Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : SMP Negeri 1 Cirebon
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial (IPS)
Kelas/semester : VII/1
Kompetensi
Dasar : manusia sebagai makhluk sosial
Kompetensi Inti : KI1 Mengetahui bahwa manusia
merupakan makhluk ciptaan Tuhan YME
KI2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaan
KI3 Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan sosial, teknologi, seni, budaya
terkait dengan materi tentang manusia sebagai
makhluk sosial
KI4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Alokasi
Waktu : 2 X 45 menit (satu kali
pertemuan )
A.
Tujuan
pembelajaran
Melalui diskusi siswa dapat :
1.
Mendeskripsikan hasil budaya manusia pada masa praaksara sebagai makhluk sosial.
2.
Mendeskripsikan proses interaksi sosial yang dilakukan manusia sebagai
makhluk sosial.
3.
Mencari alternatif upaya pemecahan
masalah pokok
ekonomi, yang dilakukan manusia sebagai mahluk sosial
4.
Menganalis pemanfaatan lingkungan hubungannya dengan
kegiatan manusia (ekonomi, sosial, budaya)
Karakteristik
siswa diharapkan :
·
Dapat
dipercaya
·
Tumbuh
rasa hormat dan perhatian
·
Tekun
·
Jujur
·
Tanggungjawab
·
Ketelitian
B.
Materi
Ajar
1.
Pengertian manusia sebagai mahluk sosial dalam kehidupan sehari-hari
2.
Bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia (hasil budaya )
3.
Dinamika interaksi manusia dalam pemecahan
masalah pokok ekonomi dan terhadap interaksi lingkungan sekitar.
4.
Mengevaluasi permasalahan manusia hubungannya dengan lingkungan sekitar
C.
Metode
Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Tanya
Jawab
3.
Diskusi
4.
Jigsaw
D.
Langkah-langkah
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
masuk kelas dengan mengucapkan salam kepada siswa
2.
Guru
meminta kepada ketua kelas untuk memimpin doa
3.
Guru
memeriksa keadaan siswa (mengabsen)
4.
Guru
mengulang pelajaran yang lampau kepada siswa
5.
Guru
memberikan stimulus kepada siswa tentang materi akan diajarkan
|
5 menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Guru
menyampaikan materi tentang manusia sebagai makhluk sosial.
2.
Guru
memberikan waktu untuk bertanya
3.
Guru
membagi siswa menjadi empat kelompok
4.
Guru
membagi materi yang berbeda kepada setiap kelompok
5.
Guru
meminta siswanya untuk mendiskusikan materi yang sudah didapat
6.
Guru
meminta ketua kelompok untuk bergilir kekelompok lain secara bergantian untuk
menjelaskan materi kelompok sendiri
7.
Guru
meminta dari setiap kelompok bertanya kepada ketua kelompok yang menjelaskan
8.
Guru
meminta siswa kembali kepada kelompoknya masing-masing
9.
Guru
membagi kertas yang berisi soal kepada setiap kelompok untuk dijawab
10.
Guru
mengumpulkan lembaran kertas untuk penilaian
11.
Guru
mengevaluasi siswa dengan pertanyaan yang mencakup materi pada pembelajaran
kali ini
12.
Guru
meminta siswa untuk menyimpulkan materi yang telah disampaikan
|
80 menit
|
Penutup
|
1.
Guru
mengakhiri pembelajaran dengan memberikan motivasi agar siswa terus semangat
dalam belajar
2.
Guru
menyampaikan beberapa pesan kepada siswa seperti mengingatkan agar terus
semangat dan rajin belajar.
3.
Guru
meminta ketua kelas untuk memimpin do’a selesai belajar
4.
Guru
menyampaikan maaf dan terimakasih kepada siswa
5.
Guru
menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam
|
5 menit
|
E.
Penilaian
Hasil Belajar
1.
Keaktipan
siswa ( Individu ) :
60%
a.
Siswa
yang bertanya : 25%
b.
Siswa
yang menjelaskan materi : 30%
c.
Siswa
yang menyimpulkan materi : 5%
2.
Penilaian dari lembar soal (Tugas Kelompok) :
40% +
100%
F.
Sumber
Belajar
Alat : Komputer/laptop, LCD,Power Point, Internet
sumber ajar
:LKS, Buku siswa , soal-soal latihan, makalah,buku
guru