BAB 13
RPP, PROGRAM TAHUNAN DAN PROGRAM SEMESTER
Berikut ini contoh dari program tahunan, yang sering dibuat oleh guru maupun calon guru yang ingin mengajar dikelas yang akan diajarkannya:
Nama Sekolah : ..............................
Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/ Semester : IX / 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Alokasi Waktu | Ket |
Memahami hubungan manusia dengan bumi | Menginterpretasi peta tentang pola dan bentuk muka bumi | · Peta tentang Pola dan bentuk muka bumi · Diagram bentuk muka bumi daratan dan dasar laut · Pola dan betuk objek geografis sesuai bentang alamnya |
|
|
| Mendeskripsikan keterkaitan unsur geografis dan pendudu dikawasan asia tenggara | · Unsur fisik dan sosial kawasan Asia Tenggara · Letak geografis kawasan Asia Tenggara · Bentang Alam kawasan Asia Tenggara · Iklim kawasan Asa Tenggara · Sumber Daya Alam di kawasan asia Tenggara · Penduduk di kawasan Asia Tenggara · Kegiatan ekonomi Asia Tenggara · Kerjasama Indonesia dengan nrgara Asia Tenggara |
|
|
| Mendeskripsikan pembagian bumi, permukaan bumi atas benua dan samudra | · Benua dan Samudra · Proses pembentukan benua · Posisi benua dan samudra · Karakteristik bentang alam dan penduduk di benua · Contoh negara dikawasan masing benua · Karakteristik masing samudra |
|
|
Memahami usaha mempertahankan RI | Mendeskripsikan perjuangan bangsa indonesia merebut Irian barat | · Latar belakang terjadinya menggembalikan Irian barat · Perjuangan diplomasi · Perjuangan konfrontasi politik dan ekonomi · Trikora · Persetujuan Newyork · Anti penting Pepera |
|
|
| Mndeskripsikan strategi nasional peristiwa Madiun/PKI/DTII, G30SPKI, dan konflik lainnya | · Peristiwa Madiun/ PKI dan cara yang dilakukan pemerintah dalam menanggulanginya · Peristiwa DITII dan cara penanggulangannya · Keadaan Politik, sosial dan budaya sebelum G30SPKI · Peristiwa G 30SpkI dan cara penumpasan |
|
|
Memahami Perubahan pemerintahan dan kerjasama Internasional | Menjelaskan berakhirnya masa Orde Baru dan lahirnya reformasi | · Peristiwa politik penting pada Orde Baru · Data statistik ekonomi Orde Baru · Berakhirnya Orde Baru, krisis ekonomi dan gerakan reformasi |
|
|
Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Cirebon
Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : Memahami hubungan manusia dengan bumi
Kompetensi Dasar : Menginterpretasikan peta tentang pola dan bentu muka bumi
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. Tujuan Pembelajaran : setelah selesai kegiatan pembelajaran siswa dapat :
1. Menginterpretasikan peta Topografi
2. Menginterpretasikan dan membuat penampang melintang bentuk muka bumi
Karakteristik siswa diharapkan :
· Dapat dipercaya
· Tumbuh rasa hormat dan perhatian
· Tekun
· Jujur
· Tanggungjawab
· Ketelitian
B. Materi Ajar :
1. Menginterpretasikan peta Topografi
2. Penampang melintang bentuk muka bumi
C. Metode dan Model Pembelajaran
Metode : Ceramah
Tanya Jawab
Model : Tebak Kata
D. Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan : Salam , memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas, memberikan motivasi agar siswa siap mengikuti dalam pelajaran, berilah contoh relief permukaan bumi dan dasar laut.
2. Kegiatan inti meliputi :
Kegiatan Eksplorasi melibat aspek :
a. Guru meminta siswa perhatikan pea
b. Siswa menyebutkan relief yang ada di peta
c. Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas topik materiyang dipelajari
Kegiatan Elaborasi :
a. Guru menyiapkan kartu yang akan digunakan
b. Membentuk kelompok diskusi
c. Setiap kelompok membuat yel-yel
d. Guru menyusun peserta berpasangan di depan
e. Peserta didik di beri kartu dibacakan kepada pasangannya dan peserta lainnya diberi kartu yang dipasang didahi
f. Peserta didik membaca dan pasangan lainnya menebak kata
g. Apabila jawaban tepat maka peserta didik boleh duduk
Konfirmasi melibatkan aspek :
a. Guru bertanya yang tidak diketahui siswa
b. Guru dan siswa saling tanya jawab
Kegiatan penutup melibatkan aspek :
a. Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan
b. Memberi umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran
3. Sumber Belajar :
a. Buku ajar IPS tingkat SMP. Sunarto, dkk. 2008. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta
b. Buku IPS untuk SMP. Agung, Feryanto. 2009. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta
c. Peta
d. Infocus/ LCD atau Laptop
e. White Board
f. Spidol
g. Kertas manila
h. Kertas asturo
4. Penilaian Hasil Belajar
Jenis Penilaian : tugas kelompok, individu, tes tulis
Bentuk penilaian : uraian
Instrumen penilaian : lembar jawaban (terlampir)
Contoh Instrumen
1. Ciri-ciri : aku aku dapat menggambarkan tinggi rendahnya muka bumi nah siapaka aku ...
Jawab : peta Topografi
2. Ciri-ciri: aku ditunjukkan dengan garis berkelok-kelok nah siapakah aku ...
Jawab : Sungai
3. Ciri-ciri : aku penampang muka bumi yang dipotong secara tegak lurus nah siapakah aku ...
Jawab : penampang melintang bentuk muka bumi
4. Ciri-ciri : aku ditunjukkan dengan warna hijau dan garis terputus-putus nah siapakah aku ...
Jawab : dataran rendah dan rawa
Jenis Soal | soal | Skor Nilai |
Uraian Singkat | 1-5 | Tiap nomor 2 poin |
Jumlah | 5 | 10 |
Jumlah masing-masing jenis soal : 5 nomer
Nilai Maksimal : 2 x 5 = 10
Guru Pamong, Praktikan,
(......................) (............................)
NIP. ............... NIM. ...................