ANALISIS DAN
PENYAJIAN DATA
DiajukanSebagaiTugasTerstruktur
Mata Kuliah : Penelitian Tindakan Kelas
DosenPengampu :Dra. Hj. Suniti, M.Pd.
DisusunOleh :
Imam Nurkholis
FAKULTAS ILMU TARBIYAH
DAN KEGURUAN
IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
2016
KATA PENGANTAR
Puji syukur Alhamdulillah kami panjatkan kehadirat Allah Swt karena berkat rahmat dan hidayah-Nya, kami dapatmenyelesaikan tugas makalah dari dosen mata
kuliah Penelitian
Tindakan Kelas yang berjudul “Analisis dan Penyajian Data” dengan lancar dan tepat.
Terimakasih kami ucapkan kepadaIbu Dra.
Hj. Suniti, M.pdselaku dosen pengampu mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas yang selalu memberikan bimbingan danarahan kepada kami dalam menyelesaikan
makalah ini.
Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua
dan kami mengharapkan kepada teman-teman semua untuk bersedia memberikan kritik
dan sarannya kepada kami untuk membuat makalah ini, sebagai bahan pertimbangan
kami untuk membuat makalah selanjutnya, kami sadar betul makalah ini masih banyak kekurangan dan masih jauh dari kesempurnaan.
Cirebon,20 Maret 2016
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR................................................................................. i
DAFTAR ISI................................................................................................. ii
BAB I : PENDAHULUAN.......................................................................... 1
A.
Latar
Belakang........................................................................................ 1
B.
Rumusan
Masalah................................................................................... 2
C.
Tujuan
Masalah....................................................................................... 2
BAB II : PEMBAHASAN............................................................................ 3
A.
Pengertian Analisis Data......................................................................... 3
B.
Analisis Data .......................................................................................... 4
C.
Jenis-Jenis Data PTK ............................................................................. 5
BAB III : PENUTUP.................................................................................... 13
DAFTAR PUSTAKA................................................................................... 14
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Penelitian merupakan kegiatan yang
terencana untuk mencari jawaban yang obyektif atas permasalahan manusia melalui
prosedur ilmiah (Tri Wahyulis, 2010). Untuk itu didalam suatu penelitian
dibutuhkan suatu proses analisis data yang berguna untuk menganalisis data-data
yang telah terkumpul. Data yang sudah terkumpul namun belum dianalisis
merupakan data mentah. Dalam kegiatan penelitian, data mentah akan memberi arti
bila dianalisis dan ditafsirkan. Sehingga analisis data sangat memegang peranan
penting dalam penelitian. Data yang yang
dapatdikumpulkan banyak sekali seperti catatan
di lapangan, gambar, foto, dokumen, laporan, biografi, artikel, dan sebagainya.
Pekerjaan analisis data dalam hal
ini ialah mengatur, mengurutkan, mengelompokkan, memberikan kode, dan
mengategorikannya. Pengorganisasian dan pengelolaan data tersebut bertujuan
menemukan tema dan hipotesis kerja yang akhirnya diangkat menjadi teori
substantif oleh karena itu, analisis data merupakan bagian yang amat
penting karena dengan analisislah suatu data dapat diberi arti dan makna yang
berguna untuk masalah penelitian. Data yang telah dikumpulkan oleh peneliti
tidak akan ada gunanya apabila tidak dianalisis terlebih dahulu. Dalam
proses analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari
berbagai sumber, yaitu dari wawancara, pengamatan yang sudah dituliskan dalam
catatan lapangan, dokumen pribadi, dokumen resmi, gambar, foto, dan sebagainya
(Moleong, 2007 dalam Wahyulis, 2010).
B. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian analisis data ?
2. Bagaimana analisis data PTK ?
3. Apa saja jenis data PTK ?
C. Tujuan
1. Mengetahui pengertian analisis data
2. Mengetahui analisis data
3. Mengetahui jenis-jenis data dalam PTK
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Analisis Data
Susan Stainback (dalam Sugiyono,
2006: 88) mengemukakan bahwa “Data analysis is critical to the qualitative
research process. It is to recognition, study, and understanding of
interrelationshp and concept in your data that hypotheses and assertions can be
developed and evaluated” Analisis data merupakan hal yang kritis dalam
proses penelitian kualitatif, data sehingga hipotesis dapat dikembangkan dan
dievaluasi. Selain itu, Spradley (dalam Sugiyono, 2006: 89) menyatakan bahwa
analsis dalam penelitian jenis apapun, adalah merupakan cara berfikir kritis.
Hal itu berkaitan dengan pengujian secara sistematis terhadap sesuatu untuk
menentukan bagian, hubungan antar bagian, dan hubungannya dengan keseluruhan.
Analisis adalah untuk mencari pola. Selanjutnya Sugiyono mendefinisikan
pengertian analisis data adalah proses mencari dan menyusun secara sistematis
data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi,
dengan cara mengorganisasikan data ke dalam katagori, menjabarkan ke dalam
unit-unit, melakukan sintesa, menyusun kedalam pola, memilih mana yang penting
dan mana yang akan dipelajari, dan membuat kesimpulan sehingga mudah dipahami
oleh sendiri maupun orang lain.
Berdasarkan paparan para ahli diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa
analisis data dapat diartikan sebagai suatu bentuk pola pikir
untuk melaksanakan mengolah data, dengan
tujuanmenjadikan data tersebut sebagai suatu informasi, sehingga
karakteristik atau sifat-sifat datanya dapat dengan mudah dipahami dan
bermanfaat untuk menjawab masalah-masalah yang berkaitan dengan kegiatan
penelitian. Analisis data merupakan salah satu
langkah penting dalam rangka memproleh temuan-temuan hasil penelitian. Hal ini
disebabkan data akan menuntun kita kearah temuan ilmiah, bila dianalisis dengan
teknik-teknk yang tepat. Data yang belum dianalisis merupakan data mentah.
Dalam kegiatan penelitian, data mentah akan memberi arti bila dianalisis dan
ditafsirkan. Sehingga analisis data sangat memegang peranan penting dalam
penelitian. Dalam rangka analisis dan interpretasi data, perlu dipahami tentang
keberadaan data itu sendiri. Secara garis besar, keberadaan data dapat
digolongkan ke dalam dua jenis, yaitu data bermuatan kualitatif dan data
bermuatan kuantitatif yang akan dijelaskan pada sub bab selanjutnya.
B.
Analisis Data Penelitian Tindakan Kelas
Analisis data dan intrepretasi data
terhadap data yang berhasil dikumpulkan dalam pelaksanaan penelitian tindakan
dapat dilakukan sepanjang proses penelitian.Karena penelitian tindakan adalah
penelitian yang bersifat dialektik, yaitu: perencanaan, tindakan yang diserta
dengan pengumpulan data, dilanjutkan dengan analisis dan interpretasi data,
perencanaan baru, tindakan dan pengumpulan data, analisis dan interpretasi data
lagi dan seterusnya.
Namun, perlu diingat bahwa meskipun
analisis data dan interpretasi data dapat dilakukan dalam proses pelaksanaan
penelitian tindakan, tetapi perlu dihindari analisis dan interpretasi data yang
terlalu dini. Hal ini dilakukan untuk menghindari penarikan kesimpulan yang
dilakukan secara tergesa-gesa.
Analisis data dalam pelaksanaan
penelitian tindakan sangat berbeda dengan analisis data pada jenis penelitian
lainnya. Analisis data dalam penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif
menggunakan pendekatan statistik, uji perbedaan, uji korelasi, dsb. Sedangkan,
pada penelitian tindakan dengan pendekatan kualitatifnya menggunakan analisis
yang bersifat naratif-kualitatif atau dengan kata lain menguraikan atau
menjelaskan secara jelas hasil temuan yang diperoleh dalam pelaksanaan
tindakan.
G.E. Mills (2000) mengemukakan
beberapa teknik analisis data pada penelitian tindakan, yaitu:
1.
Mengindentifikasi
tema-tema. Dari data yang terkumpul melalu proses induktif dapat diidentifikasi
menjadi tema-tema tertentu. Penarikan kesimpulan berdasarkan keadaan yg khusus
untuk diperlakukan secara umum.
2.
Membuat
kode pada hasil survai, interviu, dan angket. Pengkodean ini dapat dilakukan
untuk mengelompokkan pada kegiatan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dsb.
3.
Mengajukan
pertanaan kunci. Pertanyaan kunci membantu mensistematiskan data yang dapat
membentuk informasi yang bermakna.
4.
Peta
konsep. Memetakan secara visual faktor-faktor yang terkait dengan subjek, data,
proses pembelajaran, masalah, dsb.
5.
Analisis
faktor yang mendahuli dan mengikuti.
6.
Penyajian
hasil temuan dalam bentuk tabel, grafik, peta, bagan, gambar, dll.
7.
Mengemukakan
apa yang belum ditemukan.
C.
Jenis Data Penelitian Tindakan Kelas
Data dalam PTK adalah segala bentuk
informasi yang terkait dengan kondisi,
proses, dan keterlaksanaan pembelajaran, serta hasil belajar yang
diperoleh siswa.
Analisis data dalam PTK adalah suatu
kegiatan mencermati atau menelaah, menguraikan dan mengkaitkan setiap informasi
yang terkait dengan kondisi awal, proses belajar dan hasil pembelajaran untuk
memperoleh simpulan tentang keberhasilan tindakan perbaikan pembelajaran.
Data yang diperoleh dapat
dikelompokkan menjadi dua, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif.
1.
Data
Kuantitatif
Data kuantitatif merupakan data yang
berupa angka atau bilangan, baik yang diperoleh dari hasil pengukuran maupun
diperoleh dengan cara mengubah data kualitatif menjadi data kuantitatif.
Contoh data kuantitatif: skor tes
awal Tina untuk mata pelajaran matematika= 65, berat badan Tini 47 kg, panjang
meja tulis 150 cm.
2.
Data
Kualitatif
Data kualitatif merupakan data yang
berupa kalimat-kalimat, atau data yang dikategorikan berdasarkan kualitas objek
yang diteliti, misalnya: baik, buruk, pandai, dan sebagainya.
Contoh data kualitatif: siswa
berdiskusi secara aktif, perhatian siswa terhadap mata pelajaran IPS rendah,
dan rata-rata skor UAS semester ini naik.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Analisis data merupakan proses
mengorganisasikan dan mengurutkan data ke dalam pola, kategori dan satuan
uraian dasar sehingga dapat ditemukan tema dan dapat dirumuskan hipotesis kerja
seperti yang didasarkan oleh data.
Dalam rangka analisis dan interpretasi data,
perlu dipahami tentang keberadaan data itu sendiri. Secara garis besar,
keberadaan data dapat digolongkan ke dalam dua jenis, yaitu : data bermuatan
kualitatif dan data bermuatan kuantitatif.
Teknik analisis data ada dua, yaitu teknik
analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif yaitu teknik
analisis data kuantitatif dengan menggunakan statistik, meliputi statistik deskriptif dan inferensial.
Statistik inferensial meliputi statistik parametris dan non parametris. Teknik
analisis data kualitatif dilakukan dari sebelum penelitian, selama penelitian,
dan sesudah penelitian yang meliputi analisis sebelum di lapangan, teknik
analisis selama di lapangan model Miles dan Huberman dan teknik analisis data
menurut Spradley.
Secara garis besar, analisis data
meliputi 4 langkah,
yaitu : Persiapan (scoring), tabulasi,mendesktripsikan datadan melakukan uji statistika. Penafsiran data sangat penting kedudukannya
dalam proses analisis data penelitian karena kualitas analisis dari suatu
peneliti sangat tergantung dari kualitas penafsiran yang diturunkan oleh
peneliti terhadap data.
B. Saran
Dengan adanya makalah ini, penulis mengharapkan kepada pembaca agar dapat mengetahui Analisis data pelaksanaan
tindakan kelas itu . Penulis juga mengharapkan kritik dan saran yang bersifat
membangun demi kesempurnaan makalah berikutnya.
DAFTAR PUSTAKA
Sanjaya, Wina. 2002. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana
Prenada Media Group
Sugiyono. 2006. Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung:
Alfabeta
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta
Sukardi. 2003. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta:
Bumi Aksara