PENGARUH DISIPLIN
GURU MATEMATIKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA
( STUDI KASUS DI
MTs DARUL MASHOLEH KOTA CIREBON)
SKRIPSI
Diajukan sebagai salah satu syarat
Untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Islam
(SPd.I)
Pada Jurusan Matematika Fakultas Tarbiyah
IAIN Syekh Nurjati Cirebon
TITIN KARTINI
59451052
KEMENTRIAN AGAMA
RI
INSTITUT AGAMA
ISLAM NEGERI (IAIN)
SYEKH NURJATI
CIREBON
2013
M / 1434 H
ABSTRAK
TITIN
KARTINI, Pengaruh Disiplin Guru Matematika Terhadap Motivasi Balajar Matematika
Siswa ( Studi Kasus di MTs Darul Masholeh Kota Cirebon )
Berdasarkan observasi, peneliti melihat
guru matematika yang ada di MTs Darul Masholeh termasuk guru yang disiplin.
Guru tersebut masuk tepat waktu, melaksanakan pembelajaran semangat serta dilengkapi
dengan rencana pelaksanaan pembelajaran, serta berpakaian sesuai dengan aturan.
Dengan guru yang demikian akan mampu membuat siswa termotivasi untuk belajar
sehingga tujuan pendidikan mudah tercapai. Tetapi dalam kenyataannya peneliti
melihat para siswa banyak yang belum termotivasi dengan keadaan guru tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
besarnya pengaruh disiplin guru matematika terhadap motivasi belajar matematika
siswa di MTs Darul Masholeh kota cirebon.
Motivasi menurut sumbernya terbagi menjadi
dua yaitu motivasi intrinsik berasal dari diri sendiri dan motivasi ekstrinsik
yang berasal dari luar diri sendiri. Guru adalah orang yang berinteraksi
langsung dengan siswa maka guru dapat menjadi sumber motivasi ekstrinsik bagi
siswa. Cara guru memberikan motivasi bisa dengan lisan ataupun sikap yang baik
dan langsung dilakukan. Salah satu sikap guru yang baik yakni disiplin. Sikap
disiplin akan membawa pada ketercapaian tujuan pendidikan dengan hasil yang
maksimal.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode
kuantitatif, tetapi untuk mendukung hasil tersebut digunakan pula metode
kualitatif. Populasi target adalah seluruh siswa MTs Darul Masholeh Kota
Cirebon tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 207 siswa, sedangkan pengambilan
sampelnya sebanyak 40 siswa menggunakan metode Proportional sampling,
yakni 20 siswa dari kelas A, 11 siswa dari kelas B dan 9 siswa dari kelas C. Variabel
dalam penelitian ini adalah disiplin guru matematika (X) dan motivasi belajar
matematika siswa (Y). Adapun teknik pengumpulan datanya dengan angket ditambah
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis
regresi linear.
Setelah dilakukan penelitian dan pengolahan maka dihasilkan prosentase rata-rata
pencapaian indikator pada angket disiplin guru matematika sebesar 79,2%. Prosentase
rata-rata pencapaian indikator pada motivasi belajar matematika siswa adalah
73,95%. Adapun untuk analisis uji hipotesisnya menggunakan software SPSS 16. Persamaan
regresi yang dihasilkan yaitu
. Karena thitung
> ttabel yaitu 3,467 > 1,686 maka H0 ditolak,
artinya Ha diterima yakni terdapat pengaruh disiplin guru matematika terhadap
motivasi belajar matematika siswa dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,490 atau dalam bentuk
persentase yakni 24%. Dari nilai koefisien determinasi diatas dapat disimpulkan
bahwa pengaruh disiplin guru matematika terhadap motivasi belajar matematika
siswa sebesar 24%, dan 76% motivasi belajar matematika dipengaruhi oleh faktor lainnya.