Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Cirebon
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/semester : VII/1
Kompetensi Dasar : manusia sebagai makhluk sosial
Kompetensi Inti : KI1 Mengetahui bahwa manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan YME
KI2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaan
KI3 Memahami pengetahuan (faktual,konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan sosial, teknologi, seni, budaya terkait dengan materi tentang manusia sebagai makhluk sosial
KI4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit (satu kali pertemuan )
A. Tujuan pembelajaran
Melalui diskusi siswa dapat :
1. Mendeskripsikan hasil budaya manusia pada masa praaksara sebagai makhluk sosial.
2. Mendeskripsikan proses interaksi sosial yang dilakukan manusia sebagai makhluk sosial.
3. Mencari alternatif upaya pemecahan masalah pokok ekonomi, yang dilakukan manusia sebagai mahluk sosial
4. Menganalis pemanfaatan lingkungan hubungannya dengan kegiatan manusia (ekonomi, sosial, budaya)
Karakteristik siswa diharapkan :
· Dapat dipercaya
· Tumbuh rasa hormat dan perhatian
· Tekun
· Jujur
· Tanggungjawab
· Ketelitian
B. Materi Ajar
1. Pengertian manusia sebagai mahluk sosial dalam kehidupan sehari-hari
2. Bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia (hasil budaya )
3. Dinamika interaksi manusia dalam pemecahanmasalah pokok ekonomi dan terhadap interaksi lingkungan sekitar.
4. Mengevaluasi permasalahan manusia hubungannya dengan lingkungan sekitar
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Diskusi
4. Jigsaw
D. Langkah-langkah
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | 1. Guru masuk kelas dengan mengucapkan salam kepada siswa 2. Guru meminta kepada ketua kelas untuk memimpin doa 3. Guru memeriksa keadaan siswa (mengabsen) 4. Guru mengulang pelajaran yang lampau kepada siswa 5. Guru memberikan stimulus kepada siswa tentang materi akan diajarkan | 5 menit |
Kegiatan Inti | 1. Guru menyampaikan materi tentang manusia sebagai makhluk sosial. 2. Guru memberikan waktu untuk bertanya 3. Guru membagi siswa menjadi empat kelompok 4. Guru membagi materi yang berbeda kepada setiap kelompok 5. Guru meminta siswanya untuk mendiskusikan materi yang sudah didapat 6. Guru meminta ketua kelompok untuk bergilir kekelompok lain secara bergantian untuk menjelaskan materi kelompok sendiri 7. Guru meminta dari setiap kelompok bertanya kepada ketua kelompok yang menjelaskan 8. Guru meminta siswa kembali kepada kelompoknya masing-masing 9. Guru membagi kertas yang berisi soal kepada setiap kelompok untuk dijawab 10. Guru mengumpulkan lembaran kertas untuk penilaian 11. Guru mengevaluasi siswa dengan pertanyaan yang mencakup materi pada pembelajaran kali ini 12. Guru meminta siswa untuk menyimpulkan materi yang telah disampaikan | 80 menit |
Penutup | 1. Guru mengakhiri pembelajaran dengan memberikan motivasi agar siswa terus semangat dalam belajar 2. Guru menyampaikan beberapa pesan kepada siswa seperti mengingatkan agar terus semangat dan rajin belajar. 3. Guru meminta ketua kelas untuk memimpin do’a selesai belajar 4. Guru menyampaikan maaf dan terimakasih kepada siswa 5. Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam | 5 menit |
E. Penilaian Hasil Belajar
1. Keaktipan siswa ( Individu ) : 60%
a. Siswa yang bertanya : 25%
b. Siswa yang menjelaskan materi : 30%
c. Siswa yang menyimpulkan materi : 5%
2.
Penilaian dari lembar soal (Tugas Kelompok) : 40% + 100%
F. Sumber Belajar
Alat : Komputer/laptop, LCD,Power Point, Internet
sumber ajar:LKS, Buku siswa , soal-soal latihan, makalah,bukuguru