Blog Al Imam

  • Home
  • Kumpulan Makalah
  • 404
Home » Tanpa kategori » CONTOH RPP KURTILAS

CONTOH RPP KURTILAS





Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah          : SMP Negeri 1 Cirebon
Mata Pelajaran         : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/semester         : VII/1
Kompetensi Dasar    : manusia sebagai makhluk sosial
Kompetensi Inti       : KI1 Mengetahui bahwa manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan YME
KI2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaan
KI3 Memahami pengetahuan (faktual,konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang  ilmu  pengetahuan sosial,  teknologi, seni, budaya  terkait  dengan materi tentang manusia sebagai makhluk sosial
KI4 Mencoba,  mengolah, dan  menyaji dalam  ranah  konkret  (menggunakan,  mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Alokasi Waktu         : 2 X 45 menit (satu kali pertemuan )
A.    Tujuan pembelajaran
Melalui diskusi siswa dapat :
1.      Mendeskripsikan hasil budaya manusia pada masa praaksara sebagai makhluk sosial.
2.      Mendeskripsikan  proses  interaksi  sosial  yang dilakukan  manusia  sebagai  makhluk sosial.
3.      Mencari   alternatif   upaya  pemecahan   masalah  pokok  ekonomi,   yang  dilakukan manusia sebagai mahluk sosial
4.      Menganalis   pemanfaatan   lingkungan   hubungannya   dengan   kegiatan   manusia (ekonomi, sosial, budaya)

Karakteristik siswa diharapkan :
·         Dapat dipercaya
·         Tumbuh rasa hormat dan perhatian
·         Tekun
·         Jujur
·         Tanggungjawab
·         Ketelitian
B.     Materi Ajar
1.      Pengertian manusia sebagai mahluk sosial dalam kehidupan sehari-hari
2.      Bentuk-bentuk dinamika interaksi  manusia (hasil budaya )
3.      Dinamika interaksi manusia dalam pemecahanmasalah pokok ekonomi  dan terhadap interaksi lingkungan sekitar.
4.      Mengevaluasi permasalahan manusia hubungannya dengan lingkungan sekitar
C.     Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Tanya Jawab
3.      Diskusi
4.      Jigsaw
D.    Langkah-langkah
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru masuk kelas dengan mengucapkan salam kepada siswa
2.      Guru meminta kepada ketua kelas untuk memimpin doa
3.      Guru memeriksa keadaan siswa (mengabsen)
4.      Guru mengulang pelajaran yang lampau kepada siswa
5.      Guru memberikan stimulus kepada siswa tentang materi akan diajarkan
5 menit
Kegiatan Inti
1.      Guru menyampaikan materi tentang manusia sebagai makhluk sosial.
2.      Guru memberikan waktu untuk bertanya
3.      Guru membagi siswa menjadi empat kelompok
4.      Guru membagi materi yang berbeda kepada setiap kelompok
5.      Guru meminta siswanya untuk mendiskusikan materi yang sudah didapat
6.      Guru meminta ketua kelompok untuk bergilir kekelompok lain secara bergantian untuk menjelaskan materi kelompok sendiri
7.      Guru meminta dari setiap kelompok bertanya kepada ketua kelompok yang menjelaskan
8.      Guru meminta siswa kembali kepada kelompoknya masing-masing
9.      Guru membagi kertas yang berisi soal kepada setiap kelompok untuk dijawab
10.  Guru mengumpulkan lembaran kertas untuk penilaian
11.  Guru mengevaluasi siswa dengan pertanyaan yang mencakup materi pada pembelajaran kali ini
12.  Guru meminta siswa untuk menyimpulkan materi yang telah disampaikan
80 menit
Penutup
1.      Guru mengakhiri pembelajaran dengan memberikan motivasi agar siswa terus semangat dalam belajar
2.      Guru menyampaikan beberapa pesan kepada siswa seperti mengingatkan agar terus semangat dan rajin belajar.
3.      Guru meminta ketua kelas untuk memimpin do’a selesai belajar
4.      Guru menyampaikan maaf dan terimakasih kepada siswa
5.      Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam
5 menit


E.     Penilaian Hasil Belajar
1.      Keaktipan siswa    ( Individu )                                                      : 60%
a.       Siswa yang bertanya                                       : 25%
b.      Siswa yang menjelaskan materi                      : 30%
c.       Siswa yang menyimpulkan materi                  : 5%
2.      Penilaian dari lembar soal (Tugas Kelompok)                               : 40%   +
 100%

F.      Sumber Belajar
Alat : Komputer/laptop, LCD,Power Point, Internet
sumber  ajar:LKS, Buku siswa , soal-soal latihan, makalah,bukuguru











 
 
CONTOH RPP KURTILAS , Pada: 16:20



Share to

Facebook Google+ Twitter

Related with CONTOH RPP KURTILAS :

Posted by Anonymous at 16:20

0 comments :

Post a Comment

« Next Prev »
  • Beranda

Labels

  • KUMPULAN LAPORAN PPL
  • Kumpulan Makalah
  • kumpulan proposal
  • Kumpulan Proposal Skripsi
Copyright © 2016 Blog Al Imam All Rights Reserved | Sonic SEO Template