Rights Reserved | Sonic SEO Template